Yuk Olahraga Selama Ramadan! Ini yang Harus Kamu Lakukan Biar Badan Tetap Fit Meski Lagi Puasa

Memang saat puasa kita diwajibkan untuk nggak makan dan minum selama seharian penuh, tapi bukan berarti kita harus bermalas-malasan. Soalnya, kalau kita ga melakukan apa-apa, kita justru merasa lapar dan haus. Puasa jadi terasa lama. Cara untuk mengalihkan perhatian biar ga fokus lihat jam terus sepanjang puasa adalah dengan terus beraktivitas. Akan lebih baik lagi kalau aktivitas yang kita lakukan itu olahraga. Tenang saja, jika dilakukan dengan benar, olahraga saat puasa nggak akan membuat kita lemas kok. Ini tips-tips yang bisa kamu coba kalo kamu mau olahraga saat bulan Ramadan.

Perhatikan Waktu Olahraga

Memang sih tidak disarankan untuk olahraga di tengah hari saat puasa. Soalnya perut dalam keadaan kosong, tentu tidak ada energi tambahan yang bisa dibakar saat olahraga. Namun, disarankan untuk olahraga menjelang waktu berbuka puasa. Setidaknya satu jam sebelumnya. Ini adalah cara ngabuburit yang paling sehat. Daripada jajan di pasar takjil, lebih baik olahraga.

Kenali Tubuhmu

Kamu tidak boleh memaksakan diri. Kalau selama ini kamu memang sudah rutin olahraga, apalagi sampai yang high impact, tidak masalah jika mau meneruskan olahraga selama Ramadan. Paling hanya waktunya saja diganti jadi menjelang buka puasa. Namun kalau selama ini kamu belum terbiasa olahraga rutin, jangan langsung memaksakan diri untuk bergerak terlalu berat di bulan puasa ini. Jangan cuma karena niat mau langsing selama puasa, malah jadi sakit.

Jenis Olahraga

Jangan coba-coba olahraga jenis baru yang intensitasnya lebih tinggi dari yang selama ini kamu lakukan saat puasa. Soalnya, tubuhmu belum tentu mampu melakukannya. Salah-salah malah bisa pingsan. Disarankan sih untuk melakukan olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang, seperti jalan santai, jogging, bersepeda, yoga, atau pilates. Tapi kalau mau yang asyik, coba deh main bowling atau menari.

Perhatikan Asupan Makanan

Selama bulan Ramadan, kita jadi makan 2 kali sehari, saat sahur dan berbuka. Porsi makan juga biasanya berubah. Namun kalau kamu tetap mau mempertahankan aktivitas olahraga selama puasa, pastikan asupan makanan yang kamu dapat sama, atau setidaknya tidak berubah banyak, dari yang biasa. Perbanyak konsumsi protein, seperti telur, daging, dan ikan saat sahur atau berbuka. Protein itu bisa memulihkan otot yang sakit habis olahraga.

Banyak Minum

Nah, ini nih yang sering diabaikan banyak orang. Kalau di hari-hari biasa saja konsumsi air harianmu sudah kurang, pas bulan puasa malah biasanya lebih kurang lagi. Padahal, kekurangan cairan itu bisa bikin lemas lho. Usahakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per hari. Kalau buka puasa, jangan makan yang dibanyakin, tapi minum. Dengan begitu, berat badan ga akan naik. Jangan salah, ada lho yang selama Ramadan berat badannya malah naik. Tapi kalau kamu bisa mengontrol makan, banyak minum air putih, dan rutin olahraga ringan selama puasa, dijamin berat badan malah akan menyusut!

Jangan Kurang Tidur

Kamu akan beraktivitas seperti biasa di siang hari saat puasa. Ditambah lagi, kamu mau olahraga. Tubuh butuh energi untuk bisa tetap bergerak aktif meski tanpa asupan makan dan minum. Itulah pentingnya tidur cukup. Setidaknya, kamu butuh 7-9 jam per hari untuk tidur. Masalahnya, kaum milenial cenderung suka meremehkan waktu tidur. Nonton drakor berepisode-episode, tidak sadar tau-tau sudah jam 12 malam. Nah, ini nih yang harus mulai kamu ubah selama Ramadan ini. Usahakan untuk mulai tidur tiap jam 9 malam. Biar nanti pas sahur jam 4 pagi, waktu tidur sudah tercukupi. Siang harinya ga akan ngantuk dan lemas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.