Tren Coworking Space Ala Kaum Millenial Tanah Air

Saat ini Indonesia diramaikan dengan berbagai tren menarik seiring dengan lahirnya era millenial yang lekat dengan kemajuan pesat di bidang sosial dan teknologi. Salah satu tren yang mulai menjamur secara signifikan adalah tren coworking space.

Pertumbuhannya yang meningkat pesat dari dua tahun belakangan ini lantas mengundang pertanyaan apa sih coworking space?

Coworking space merupakan sebuah tempat atau ruang kerja menyerupai kantor yang pemanfaatannya digunakan secara bersamaan oleh pekerja dari lintas perusahaan. Sebuah penelitian dari Asosiasi Coworking Indonesia menunjukkan peningkatan yang pesat dari coworking space yang sebelumnya hanya 45 unik pada tahun 2016 kini meningkat menjadi tiga kali lipat di tahun 2018 lalu menjadi 150 unit.

Komunitas, Kolaborasi, Konektivitas

Berbicara soal ruang kerjanya, coworking space biasanya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sebagaimana yang ada di kantor-kantor pada umumnya, yakni desk, wifi, dan lain-lain. Hanya saja, yang membedakan antara coworking space dengan tempat kerja konvensional terdapat tiga elemen, diantaranya adalah komunitas, kolaborasi, dan konektivitas.

Tren kerja anak muda yang senang dengan lingkungan yang lebih fleksibel dan bekerja dengan kreatif menjadi salah satu alasan munculnya coworking space saat ini. Dikutip dari detik.com Associate Director Cushman & Herald, Christopher Widyastanto menyebutkan bahwa tren coworking space ini dianggap sebagai sebuah revolusi, yang mana hal ini mampu mengubah cara bekerja seseorang menjadi lebih fleksibel dan tak lagi monoton. Selain itu, cara kerja semacam ini pun cenderung mampu memberikan peluang dalam membangun networking. Terutama bagi mereka yang dekat sekali dengan kehidupan pekerjaan berbasis digital dan kreatif. Tentunya hal ini pun tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat.

Maka dari itu, umumnya coworking space tak hanya menyediakan fasilitas kantor secara mendasar saja. Akan tetapi, hal ini pun mampu menghubungkan para start-up dan investor mereka sehingga lebih dekat. Konsep semacam inilah yang mampu menawarkan budaya kolaboratif dan kooperatif bersamaan dengan kesempatan networking serta membantu mengembangkan startup dengan lebih mudah. Sebab untuk para perintis start-up, bekerja pada lingkungan kerja bersama dan mudahnya akses ke jaringan serta sumber daya yang luas menjadi salah satu daya tarik yang besar.

Solusi Efektif yang Kreatif

Dengan menerapkan sistem kerja coworking, hal ini dianggap menjadi solusi lebih efektif dalam rangka menemukan ide-ide kreatif dan berinovasi guna mempermudah pengembangan ide-ide tersebut dan menuangkannya dalam sebuah karya. Itulah mengapa banyak perusahaan yang mulai tertarik menerapkan sistem yang sama.

Indonesia saat ini telah memiliki 230 coworking space yang tersebar di 45 kota. Angka ini memang naik pesat selama tiga tahun terakhir. 80 persen dari coworking space tersebut berada di Pulau Jawa dan Bali.

Bagaimana dengan Anda? Lebih nyaman bekerja di kantor saja atau memvisualisasikan ide dan kreatifitas di coworking space ala milenial?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.