Tren Wisata Eksotis di Sumatera

Menjelajah tempat-tempat dengan pemandangan yang indah nan menakjubkan memang seolah seperti vitamin yang mampu menyegarkan kembali mata dan jiwa dalam sekejap. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk sekedar berburu pemandangan eksotis dan memanjakan mata. Sebab faktanya, tanah air kita punya sejuta surga tersembunyi yang bisa Anda eksplorasi.

Ya, selain Jawa, Sumatera menjadi tempat paling seru untuk dijelajahi. Dimana saja spot-spot eksotisnya? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Janjang Koto Gadang, Bukittinggi

Melihat kemegahan Great Wall tak perlu jauh-jauh ke China. Kendati tidak sebesar dan sepanjang di China, Kota Bukittinggi di Sumatera Barat juga punya, Janjang Koto Gadang namanya. Inilah Tempat Wisata di Sumatera Barat yang membawa Anda serasa di Tembok China. Letaknya di antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, berupa jembatan tembok sepanjang 1,7 km. Desain jembatan ini dibuat mirip dengan The Great Wall of China, namun dalam versi yang lebih kecil.

Pantai Gigi Hiu, Lampung

Hamparan pantai dengan gugusan karang yang curam menghadirkan pemandangan unik nan elok di Pantai Gigi Hiu. Untuk Anda yang tertarik menghampiri pantai ini, tak perlu khawatir nama Gigi Hiu bukan diambil karena adanya banyak hiu ganas di tempat ini. Nama ini diambil dari barisan karang yang menjulang ke atas dengan bagian puncak yang tajam, membuat penampilannya sekilas seperti tajamnya gigi hiu. Sayangnya, pantai eksotis ini tidak dapat dinikmati sebagai tempat berenang atau bermain karena karamnya ombak dan tajamnya karang yang berbaris ganas disekitaran pantai.

Danau Toba, Sumatera Utara

Keindahan pemandangan alam berupa perbukitan nan hijau mungkin sekilas mengingatkan kita pada New Zealand. Namun sebenarnya ini adalah pemandangan di Danau Toba tepatnya di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Barisan perbukitan yang seakan membentengi luasnya Danau Toba mengelilingi sepanjang mata memandang. Melakukan perjalanan dengan menelusuri pesisir danau tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik dan tak terlupakan.

Danau Rana, Sumatera Selatan

Selain Toba, ada juga danau dengan landscape yang tak kalah menarik, yakni Danau Ranau. Danau Ranau adalah danau ke dua terbesar yang ada di Sumatera. Letaknya berada di perbatasan Lampung Barat dan Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Udara yang sejuk membuat Anda dijamin betah berada berlama-lama di tempat ini. Belum lagi pemandangan danau yang begitu menenangkan, cocok menjadi tempat pelepas penat dan kejenuhan.

Bukit Khayangan, Kerinci – Jambi

Nama lain dari Bukit Khayangan adalah negeri di atas awan yang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Jambi belakangan ini. Berada di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, Bukit Khayangan adalah tempat terindah menikmati pemandangan Jambi dari atas ketinggian.

Bukan hanya itu, berwisata di tempat ini pun memungkinkan Anda untuk bisa menyaksikan pemandangan elok dari megahnya Gunung Kerinci dengan tinggi 3.805 mdpl. Alamatnya ada di Desa Renah Kayu Embun di Kota Sungai Penuh. Bagi Anda yang berminat mampir ke tempat ini akses jalannya sudah cukup mulus sehingga lebih mudah untuk bisa sampai kesana menggunakan kendaraan pribadi.

 

Bagaimana, Sumatera sudah memenuhi syarat untuk masuk ke bucketlist liburan Anda selanjutnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.