5 Tips Berikut Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Badan Tidak Loyo Saat Puasa

Bulan Ramadan sudah tiba, bulan suci di mana umat muslim di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa. Sudah menyiapkan fisik untuk bisa menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, belum? Karena dibutuhkan tubuh yang segar dan fit agar puasa bisa maksimal.

Yang berpikir puasa itu berat dan menyiksa, kamu harus tahu bahwa puasa itu ternyata sesuatu yang sangat menyehatkan bagi tubuh lho. Jika dijalankan dengan benar, kamu justru akan merasa segar dan sehat. Namun sebaliknya, kalau puasanya tidak sambil jaga gaya hidup sehat, tubuh bisa jadi lemas dan terasa nggak enak.

Tak hanya itu, ada banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan dari aktivitas puasa jika nggak disiasati dengan baik. Mulai dari rasa lapar yang luar biasa, ngantuk, haus, bahkan suasana hati yang buruk. Nah, kamu harus tau nih gimana cara menyiasati puasa biar badan kamu nggak terasa loyo dan terus bugar sepanjang hari. Ini dia tips-tipsnya.

Hindari Makan/Minum yang Manis Saat Sahur

Mengapa? Karena minuman manis itu bisa membuat tubuh melepaskan hormon insulin dengan cepat. Fungsi insulin adalah untuk menyebarkan gula dari dalam darah ke semua sel tubuh, yang kemudian digunakan menjadi sumber energi. Hasilnya, kamu jadi cepat lapar, karena gula yang kamu konsumsi saat sahur langsung diubah menjadi energi. Karena itu, kalau sahur, lebih baik minum air putih atau minuman elektrolit, seperti air kelapa. Air putih yang cukup akan bikin kamu segar karena tubuh ga kekurangan cairan sepanjang hari.

Jangan Makan Yang Gurih, Asin, dan Digoreng Saat Sahur

Itu karena makanan-makanan tersebut akan memicu rasa haus. Natrium yang tinggi di dalam makanan asin akan menarik cadangan air di dalam sel tubuh. Akibatnya, tubuh jadi cepat dehidrasi. Kamu ga mau kan baru jam 10 pagi sudah haus?

Pilih Superfood Organik

Sebagai kaum milenial, kita pastinya sadar banget soal apa saja yang kita konsumsi. Internet mengajarkan kita untuk lebih hati-hati pilih makanan. Ditambah lagi, tren diet dan tren makanan organik juga sangat menjamur. Maka pastinya ga susah kalau kamu mau mulai konsumsi makanan sehat. Coba deh kamu cari berbagai toko online organik, pasti dari sejak menjelang bulan Ramadan semua sudah ramai-ramai menjual superfood yang mengandung protein dan antioksidan tinggi serta rendah lemak. Nah, kamu bisa konsumsi superfood saat sahur dan berbuka. Coba deh, kalau sahur jangan makan nasi, konsumsi muesli saja. Bisa kamu olah dengan susu rendah lemak. Boleh tambah susu almond untuk minumnya.

Olahraga

Puasa bukan alasan bagi kita untuk ga olahraga. Kalau kamu puasa malah tidur dan bermalas-masalan seharian, tubuh justru akan terasa tidak enak. Puasa jadi terasa lama. Sebaliknya, kalau kamu aktif dan berolahraga, badan jadi terasa segar. Ga perlu olahraga yang berat-berat. Yang low impact saja, seperti jalan santai keliling kompleks, atau yoga.

Menjaga Kebersihan Mulut

Kamu pasti pernah merasakan, kalau bangun tidur pagi setelah sahur, mulut terasa asam dan kering. Apalagi jika setelah sahur kamu langsung tidur dan tidak sempat sikat gigi. Ugh, rasanya ga enak banget. Jangan salah lho, mulut dan napas yang tidak segar itu mempengaruhi kinerja kita sepanjang hari. Kalau mulut terasa tidak enak, napas tidak segar, kita jadi merasa malas dan maunya tidur-tiduran saja sepanjang hari, karena mau berinteraksi dengan orang pun jadi sungkan karena tidak pede. Maka itu, biasakan sikat gigi setiap habis sahur. Gosok juga bagian lidah. Boleh juga pakai obat kumur setelahnya. Dan jangan tidur lagi ya setelah sahur!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.