Yuk, Kenali Lebih Jauh Soal Investasi Halal yang Pas Buat Kaum Muda

Sekarang ini, tipikal khas kaum milenial adalah ketika ditanya bagaimana nanti ke depannya, jawabannya pasti, “ga tau deh.”, “liat gimana ntar aja”, “belum kepikiran, masih bingung”. Padahal, sebagai kaum milienial yang melek teknologi dan hidup di kecanggihan zaman seperti sekarang, kita wajib merencanakan masa depan kita secara mendetail, apalagi dalam hal finansial.

Kamu yang lajang tapi sudah punya pasangan, sudah punya tabungan nikah? Atau kamu yang sudah menikah, sudah rencana untuk beli rumah sendiri? Biasanya dua hal itu yang jadi masalah terbesar kaum milenial. Mau nikah ga ada modal, sudah nikah ga punya rumah. Nah, di sini ini pentingnya investasi.

Jenis-jenis Investasi

Kamu pasti sudah sering dengar soal investasi di pasar modal, seperti reksadana, saham, obligasi, dan surat berharga. Selain itu, ada juga investasi di pasar uang yang mencakup surat berharga pasar uang, sertifikat bank Indonesia, dan deposito. Investasi-investasi tersebut disebut investasi mainstream karena memang rata-rata orang menggunakan investasi jenis ini kalau ingin memutar uang.


Namun, yang kini mulai dilirik oleh kaum muda adalah jenis investasi online. Sebut saja Forex/Valas. Investasi jenis ini, meski sangat menguntungkan, risikonya juga tinggi. Jadi untuk kamu si adrenaline junkie, investasi jenis ini pasti bikin kamu tertarik. Sedangkan untuk kamu yang lebih suka main aman dan ga suka sensasi harap-harap cemas, bisa coba investasi emas online. Nilai ema relatif sama setiap tahunnya. Tapi investasi jenis ini juga tidak mudah, jadi cuma yang sudah punya cukup pengalaman yang bisa benar-benar sukses.

Ada juga reksadana online. Investasi ini risikonya tidak terlalu tinggi, tapi hasilnya juga tidak terlalu banyak. Makanya banyak kaum milenial yang baru mulai melek finansial memilih untuk mengawali investasinya dengan reksadana.

Investasi Syariah

Sebagai milenial muslim, selain memilih jenis investasi yang paling menguntungkan, penting juga untuk memilih yang halal. Karena itulah sekarang ada investasi syariah yang menyasar kaum milenial muslim. Jenis investasi ini dijamin kehalalannya, jadi ga perlu takut makan uang haram. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan, di antaranya deposito mudharabah (berjangka waktu), tabungan mudharabah (sistem bagi hasil), sukuk (obligasi syariah), emas, saham syariah, reksadana syariah, investasi properti, dan surat berharga syariah negar (SBSN).

Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi

Pertama, kamu harus belajar dasar-dasar investasi dulu. Jangan cuma asal baca sekilas saja. Tenang, ada banyak informasi soal ini. Lebih baik kamu download e-book yang berisi panduan, atau rajin ikut seminar soal investasi. Jangan malas untuk baca-baca artikel soal keuangan.

Kedua, tetapkan apa tujuan investasinya. Ada investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kalau kamu mau ngumpulin uang buat liburan keluar negeri, pilih investasi jangka pendek. Sementara kalau kamu mau nabung buat modal nikah, beli rumah, atau beli mobil, pilih investasi jangka panjang.


Ketiga, ketahui soal biayanya, karena investasi juga ada biayanya. Biaya investasi akan memotong hasil investasimu. Biayanya tergantung dari jenis investasi yang kamu pilih. Untuk jenis investasi pasif, biayanya biasnaya lebih rendah. Sebaliknya, investasi aktif, biayanya biasanya besar. Perdagangan saham itu jenis investasi aktif lho. Jadi kamu yang tertarik main saham, ketahui juga bahwa biayanya besar. Itu karena pialang saham membebankan biaya komisi. Namun kalau kamu mulai dari investasi saham yang kecil, coba pilih broker diskon karena komisinya lebih kecil.

Gimana? Sudah mulai yakin untuk investasi sekarang? Jangan mau dianggap sebagai kaum milenial yang cuma bisa boros, belanja, dan menghambur-hamburkan uang. Tunjukkan bahwa kamu pun bisa mengelola keuanganmu dengan bijak bahkan sejak masih muda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.