Soft Skill yang Harus Dimiliki Generasi Milenial

Pada saat masih duduk di bangku sekolah dulu, kita akan cenderung banyak diajarkan tentang kemampuan pengetahuan pada suatu bidang, penguasaan bahasa asing dan lain sebagainya. Inilah yang dinamakan dengan hard skill atau yang secara definisi hard skill adalah kemampuan yang bisa didapatkan dengan cara dipelajari atau dilatih dan juga dapat diukur.

Secara umum, hard skill akan bisa anda dapatkan dan di pelajari di sekolah baik itu melalui pelatihan atau lewat buku pelajaran atau juga pengalaman. Dalam dunia kerja, hard skill memang berperan cukup penting. Akan tetapi, di era digital yang sudah serba praktis seperti saat ini, hard skill bukan sepenuhnya menjadi syarat anda akan menjadi pribadi yang sukses di masa depan nanti.

Untuknya, soft skill dalam diri kita pun perlu diasah dengan baik. Soft skill adalah kemampuan interpersonal yang lebih mengarah pada karakteristik dan bagaimana cara seseorang bersikap, berinteraksi serta berkomunikasi bersama dengan orang lain.

Soft skill yang dikembangkan dalam diri seseorang akan sangat mendukung dan bepengaruh dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pendidikan dan tentunya dalam hal pekerjaan. Itulah mengapa anak-anak milenial yang mulai menguasai dunia saat ini perlu sekali memiliki beberapa soft skill di bawah ini.

Kemampuan Berkomunikasi

Soft skill pertama yang wajib dimiliki seseorang dimana hal ini menjadi poin yang paling penting di era saat ini adalah kemampuan berkomunikasi. Dimanapun anda berada, anda akan butuh untuk dapat berkomunikasi dengan baik bersama dengan orang lain. Baik itu, guru, teman atau bahkan lingkungan kerja dan bos anda di perusahaan.

Meski kedengarannya simple akan tetapi tidak sedikit orang yang masih belum mampu menguasai cara berkomunikasi dengan baik. Padahal dari berkomunikasi maka biasanya penilaian diri secara umum akan mudah ditangkap. Inipula yang akan menentukan penilaian seseorang terhadap diri kita.

Mulai dari bagaimana kita mendengarkan partner kita, menjelaskan atau mengungkapkan sesuatu, menulis sampai dengan presentasi. Dalam dunia kerja kesemua aspek berkomunikasi ini menjadi modal utama yang harus dimiliki.

Kemampuan Beradaptasi

Beradaptasi dengan lingkungan adalah bagian dari soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama generasi milenial dalam mengembangkan diri dan karirnya di dunia kerja.

Seseorang yang punya kemampuan adaptasi lebih cepat akan tentu merasakan keuntungan yang besar. Dimana mereka akan merasa mudah merasa nyaman dengan situasi maupun kondisi seperti apapun yang mereka hadapi.

Kemampuan Bekerja Sama

Meskipun kemampuan individu menjadi hal penting, namun jangan sampai anda terlalu fokus dengan potensi diri dan melupakan kerja sama dengan orang lain. Sebab bagaimanapun pada akhirnya kita hidup berdampingan dan bersosial dengan individu lainnya.

Nah, oleh karenanya salah satu soft skill yang wajib dimiliki dalam dunia bekerja adalah kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Mulai dari bertukar pikiran, menghargai pendapat orang lain sampai dengan memutuskan masalah secara bersama-sama.

Problem Solving

Di zaman yang serba cepat dan instan seperti saat ini kita dituntut untuk bisa berkembang dan beradaptasi dengan cepat. Menjadi seseorang yang pasif bukanlah kualitas diri yang baik. Dengan terbiasa mengutarakan sebuah masalah dan menemukan solusinya, anda akan jadi orang yang menonjol dan kemungkinan banyak dicari perusahaan.

Leadership

Sikap kepemimpinan di dalam diri pun sama pentingnya sehingga perlu anda latih sejak dini. Bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang punya jabatan tertentu. Akan tetapi semua orang perlu menanamkan sikap yang sama dalam diri mereka. Sebab dalam dunia kerja hal ini akan menjadi nilai plus bagi diri anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.