Tren Wisata Eksotis di Kalimantan

Masyarakat Indonesia perlu berbangga hati dan tak henti-hentinya mengucap syukur karena tanah kita diberkahi dengan tanah yang subur dan kekayaan alamnya yang melimpah. Hal inilah yang membuat banyak tempat dengan pemandangan eksotis bisa dengan mudah ditemukan di hampir tiap penjuru di tanah air. Sebut saja salah satunya adalah Pulau Kalimantan.

Kekayaan dan eksotisme Kalimantan sudah dikenal dunia sejak dahulu. Mereka menyebut Kalimantan dengan sebutan Borneo. Meski tak sepopuler Bali, namun pesona wisata di Kalimantan banyak tersembunyi di beberapa tempat yang memiliki landscape yang tak biasa. Satu hal yang pasti, rasa penasaran Anda tidak akan mudah terpuaskan bila berlibur ke Kalimantan. Dimana saja spot-spot menakjubkan yang bisa dinikmati disini? Berikut ulasannya.

Bukit Kelam

Tempat wisata pertama dengan landscape menarik di Kalimantan adalah Bukit Kelam. Tempat ini adalah sebuah gunung batu raksasa yang berada di Pulau Kalimantan. Bukit Kelam adalah salah satu ikon wisata di Sintang yang juga semakin menarik karena dibumbui cerita mistis di tempat ini.

Bongkahan batu raksasa yang monolit di tempat ini diklaim sebagai batuan raksasa yang terbesar yang ada di dunia. Salah satu daya tarik pengunjung di Batu Kelam adalah panorama alam yang tiada duanya. Anda bisa tracking naik ke atas Bukit Kelam untuk bisa menikmati keindahan kota Sintang.

Sungai Kapuas

Tak lengkap rasanya bila mampir ke Kalimantan namun tidak menikmati keindahan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas adalah salah satu tempat wisata yang memang menjadi rekomendasi menarik. Sungai yang sekaligus menjadi salah satu jantung kehidupan masyarakat Pontianak ini memiliki banyak peran, salah satunya adalah sebagai sumber transportasi yang mempermudah mobilitas masyarakat yang ada di sekitar. Anda pun bisa menjelajah sekaligus mengeksplorasi Kapuas dengan kapal atau perahu yang memang disewakan di sekitaran sungai.

Danau Tahai

Daftar tempat dengan landscape paling eksotis di Kalimantan selanjutnya adalah Danau Tahai. Berlokasi di Palangkaraya, tempat ini cocok sekali masuk ke dalam daftar wisata alam dengan pemandangan elok yang memesona.

Keindahan danau yang masih begitu asri menjadikan daya tarik yang luar biasa di Danau Tahai. Bagi Anda yang punya hobi tracking tentu danau ini bisa Anda kelilingi lewat fasilitas yang ditawarkan di tempat ini. Bila beruntung, Anda akan berjumpa dengan hewan khas Uwak-Uwak yakni sejenis kera yang hidup di sekitaran Danau Tahai.

Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

Dinamakan Labuan Cermin karena danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’.

Pulau Beras Basah

Siapa menyangka ada surga tersembunyi di Bontang, Kaltim, yang notabene adalah kota industri? Surga tersembunyi itu memang tidak terletak di kota, melainkan di lepas pantainya. Dengan menempuh 45 menit dari Pelabuhan Tanjung Laut, Anda bisa menginjakkan kaki di surga tersembunyi bernama Pulau Beras Basah.

Pulau Beras Basah adalah pulau mungil yang memiliki pantai berpasir putih dan pemandangan bawah laut yang eksotis. Mercusuar yang menjulang tinggi menambah daya tarik pulau ini. Pemandangan paling eksotis akan Anda dapatkan ketika senja tiba. Nikmati suasana matahari ketika tenggelam dan jangan lupa rekam momen ini untuk dijadikan pengalaman tak terlupakan selama hidup Anda!

 

Kalimantan memang tak hanya sekedar hamparan hutan lebat yang masih perawan, tetapi juga ada surga di baliknya yang tak banyak orang tahu. Bagi Anda yang senang berpetualang ke tempat-tempat tersembunyi, Kalimantan mempunyai banyak kejutan yang tak ternilai indahnya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.