Puasa Jangan Diam Aja! 6 Kegiatan Asyik Ini Bisa Membantumu Menghabiskan Waktu Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan 1440 H beberapa hari lagi tiba. Apa yang sudah kamu persiapkan untuk menyambut bulan suci? Selain fisik yang fit untuk mulai puasa sebulan penuh, apakah kamu sudah punya gambaran mau ngapain saja nanti selama puasa? Jangan cuma tidur saja ya, karena terlalu banyak tidur saat puasa justru bikin badan terasa tidak enak. Biasanya kalau kebanyakan tidur, pas bangun nanti mulut jadi kering, haus, kepala pusing, dan suasana hati malah tidak enak. Hm

Makanya, daripada tidur saja, coba deh kamu lakukan kegiatan-kegiatan positif ini. Puasa itu bukan penghalang untuk melakukan sesuatu yang produktif lho. Tidak ada alasan untuk malas-malasan hanya karena merasa lapar. Dijamin, kalau kamu melakukan 6 kegiatan ini, rasa laparmu jadi teralihkan.

Bikin Kue

Daripada beli kue lebaran yang harganya mahal-mahal itu, kenapa ga bikin sendiri aja? Selain kamu bisa atur sendiri rasanya sesukamu, kamu juga bisa berkreasi. Bikin sendiri resepmu. Caranya, campurkan beberapa resep kue kering yang kamu temukan di internet, terus modifikasi sesuai yang kamu mau. Nastar isi selai cokelat, kenapa tidak? Siapa tau malah bisa dijual. Jadi kan selain punya simpanan kue buat lebaran nanti, kamu juga punya uang tambahan.

Bikin Resep Kekinian

Nah, kalau kamu lebih suka bikin sesuatu yang simpel-simpel, coba saja bikin makanan-makanan kekinian yang lagi hits di Instagram. Pengen cheese tea tapi mager belinya? Bisa kok bikin sendiri. Pengen bikin puding brownies tanpa pake oven, bisa juga. Ada banyak resep kekinian yang bisa kamu contek di YouTube dan Instagram. Daripada jajan takjil di luar, lebih enak bikin sendiri. Eits, tapi jangan sampai ngiler sama camilan bikinanmu sendiri ya.

Cari Konten yang Inspiratif

Kalau selama ini kamu nonton YouTube atau scroll Instagram cuma cari-cari soal artis favoritmu, bulan puasa ini coba cari konten Islami yang inspiratif. Ada banyak lho influencer muslim yang bisa kamu kepoin akunnya. Sebut saja, dari mulai Aghnia Punjabi, Nisa Cookie, Zahratul Jannah, sampai Ayana Jihye Moon. Kamu bisa liat tutorial makeup untuk yang berhijab, atau cara pakai hijab dengan gaya baru, atau fashion terkini dengan gaya muslimah.

Jalan Santai

Siapa bilang kalau puasa jadwal olahragamu harus berhenti? Justru ini adalah kesempatanmu untuk menurunkan berat badan. Ga perlu olahraga yang berat-berat dan bikin haus. Cukup jalan santai keliling kompleks saja. Habis sholat subuh jangan tidur lagi. Ambil sepatu larimu dan jalan keliling kompleks selama kira-kira 30-45 menit. Atau bisa juga jalan santainya dilakukan satu jam sebelum buka puasa.

Menulis

Kalau selama ini blogmu terbengkalai selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, ini saatnya untuk menghidupkan kembali blog tersebut. Menulis itu cara yang sangat efektif untuk membunuh waktu lho. Kamu bisa menulis soal apa saja. Bisa curhat soal remeh temah, esai, atau bahkan coba buat buku. Coba latih kedisplinanmu untuk mulai rutin menulis selama sebulan penuh saat Ramadhan.

Mengajar Anak-anak Mengaji di Masjid

Buat yang suka anak-anak, coba deh bantu-bantu di masjid dengan cara mengajar baca iqro’. Selain asyik, dapat pahala juga kan. Biasanya kegiatan ini dilakukan sore-sore menjelang buka puasa. Daripada ngeliatin jam terus nunggu azan maghrib, lebih baik bantu ngajar ngaji di masjid. Coba datangi masjid terdekat di rumahmu dan ajukan diri untuk bantu-bantu selama bulan Ramadhan.

Advertisements

One thought on “Puasa Jangan Diam Aja! 6 Kegiatan Asyik Ini Bisa Membantumu Menghabiskan Waktu Saat Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.