5 Resep Olahan Oatmeal yang Praktis Untuk Sahur Buat Kamu yang Sedang Diet

Buat kamu yang pengen nurunin berat badan, bulan puasa ini bisa jadi ajang untuk diet. Yang paling penting kamu lakukan itu atur pola makan. Selama puasa, hindari makanan yang digoreng, yang pakai santan, dan yang berlemak. Untuk lebih simpelnya, pilih saja oatmeal sebagai makanan utama. Oatmeal adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yang mampu melepas gula dan bahan bakar tubuh secara perlahan-lahan. Jadi tubuh tidak cepat lapar. Ketimbang nasi, gandum di dalam oatmeal bisa lebih stabil menjaga kekuatan tubuh selama puasa sepanjang hari. Maka itu, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat untuk sahur kalau kamu mau membuang beberapa kilo bobot tubuh selama sebulan ini.

Tenang saja, resep-resep olahan oatmeal itu tidak ada yang ribet kok. Cocok untuk kamu yang malas bangun terlalu dini untuk menyiapkan makan sahur. Berikut 5 pilihannya.


Oatmeal Telur

Yang kamu butuhkan:

4 sendok makan oatmeal

1 butir telur ayam

2 lembar beef

Masak oatmeal seperti biasa dengan ditambahkan sedikit garam. Kemudian rebus telur ayamnya. Goreng beef sampai matang. Jika sudah, iris beef sesuai selera, lalu masukkan ke dalam oatmeal. Aduk rata. Kupas telur, dan makan bareng oatmeal beef tadi.

Oatmeal Pisang Cokelat


Yang kamu butuhkan:

4 sendok makan oatmeal

1 pisang raja

1 sdm selai cokelat

air secukupnya

Masak oatmeal seperti biasa, lalu tambahkan selai cokelat ke dalam oatmeal masak, aduk sampai rata. Sisihkan. Potong-potong pisang raja berbentuk bulat, lalu taburkan di atas oatmeal cokelat tadi sebagai topping. Beres deh!

Pancake Oatmeal Pisang

Yang kamu butuhkan:

8 sendok makan oatmeal

1 butir telur ayam

2 buah pisang raja

25 ml susu

1 sdm mentega cair

Blender semua bahan tadi. Ga perlu halus-halus banget, yang penting semua tercampur. Panaskan panci, lalu lapisi dengan mentega. Masak adonan yang sudah diblender tadi hingga matang. Terakhir, sajikan denga dengan topping keju atau saus cokelat. Bisa juga kamu tambah dengan taburan kacang kalau suka.

Oatmeal Stroberi Saus Karamel

Yang kamu butuhkan:

4 sendok makan oatmeal

3 buah strober

4 sdm gula palem

25 ml air

Buat saus karamelnya terlebih dahulu. Caranya, campurkan gula palem ke dalam 25 ml air, lalu tambahkan stroberi yang sudah dicincang kasar. Masak hingga stroberi lunak. Kemudian, masak oatmeal seperti biasa. Kalau sudah matang, tuang oatmeal di mangkuk dan siram saus karamel dengan taburan stroberi di atasnya. Enak!

Oat Kurma Almond

Yang kamu butuhkan:

4 sendok makan oatmeal

kacang almond secukupnya

10 (boleh lebih) butir kurma

susu cair low fat

Buat dulu saus kurmanya. Caranya, cincang kasar kurma, lalu rebus. Biarkan sampai warnanya jadi kecokelatan dan teksturnya mengental. Kemudian, masak oat dengan susu cair, tambahkan sedikit gula untuk pemanis dan sejumput garam. Terakhir, sisihkan oatmeal di mangkuk, siram saus kurma, dan taburi dengan kacang almond. Sehat dan lezat!

Overnight Oatmeal

Ini nih, yang jadi tren ala milenial untuk mulai hidup sehat. Banyak banget yang sering share overnight oatmeal-nya di Instagram kan? Resepnya juga bervariasi. Namun pada dasarnya yang harus kamu lakukan cuma tuang oatmeal ke dalam jar. Porsinya disesuaikan dengan keinginan. Lalu tuang susu hingga oatmeal terendam. Biarkan di kulkas semalaman. Esok paginya saat sahur, kamu bisa campurkan beberapa bahan seperti chia seeds, kacang almond, atau potongan buah. Yang paling bagus sih chia seeds atau almond, karena kedua bahan tersebut mengandung protein yang dibutuhkan untuk memberi energi selama puasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.