Ga Perlu Boros, Ini 7 Tips Berhemat Praktis Saat Belanja Menjelang Lebaran

Apa sih yang biasanya identik dengan Lebaran? Selain silaturahmi dan ketupat, pakaian baru juga jadi khas Lebaran di Indonesia. Ini lah penyebab utama kenapa para milenial mendadak “miskin” setelah Idul Fitri berlalu. Ga heran, soalnya uangnya semua habis buat belanja gila-gilaan menjelang Lebaran.

Kamu ga perlu seperti itu lho. Boleh-boleh saja tergiur berbagai kue, hampers, dan baju-baju Raya Collection yang kini sudah mulai dipamerkan. Tapi jangan asal belanja. Begini lho caranya biar keuanganmu tetap aman terkendali saat belanja menjelang Lebaran.

Buat Daftar dan Prioritas

Pikirkan matang-matang apa saja yang benar-benar pengen kamu beli di momen Lebaran ini. Boleh lah satu dua potong baju baru kalau memang memungkinan. Tapi jangan cuma karena ikut-ikut tren, kamu jadi beli model baju yang lagi hype. Tulis mana saja yang pengen banget kamu beli. Batasi daftarnya sampai kira-kira 10 poin saja.

Belanja di Awal

Belanjalah jauh sebelum detik-detik menjelang Lebaran. Tujuannya biar kamu nggak terjebak kenaikan harga. Kalau kamu belanja mendekati lebaran, sudah pasti harga barang-barang akan melonjak drastis. Dan itu bukan cuma baju saja, sembako juga!

Pisahkan Anggaran Belanja Dengan Anggaran Lain

Ini supaya kamu ga boros. Dengan memisahkan anggaran, nggak peduli apa pun yang kamu beli, semuanya masih akan masuk budget, dan uang untuk kebutuhan-kebutuhan yang lain juga bakal aman tak terganggu. Jangan pernah sekali-kali ambil uang dari anggaran lain meski cuma sedikit ya. Belajarlah disiplin pada diri sendiri.

Manfaatkan Sebagian THR

Salah satu tips paling jitu yang bisa kamu terapin yaitu memanfaatkan THR yang kamu dapet pas lebaran. THR adalah uang ‘cuma-cuma’ yang berarti kamu bisa menghabiskannya dengan mental ‘nothing to lose’ karena pada dasarnya THR adalah bonus yang diberikan buat kamu karena kamu merayakan hari raya bukan karena kamu bekerja. So, everything’s sweet! Tapi ingat, jangan kebablasan. Kamu cuma boleh menghabiskan sebagian THR. Kenapa? Karena siapa tau ada sesuatu yang butuh uang darurat selama kamu liburan di kampung. Selalu sisakan uang buat jaga-jaga.

Riset Harga di Internet Terlebih Dahulu

Sebelum kamu belanja, sebaiknya kamu riset dulu harga barang-barang yang mau kamu beli di internet. Tujuannya adalah biar kamu ga ditipu waktu belanja, karena kamu udah tahu harga standar untuk tiap barang. Syukur jika kamu malah menemukan barang yang sama dengan harga super murah di olshop atau e-commerce, sehingga kamu bisa irit uang lebih banyak.

Manfaatin Diskon Lebaran

Memang waktu lebaran harga sebagian barang bakal naik, tapi akan ada banyak diskon juga. Yah, terlepas dari fakta kalau diskon lebaran biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dulu, tak ada salahnya sih menggunakan kesempatan diskon. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, riset dulu harga di internet, jadi kamu bisa tahu harga yang didiskon benar-benar murah atau sudah di-mark up lebih dulu. Karena ada juga kok sebetulnya diskon yang harganya benar-benar miring untuk ngabisin stok barang di gudang.

Sesuaikan Pengeluaran Dengan Pemasukan

Pepatah ‘besar pasak daripada tiang’ seharusnya tidak berlaku bagi kaum milenial yang dikenal lebih “melek” soal finansial ketimbang generasi sebelumnya. Wajar, karena sekarang ilmu soal manajemen keuangan sering dibagikan di banyak akun medsos. Terapkan salah satu ilmu dasar dalam mengelola keuangan yang sehat saat belanja lebaran: hindari hutang. Jangan sampai kamu berhutang cuma biar bisa gaya di hari raya Idul Fitri. Selalu sesuaikan pengeluaran dengan pemasukan.

Dengan mengikuti 7 tips di atas, kamu bisa menyelamatkan dompetmu dan bertahan sampai akhir bulan setelah Lebaran usai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.