Tren E-Money di Kalangan “Cashless Society” Milenial

Tren baru “cashless society” memang kini menjadi perhatian kalangan millenials sebagai kelompok paling produktif, konsumtif, sekaligus menjadi ujung tombak dari digital adopter. E-Money atau Electronic Money belakangan menjadi tren yang banyak digaungkan, terutama oleh para e-commerce di tanah air. Sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Keuangan Republik Indonesia, peraturan tentang e-money tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor: 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik yang mana kini peraturan ini sudah diperbaharui menjadi PBI Nomor: 18/ 17/PBI/2016, E-money. Peraturan tersebut diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetorkan kepada suatu media seperti halnya chip atau server.

Peraturan tersebut juga menjelaskan bahwa e-money bukan hanya sebagai pengganti uang fisik dalam bentuk kertas dan koin saja. Namun juga sebuah sistem yang memungkinkan individu untuk dapat membayar tagihan berupa barang maupun jasa dengan mengirimkan nomor dari satu PC ke PC lainnya.

Adapun kehadiran tren uang elektronik di tengah-tengah masyarakat saat ini bertujuan guna mengurangi tingkat pertumbuhan dari uang tunai. Dan sebagaimana yang disampaikan dalam website resmi dari Kemenkeu, tren pembayaran dengan menggunakan uang elektronik dikhususkan bagi pembayaran-pembayaran yang sifatnya mikro dan ritel.

Berikut adalah platform e-money terpopuler yang ada di Indonesia saat ini :

GO-PAY

GO-PAY adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi GO-JEK. Dikutip dari GO-JEK, GO-PAY  dapat digunakan untuk berbagai transaksi dengan fitur-fitur menarik. Adapun kelebihan dari GO-PAY adalah banyak bekerja sama dengan online shop/e-commerce dan beragam merchant lainnya sehingga pembayaran transaksi lebih mudah. Proses top-up juga bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis melalui driver GOJEK, transfer rekening bank, atau mini market. Unik dan hebatnya lagi, terdapat fitur sedekah melalui penggunaan GO-PAY. Tren penggunaan GO-PAY ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini yang memdambakan hidup serba praktis dan instan.

OVO

OVO merupakan aplikasi milik Lippo Group yang diluncurkan tahun 2016 yang lalu, dan menawarkan banyak keuntungan, salah satunya adalah cashback. Adapun kelebihan dari OVO adalah menyediakan 8 jenis pembayaran, diantaranya PLN (tagihan/token listrik), pulsa, paket data, pasca bayar, BPJS Kesehatan, dan iuran lingkungan.[SP(1]  OVO juga bekerja sama dengan banyak merchant. Pun, OVO memiliki fitur OVO Points yang bisa dipakai untuk bertransaksi lagi ketika jumlah poin dari akun pengguna sudah terkumpul sampai dengan jumlah tertentu. Melalui aplikasi Grab, kita bisa menikmati banyak promo dengan penggunaan OVO. Tren OVO sebagai cashless money kini juga semakin populer, saling berkompetisi dengan aplikasi e-money lainnya.

LinkAja

LinkAja sebenarnya merupakan transformasi dari uang digital bernama T-Cash besutan dari Telkomsel. Baik T-Cash ataupun saat ini berubah nama menjadi LinkAja adalah sama-sama dikelola oleh perusahaan pelat merah alias BUMN. Jika sebelumnya T-Cash hanya di kelola oleh Telkomsel secara tunggal namun kali ini LinkAja pengelolaannya ditambah menjadi gabungan dari 4 bank pemerintah yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN, dan 4 perusahaan non bank yaitu Telkomsel, Pertamina, Jiwasraya, dan Danareksa yang kemudian pengoperasiannya dipegang oleh PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya). Adapun kelebihan dari LinkAja adalah adanya ekosistem dari para nasabah bank, pelanggan telekomunikasi, asuransi, retail di SPBU yang sudah dicengkeram oleh para BUMN, sehingga keberadaannya lebih trustworthy dan kredibel. Linkaja memberikam kemudahan dalam bertransaksi voucher game dan streaming. Selain itu ada pula reward potongan harga dan promo menarik bagi pengguna Telkomsel.

Di balik kemudahan yang diberikan, ada hal lain yang menguatkan minat masyarakat untuk mengadopsi tren layanan pembayaran digital. Dari hasil survei JakPat, sebanyak 80% responden antusias dengan adanya promo yang dihadirkan oleh penyedia layanan pembayaran digital, antara lain berupa diskon, insentif produk, undian hadiah dan bonus top-up. Aplikasi mana yang Anda pilih? Semua tergantung dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.