Ramaikan Tren Wisata Kuliner di Restoran Paling Recommended di Indonesia

Meningkatnya minat masyarakat terhadap dunia kuliner membuat banyak restoran dan kafe berkembang dan menjamur di tanah air. Hal ini pula yang menjadikan bisnis restoran sebagai lahan yang menjanjikan. Tak heran bila ada banyak usaha restoran yang berlomba-lomba menghadirkan kualitas terbaik mereka sehingga diakui sebagai tempat makan terbaik, khususnya di tanah air. Restoran tersebut menyediakan masakan dan nuansa khas Indonesia.  Berikut adalah daftar 10 restoran di Indonesia yang wajib Anda coba.

Kesuma Restaurant, Yogyakarta

Beralamatkan di Gang Sartono, Mantrijeron yakni di Yogyakarta 55143, Indonesia, Kesuma Restoran menjadi salah satu tempat makan yang menyajikan aneka menu hidangan Indonesia yang cukup lengkap.

Rumah biasa, hal ini akan kita dapatkan saat kita berada di tempat ini. Meskipun tempat ini di tata sedemikian rupa sehingga menyerupai resto atau tempat makan yang lain. Namun, hal utama yang kita rasakan adalah kenyamanan dari sebuah rumah. Kesuma Restaurant Jogjaingin memberikan kenyaman sebuah rumah pada para pengunjungnya. Tak terlalu besar, dengan interior yang terkesan sederhana namun elegan dengan atmosfirnya yang berbeda. Tempat ini benar-benar bisa menghadirkan sensasi rumah baik dalam bentuk maupun dalam makanan.  ini cocok sekali bagi Anda yang sedang bermalam di Jogja dan mendamba hidangan tradisional yang khas dan lezat.

The Sawah, Yogyakarta

Masih di area Yogyakarta tepatnya di The Sawah, ada banyak hidangan lokal dan mancanegara yang bisa Anda nikmati disini. Alamatnya ada di Sekarpetak RT/RW 01/37 No. 1 (dekat Kasongan) Bangunjiwo, Kasihan tepatnya di Bantul, Yogyakarta 55184, Indonesia. Menu hidangan yang disajikan di tempat ini diantaranya adalah sajian Asia, Indonesia dan Eropa dengan suasana outdoor yang romantis dan khas.

Sang pemilik, Phillip Iswardono, menyulap sendiri rumahnya menjadi resto dengan nuansa pesawahan hijau yang memanjakan mata. Menu yang ditawarkan di The Sawah berasal dari kuliner 20 negara, dimana menu andalannya adalah kuliner Meksiko, Brasil, hingga hidangan Jawa.

Kampung Daun, Bandung

Warga Bandung pun patut berbangga hati karena salah satu restoran di Bandung yakni Kampung Daun masuk ke dalam daftar restoran terbaik di tanah air. Mengusung tema tradisional dan unik menjadikan restoran yang ada di Jalan Sersan Bajuri Km 4.7 No 88 – RRI Bandung – Jawa Barat, Indonesia ini cocok dijadikan tempat makan istimewa.

Spot wisata kuliner yang satu ini memang termasuk salah satu lokasi favorit di Bandung bertema Cafe and Culture Gallery and Cafe yang siap melayani para pengunjung dengan baik. Selain itu, pengunjung bisa menikmati suasana alam ala pedesaan yang nyaman dan tenang sambil menikmati hidangan lezat yang beraneka ragam.

Kampung Daun pada mulanya hanyalah sebuah lembah kecil yang dikelilingi bukit dan hutan lebat yang berada diantara dua Desa, Cihideung dan Cigugur. Lembah ini dilindungi oleh tebing batu, dan pengunjung bisa merdengar suara gemercik air yang menenangkan, kemudian  diubah menjadi tempat wisata berupa restoran bernuansa alam dan budaya. Nuansa hangatnya cocok untuk tempat berkumpul bersama orang-orang tercinta.

Warung Paradiso, Lombok

Berlokasi di Jalan Raya Mangsit (sebelum Hotel Sudamala), Mangsit, Senggigi, Lombok 83355. Restoran ini masuk peringkat ke-6 dari 53 restoran terbaik di Senggigi.

Spot ini merupakan tempat makan sederhana di tepi pantai Senggigi yang memiliki bentuk yang sederhana, karena hampir semua bagian bangunannya terbuat dari bambu dengan atap ijuk hitam.

Disini para pengunjung disuguhi dengan sensasi sentuhan pasir pantai yang lembut, karena meja makan yang disediakan bersentuhan langsung dengan pasir Pantai Senggigi. Suasana makan juga dilengkapi dengan semilir angin laut dan suara deburan ombak. Sementara di sore hari menjelang malam, pemandangan sunset menjadi menu utama di warung makan ini.

Layar, Surabaya

Alamatnya ada di Jl Raya Bukit Mas 109, Jl. Manyar Kertoarjo 62, Surabaya, Indonesia. Cita rasa masakan Indonesia kental sekali dihidangkan di tempat ini.

Layar Seafood memiliki beberapa cabang di Surabaya dan Jakarta. Pengalaman makan seafood yang mantap dengan suasana yang agak fancy bisa Anda temui di sini. Menunya sendiri sangat variatif. Makanan lautnya tersedia mulai dari kepiting, udang, kerang, cumi, dan beragam ikan laut dengan pilihan bumbu yang juga variatif dan menggiurkan, misalnya saos padang, telor asin, asam manis, mentega, tauco, dan masih banyak lagi.

Lara Djonggrang, Jakarta

Santapan keluarga yang hangat dan romantis adalah tema utama dari restoran ini. Alamatnya ada di Cik Di Tiro 4, Jakarta, Indonesia.

Restoran Lara Djonggrang ini didirikan pada tahun 2005, tepatnya tanggal 12 Agustus. Mengusung tema etnik khas kerajaan, membuat Lara Djonggrang menjadi tempat makan yang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai restoran, disini Anda juga bisa belajar tentang sejarah dari cerita legenda Roro Jonggrang yang terdapat di sekeliling ruangan restoran.

Untuk menu andalan di Lara Djonggrang semuanya masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa, Sulawesi atau dari Sumatra. 

Jejamuran, Yogyakarta

Berlokasi di Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta 55512, Indonesia. Restoran ini terbilang restoran unik sebab menyajikan hidangan aneka jamur yang enak. Adq banyak olahan jamur yang bisa Anda cicip, misalnya jamur crispy, gulai, rendang, nasi goreng, dan sate serba jamur.

Jika Anda masih belum puas, melipirlah ke spot jamur corner. Di sana ada semacam edukasi untuk para pengunjung mengenai jenis-jenis jamur. Dan, bukan hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai spot foto bersama keluarga.  Yang paling menyenangkan, Anda juga bisa membawa pulang olahan jamur dalam bentuk kemasan. Seru, bukan?

Seribu Rasa, Jakarta

Restoran Seribu Rasa ini berlokasi di Jl. Agus Salim No. 128, Jakarta 10310, Indonesia. Tempat ini menjadi salah satu restoran favorit di Ibukota karena tidak hanya memiliki lokasi strategis dan diapit oleh gedung perkantoran di pusat kota, tetapi juga suasana interiornya bergaya tropis yang eksotik.

Karena bercita rasa Asia Tenggara maka makanan dari Southeast Asia ini sangat kaya. Baik dari sisi ragam, rasa, serta variasi makanan Gurihnya Binjai Fried Chicken, sedapnya Butter Sauce Crab, crispy-nya Fried Jurong Fish, serta nikmatnya Lamb Honey Sauce, sungguh memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Green Cafe, Gili Trawangan

Sebagai kawasan wisata, keberadaan restoran tentu menjadi pendukung utama di Gili. Adalah Green Cafe di Jl. Pasar Seni, Nusa Tenggara Barat, Indonesia sebagai salah satu restoran terbaik.

Green Cafe menghidangkan masakan Indonesia. Banyak pengunjung datang baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Restoran ini bahkan tuai pujian dari para wisatawan karena masakan Indonesia yang enak.

Lokasi Green Cafe sangat mudah ditemukan  dan sangat accessible yakni berada di lapangan dekat pelabuhan yang saat malam biasanya menjadi lokasi night market. Nah, ketika malam tiba,  Green Cafe ini juga buka stand di night market.

Pondok Laguna, Jakarta

Sebagai kawasan paling hidup, ibu kota Jakarta hampir mustahil tidak punya restoran terbaik se-Indonesia. Salah satunya Pondok Laguna di Jalan Batu Tulis Raya No.45, Pacenongan, Jakarta 10120, Indonesia.

Jika Anda penyuka makanan laut alias seafood, Pondok Laguna jadi destinasi yang wajib didatangi! Restoran yang umurnya sudah puluhan tahun ini punya menu gurame goreng yang kenikmatannya tidak tertandingi. Gurame ini digoreng deep fried sampai kering, teksturnya crunchy, tapi bagian dagingnya sangat lembut. Berbagai menu lain juga disajikan dengan bumbu andalan yang menghasilkan cita rasa lezat dan selalu memanjaka lidah para pengunjungnya.

Berbicara tentang restoran terbaik dan terfavorit memang cenderung relatif, bergantung dari sudut pandang masing-masing individu. Ada yang mempertimbangkan kualitasnya dari sisi menu yang dihidangkan, ambience yang disuguhkan, interior bangunan, pelayanan, atau bahkan harga yang ditawarkan. Yang terpenting adalah bagaimana memanjakan perut Anda di  saat lapar mendera. Setuju?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.