Lifestyle

10 Tempat Terelok yang Hanya Ada di Indonesia

Menjajaki tempat-tempat baru dengan pemandangan yang memanjakan mata tentu menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, nyatanya tanah air kita punya banyak spot menarik untuk dikunjungi. Bahkan panoramanya kerap lebih memesona dibanding tempat manapun di mancanegara.

Tahukah Anda bila Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan 10 daftar destinasi wisata unggalannya di tahun 2016 kemarin? Melalui program ini diharapkan adanya peningkatan potensi kepariwisataan di daerah bersangkutan dengan cara memperkenalkan sejumlah tempat menakjubkan yang ada di Indonesia.

Danau Toba

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, keindahan Danau Toba menjadi salah satu andalan pariwisata di daerah ini. Salah satu keunikan dari tempat ini adalah Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara, serta menempati peringkat dua danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau ini menyimpan berjuta pesona alam yang tak akan habis untuk dijelajahi. Sejarah mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang super dahsyat. Hal ini menyebabkan terbentuknya kaldera besar yang terisi air dan tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan terbentuknya sebuah pulau vulkanis yang kita kenal sebagai Pulau Samosur.

Tanjung Kelayang

Tidak cuma ke Kuta, pantai romantis juga ada di Bangka Belitung. Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan pasir putih dan deburan ombak cantik yang menggoda. Pantai Tanjung Kelayang memiliki laut yang berair biru kehijauan, bergelombang tenang dengan pasir pantai yang putih dan halus. Karena itu, pantai ini juga menjadi tempat berenang yang menyenangkan dan cukup aman. Sementara itu di seberang pantai terdapat pula pulau yang terdiri dari tumpukan batu granit raksasa. Tumpukan granit ini membentuk formasi kepala burung. Oleh karena itu, pulau granit ini kemudian disebut Batu Garude. 

Tanjung Lesung

Para traveler sejati tidak akan asing lago dengan kecantikan yang ditawarkan Tanjung Lesung. Bahkan banyak diantara mereka yang mengaku ketagihan mengunjungi tempat yang satu ini. Lokasinya ada di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pantai yang pernah diterjang bencana tsunami Desember 2018 lalu ini terkenal dengan pesona sunset-nya yang memukau. Di pantai ini Anda akan tertegun melihat sunsite dengan sudut view terbenamnya matahari di balik anak Krakatau.

Kepulauan Seribu

Bila berkunjung ke ibu kota dan rindu dengan pemandangan bahari yang menyegarkan, Kepulauan Seribu bisa menjadi tujuan wisata pilihan yang terbaik untuk Anda dengan keluarga tercinta. Untuk bisa sampai ke tempat ini Anda bisa diantar menggunakan kapal dari Pelabuhan Angke atau di Marina Bay Ancol. Diperlukan waktu sekitar dua jam untuk dapat sampai ke pulau lalu menikmati berbagai jenis keindahan baik di daratan atau pun di bawah launya dengan berbagai macam ikan juga terumbu karang yang masih asri dan terjaga kelestariannya.

Candi Borobudur

Wisata sejarah di Yogyakarta ini mungkin sudah tidak lagi asing di telinga Anda. Bangunan megah peninggalan Wangsa Syailendra pada abad ke 9 ini menjadi wisata andalan di Jogja.

Fakta menariknya lagi, disini juga merupakan tempat para fotografi maniak berburu sunrise. Jika Anda penggemar dan penggiat hobi fotografi, hal ini harus Anda coba. Abadikan momen sunrise atau sunset di atas candi. Rasakan sensasinya dan nikmati hasil fotonya yang dijamin sangat elok!

Bromo

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran bila kawasan ini memiliki julukan negeri di atas awan.

Bromo juga terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour)  yang sangat indah. Dari puncak gunung Penanjakan wisatawan  bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan hamparan lautan pasir luas dan pemandangan latar belakang yang indah yaitu gunung Semeru, gunung Bromo dan Gunung Batok. 

Mandalika

Eksotisme dan kecantikan Mandalika tidak akan pernah pudar dari Tanah Lombok. Berlatar cerita rakyat Putri Mandalika, pesona alam dan budaya di tempat ini masih begitu kental.  Masih bersuasana alam asli yang belum terlalu banyak terjamah, wilayah ini begitu kaya dengan keindahan hamparan pesisir pantai yang luas, lengkap dengan kelembutan pasir putihnya. Mulai dari Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Serenting, Putri Nyale, Pantai Tanjung Aan, sampai Pantai Gerupuk, semua siap memanjakan Anda sekeluarga.

Labuan Bajo

Kawasan pantai berbukit menjadi daya tarik wisata di NTT. Banyak turis asing dan lokal yang tertarik datang ke tempat ini. Selain indah, tempat ini pun menjadi pintu masuk ke tempat tinggal hewan purba komodo. Objek wisata ini tidak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang menawan, tetapi juga dengan pemandangan yang dapat Anda nikmati di dataran tinggi Labuan Bajo. Di kawasan dataran tingginya, Anda dapat menemukan banyak air terjun dan jalur pendakian menyusuri perbukitan hijau yang indah, salah satunya adalah air terjun Cuanca Rami yang merupakan sumber mata air tawar bagi penduduk setempat.

Pulau Morotai

Keindahan wisata bahari memang tidak pernah habis digali di tanah air kita. Berada di wilayah Indonesia Timur, Pulau Morotai di Halmahera ini menawarkan pemandangan menarik pantai dengan air biru kehijauan. Keindahan dan keunikan biota lautnya juga menjadi daya tarik dari pulau ini. Selain itu, sejarah morotai juga menjadi pemikat turis lokal dan mancanegara untuk berkunjung, pasalnya Morotai dijadikan sebagai tempat pertahanan oleh Jepang selama Perang Dunia II yang terjadi. 

Wakatobi

Ingin mengeksplorasi kecantikan bawah laut dengan eksotisme yang menggoda? Wakatobi jawabannya. Berada di kawasan Sulawesi Tenggara, Wakatobi juga merupakan nama yang diberikan pada taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996.

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. 

Sudah putuskan akan kemana destinasi liburan Anda selanjutnya? Don’t worry, Indonesia punya semuanya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: