Tren Hidup Sehat: Cegah Stroke Sebelum Menyesal

Dunia akting Hollywood dikejutkan dengan kematian salah satu aktor legendaris Luke Perry. Aktor yang namanya melambung setelah perannya dalam salah satu series TV berjudul Beverly Hills 90210 ini menghembuskan napas terakhirnya pada awal maret ini. Diduga penyakit stroke berat adalah pemicu Perry meninggalkan dunia  untuk selamanya.

Lantas sebenarnya apa sih penyakit stroke dan seberapa bahayanya pengaruhnya hingga bisa merenggut nyawa seseorang? Berikut redaksi Trenkota akan mengulas lebih dalam tentang penyebab, gejala, dan terapi penanganan stroke.

Apa Itu Stroke?

Stroke adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju otak mengalami gangguan atau sama sekali berkurang sehingga kondisi ini membuat jaringan otak kekurangan nutrisi dan oksigen. Ketika kondisi ini terjadi, maka hanya dalam hitungan menit saja, sel-sel yang ada di dalam otak akan mati.

Penyakit stroke merupakan kondisi yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebab dalam kondisi yang lebih buruk, stroke akan dapat mengancam hidup penderitanya serta mampu menimbulkan kerusakan secara permanen.

Gejala Penyakit Stroke

Tidak seperti ancaman dari penyakit lainnya yang terjadi dengan perlahan, gejala dari penyakit stroke biasanya terjadi secara tiba-tiba dan seringkali menyerang salah satu bagian sisi tubuh. Hal inilah yang membuat stroke akan dapat memburuk dalam jangka waktu yang singkat, yakni sekitar 24 jam hingga 72 jam. Ada beberapa gejala yang mungkin dialami pada para penderita penyakit stroke, diantaranya adalah:

  • Kelelahan
  • Sakit kepala tiba-tiba
  • Vertigo dan pusing
  • Kelemahan atau mati rasa pada satu sisi bagian
  • Kehilangan kesadaran atau koma
  • Kehilangan keseimbangan, bermasalah dengan berjalan
  • Penglihatan yang buram dan menggelap
  • Kebas di wajah, tangan, kaki
  • Adanya masalah dalam berbicara dan pendengaran.
  • Bila Anda merasakan satu atau beberapa gejala di atas maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Kapan Harus ke Dokter?

Sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya, kondisi dan gejala yang merujuk pada stroke sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Segera periksakan ke dokter apabila Anda mengalami kondisi berikut ini:

  • Ketika bagian tubuh sudah mati rasa atau muncul kesemutan yang tiba-tiba dan kehilangan kemampuan untuk menggerakkan wajah, lengan atau kaki terutama bila kondisi ini hanya terjadi di bagian salah satu sisi tubuh.
  • Sulit atau bahkan tidak dapat berbicara sama sekali.
  • Mengalami perubahan penglihatan dengan tiba-tiba.
  • Mengalami masalah dengan berjalan atau bahkan menyeimbangkan tubuh.
  • Rasa sakit pada bagian kepala yang sebelumnya tidak pernah dirasakan.

Apa Penyebab Stroke?

Stroke faktanya memang bisa menyerang siapa saja, bahkan beberapa jenis stroke bisa terjadi pada bayi dan anak-anak. Akhir-akhir ini, stroke banyak menyerang orang di bawah usia 65 tahun. Kebanyakan penyebabnya adalah pola hidup tidak sehat seperti menggemari makanan yang sarat lemak jenuh, terlalu banyak mengonsumsi gula, kurang istirahat dan olahraga, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak menanggung stres.

Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa lebih dari tiga juta warga Amerika Serikat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, rata-rata di atas 140/90, dimana memicu stroke lebih mudah. Kondisi kronis itu membuat darah menekan dinding arteri. Menurunkan tekanan darah berarti juga menurunkan risiko terserang stroke hingga 48 persen dan bisa dilakukan dengan cara mengurangi asupan garam.

Kenali dan periksa kesehatan Anda secara rutin. Perbaiki pola hidup jika dirasa sudah ada keluhan yang mengganggu. Stay healthy, people!

Advertisements

One thought on “Tren Hidup Sehat: Cegah Stroke Sebelum Menyesal”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.