Tren Wisata Eksotis di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan provinsi paling Timur di pulau Jawa. Siapa menyangka jika provinsi yang lokasinya paling dekat dengan Bali ini ternyata punya segudang tempat eksotis yang pas untuk dijadikan tujuan wisata sekaligus objek foto yang sangat instagrammable. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan landscape paling menarik yang bisa ditemukan di Jawa Timur, yuk cek lokasi-lokasinya.

Kawah Ijen

Tempat pertama yang bisa Anda singgahi ketika mampir ke Jawa Timur adalah Kawah Ijen. Tempat ini adalah sebuah kawah yang bersifat asam yang lokasinya berada di puncak Gunung Ijen. Berada di atas ketinggian  hingga 2.443 meter di atas permukaan laut dan disertai  kedalaman danau 200 meter, membuat tempat ini unik dijadikan sebagai destinasi wisata seru. Tercatat luas Kawah Ijen mencapai 5.466 Hektar. Karena pemandangannya yang elok dan memanja mata, setiap harinya tempat ini tidak pernah sepi dengan pengunjung.

Tak hanya itu, Kawah Ijen juga populer dengan fenomena eksotis bernama blue fire. Konon Ijen merupakan satu dari dua lokasi di dunia yang punya fenomena tersebut, selain di Islandia.

Blue fire ini merupakan api berwarna biru yang berasal dari hasil reaksi  gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Warna biru ini berasal dari tingginya suhu di kawah tersebut.

Air Terjun Madakaripura

Berburu objek fotografi seringkali tak terpisahkan dari latar pemandangan eksotis air terjun. Pemandangan alam nan elok ini seringkali menghasilkan jepretan yang menakjubkan oleh tangan-tangan cekatan. Di Kabupaten Probolinggo sendiri terdapat air terjun dengan nama Air Terjun Madakaripura. Tinggi air terjun mencapai 200 meter yang mana tempat ini dikenal dengan keindahan sekaligus berbumbu mitos-mitos supranatural yang menjadi misteri di tempat ini. Namun demikian, inilah yang menjadi salah satu daya tarik di Air Terjun Madakaripura.

Uniknya lagi, air terjun ini berbentuk gua dengan ketinggian kurang lebih 200 meter dan memiliki luas kurang lebih 25 meter. Air terjunnya berbentuk melingkar. Sebelum menuju air terjun utama, wisatawan akan disambut dengan 4 air terjun dimana salah satunya berbentuk seperti sebuah rongga.

Ranu Kumbolo

Para pencinta aktifitas hiking tentu tak asing dengan Ranu Kumbolo. Tempat yang juga sekaligus menjadi lokasi syuting film layar lebar berjudul “5 Cm” ini sempat naik popularitasnya setelah keindahannya berhasil diabadikan lewat film besutan Rizal Mantovani ini.

Danau persinggahan menuju Mahameru ini memang punya pemandangan yang indah dan menakjubkan. Para penikmat fotografi bahkan berlomba untuk bisa mengambil keindahan di Ranu Kumbolo. Danaunya berisikan air jernih yang berkilauan diterpa sinar matahari. Di sekelilingnya kita akan dimanjakan dengan hamparan hijau menyegarkan mata. Yang patut diperhatikan jika Anda hendak menghabiskan momen berkemah di sini, bawalah jaket tebal khusus mendaki, karena pada malam hari suhu udaranya bisa mencapai 5 derajat Celsius.

Taman Nasional Baluran

Spot selanjutnya yang termasuk ke dalam tempat dengan pesona tereksotis di Jawa Timur adalah Taman Nasional Baluran. Pemandangan savana yang mirip seperti di Afrika ini menjadi salah satu daya tarik Andalan di Taman Nasional Baluran. Lokasinya berada di wilayah Bayuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi di Jawa Timur. Taman Nasional ini pun dikenal dengan sebutan Africa Van Java yang merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli yang juga dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian pemerintah setempat.

Taman Nasional tersebut didirikan pada tahun 1980 dan merupakan Taman Nasional pertama di Indonesia. Di tempat ini, terdapat sekitar 155 jenis burung (di antaranya termasuk burung langka), dan 26 jenis mamalia. Anda juga bisa menyelami kesejukan dan keindahan Evergreen Forest yang berada di dalam kawasan taman nasional.

Pulau Bawean

Pulau Bawean adalah salah satu pulau yang berada di kabupaten Gresik. Lokasinya sekitar 80 mil atau 120 km di utara kabupaten Gresik. Cukup jauh dari pusat kota, namun lelah dijamin akan terbayar seketika setelah Anda sampai di sana. Terdapat berbagai spot-spot eksotis di pulau ini, salah satunya adalah Tanjung Ga’ang. Tanjung Ga’ang ini merupakan deretan tebing batu karang di atas laut Bawean yang biru dan jernih. Pengunjung dapat menikmati pesona tanjung Ga’ang dengan menyewa perahu nelayan atau mendaki menyusuri hamparan batu karang. Selain itu, pengunjung juga menikmati keindahan laut yang jernih dengan ikan beraneka warna.

Jadi, sudah memutuskan kemana akan pergi berlibur bersama orang tercinta? Mari jelajah Jawa Timur dan nikmati pesona lansekapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.