Tren Kuliner Indonesia yang Juga Populer di Dunia

Perbedaan tak selamanya dipandang sebagai hal yang buruk. Salah satunya adalah perbedaan suku yang ada di Indonesia. Alih-alih menuai perpecahan, perbedaan antara suku di tanah air nyatanya mampu melahirkan banyak hal menarik dalam kehidupan kita, seperti halnya hidangan tanah air yang cukup beragam.

Lahirnya keberagaman kuliner di Indonesia menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi tanah air. Dan dari semua ini kita patut berbangga hati sebab ada beberapa hidangan kuliner tanah air yang masuk menjadi sajian terlezat yang ada di dunia. Tak hanya lezat, hidangan ala Indonesia ini juga mempunyai cita rasa unik yang khas hingga menjadi populer di ranah internasional. Apa sajakah hidangan tersebut?

Rendang

Peringkat pertama berhasil diduduki oleh rendang. Siapa yang tak kenal dengan sajian yang bahan dasarnya adalah daging sapi ini? Rendang adalah salah satu hidangan khas dari Sumatera yang banyak digilai oleh hampir seluruh penduduk Indonesia. Bahkan untuk bisa mencicipi rendang, kita tak lagi harus jauh-jauh ke Padang atau mendatangkan khusus orang Padang untuk bisa menikmati sajian ini. Karena saat ini, rumah makan Padang sudah bertebaran dimana-mana. Uniknya bukan hanya dipuja di tanah air, rendang pun menjadi primadona sehingga sajian ini masuk ke dalam daftar hidangan terlezat di dunia. Rendang ini merupakan olahan dari daging (biasanya daging sapi) yang dimasak bersama rempah-rempah, antara lain kunyit, daun jeruk, cabai, bawang merah dan putih, serai, pekak atau kembang lawang, kelapa parut sangrai, santan, dan juga minyak goreng. Pengolahannya memang memakan waktu cukup lama karena rempahnya harus dipastikan menyerap dengan sempurna ke dalam daging, hingga rasanya betul-betul gurih dan beraroma menggiurkan. Selain gurih, campuran cabainya juga menambah cita rasa pedas khas yang membuat lidah bergoyang.

 

Nasi Goreng

Daftar kuliner selanjutnya yang juga dicintai masyarakat luar selain Indonesia adalah nasi goreng. Sajian olahan kuliner dari nasi yang dicampur dengan aneka bumbu dan rempah serta tambahan telur ceplok ini rupanya dapat diterima dengan baik oleh lidah masyarakat mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan masuknya nasi goreng ke dalam sajian terlezat nomor 2 yang ada di dunia versi CNN.

Di tanah air sendiri kita seringkali menyantap nasi goreng sebagai hidangan sarapan atau mungkin disantap ketika rasa lapar menyerang di kala malam.

Varian nasi goreng kini begitu beragam dengan tambahan topping lezat dan menarik, contohnya daging asap, sosis, keju mozarella, sambal khas, ayam fillet, ikan asin, dan sebagainya. Ini membuat sajian nasi goreng menjadi semakin digandrungi oleh berbagai kalangan.

Sate

Jenis makanan terlezat di dunia yang berasal dari Indonesia berikutnya adalah sate. Olahan daging yang dibuat potongan kecil kemudian disusun dalam tusukan dari bambu ini memang punya cita rasa yang khas dan lezat.

Aroma daging bakar berpadu bersama dengan bumbu saus kacang dan kecap yang nikmat menjadikan sate mudah diterima di lidah berbagai kalangan, termasuk masyarakat mancanegara.

Sate ini pada awalnya memang populer berasal dari Madura, Jawa Timur dan kini berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sate yang khas. Pada abad 19, sate menyebar hingga ke wilayah Afrika Selatan, di negara ini sate disebut dengan sosatie. Di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sate juga banyak ditemui, tidak lain karena para perantau dari Jawa banyak berjualan sate di sana. Dan seiring waktu berlalu, sate semakin mendunia berkat kehadiran berbagai restoran Indonesia di luar negeri.

Gado-gado

Gado-gado merupakan salah satu makanan yang berasal dari Betawi (Jakarta) berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu saus kacang disertai irisan telur dan emping goreng atau kerupuk udang.

Makanan khas Betawi yang kerap disebut sebagai salad ala Indonesia ini ternyata terkenal juga di luar negeri, terutama di Napoli, Italia. Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama, dinilai dari sisi estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

Terlebih lagi ranah internasional juga mengenal gado-gado berkat Jamie Oliver, koki selebritas asal Inggris yang memperkenalkan kenikmatan gado-gado melalui akun twitter @jamieoliver. Dalam unggahannya, Jamie mengungkapkan kecintaannya pada gado-gado. Jamie Oliver juga menggunggah video cara membuat gado-gado, dengan judul “Anda belum pernah mencicip salad seperti ini sebelumnya,”.

Tempe

Tak disangka, olahan makanan khas tanah air yang pembuatannya sederhana ini ternyata populer juga di dunia. Ya, tempe yang lahir di lingkungan pedesaan mampu berunjuk gigi di berbagai pelosok negeri. Cita rasanya yang sederhana membuat warga dunia jatuh cinta dan membuat penikmatnya semakin banyak. Pencinta tempe di luar negeri bahkan menjulukinya sebagai ‘magic food’, alias makanan ajaib!

Salah satu yang paling berperan dalam membawa tempe menembus dunia adalah Rustono. Seorang pengusaha tempe sukses di Jepang. Namun, tempe produksinya tak hanya beredar di Jepang. Tempe yang dilabeli merek Rusto’s Tempe itu juga sudah menembus pasar dunia seperti Meksiko, Korea, Brasil, Polandia, dan Hongaria.

 

Siapa bilang kuliner kita hanya terkenal di negeri sendiri? Banyak di antaranya yang bahkan sudah go internasional dan menjadi favorit dunia berkat keunikan dan cita rasanya. Mari berbangga menjadi bangsa Indonesia !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.