8 Tips Mudik Hemat dan Nyaman Gaya Milenial

Apa sih yang biasanya kamu persiapkan menjelang mudik? Selain packing baju dan tentunya sederet gadget anti-bosan di perjananan, masih banyak hal penting yang harus kamu cek dan persiapkan sebelum perjalanan jauh. Apalagi jika kamu mudik naik kendaraan pribadi. Soalnya, kalau mudik tanpa persiapan, malah bisa jadi ribet dan boros.

Namun tenang saja, mudik itu sebetulnya asyik kok. Yang penting, kamu harus persiapkan 7 hal ini sebelum mudik.


Buat Anggaran

Sebagai milenilal yang smart dan “melek” masalah finansial, sekarang ini buat anggaran wajib hukumnya sebelum mengeluarkan uang. Apalagi kalau mudik. Bikin daftar pengeluaran utama, seperti tiket PP (kalau mudik naik transportasi umum) atau uang bensin dan tol (kalau naik kendaraan pribadi), uang makan selama di kampung, angpao untuk keponakan-keponakan kecil, dan lain sebagainya. Sediakan juga dan cadangan yang tidak boleh dipakai kecuali dalam keadaan darurat.

Ambil Uang Secukupnya

Kalau lagi mudik, memang rasanya tidak aman kalau bawa uang tunai banyak-banyak. Maka itu, biar saja uangmu di rekening. Ketika awal perjalanan, tarik uang secukupnya saja untuk bensin dan tol. Selain aman, cara ini juga berguna  untuk mengontrol keuanganmu. Kalau uangnya ngepas, kamu ga akan tergoda beli-beli yang ga penting selama perjalanan.

Cek Kondisi Kendaraan

Kalau kamu mau mudik naik kendaraan pribadi, sebelum berangkat, kamu juga harus cek kondisi kendaraan secara menyeluruh dan servis besar. Jangan sampai nanti di jalan mobilmu mengalami kendala dan kerusakan di tengah jalan, karena itu artinya akan ada pengeluaran ekstra buat servis dadakan.

Pilih Rute Mudik

Kamu juga harus menetapkan rute mana yang akan kamu tempuh selama mudik nanti. Gunakan perangkat GPS kalau kamu tidak familiar dengan jalan-jalannya. Aplikasi seperti Waze juga sangat membantu untuk menemukan rute alternatif yang bebas macet. Kenapa ini penting? Karena kalau kamu sampai salah jalan, atau ambil rute yang lebih panjang dan macet, kamu malah harus keluar uang ekstra untuk bensin. Plus, badan jadi capek, suasana hati buruk. Benar-benar ga nyaman.

Bawa Bekal Makanan Dari Rumah

Selama perjalanan mudik, perkirakan berapa jam yang akan kamu habiskan di jalan, lalu siapkan bekal dari rumah. Bawa makanan berat sekaligus camilan. Jangan lupa botol minum berkapasitas besar. Dengan begitu, kamu tidak perlu jajan lagi. Soalnya, di musim mudik, harga makanan yang dijual di rute-rute mudik biasanya jadi lebih mahal dari biasa.

Manfaatkan Promo yang Ada

Menjelang Lebaran, ada banyak promo yang bisa kamu manfaatkan. Biasanya di toko-toko tempat kamu belanja, ada promo dalam pembelian tertentu. Namun kalau kamu kesulitan menemukan promo, kamu bisa gunakan aplikasi-aplikasi tertentu yang bisa memberi promo tambahan pada belanjaanmu.

Bawa Barang Esensial Saja

Jangan bawa barang banyak-banyak. Selain ribet, tentu bikin ga nyaman di jalan. Apalagi kalau kamu naik transportasi umum. Kalau bawa banyak barang kan kamu harus keluar uang ekstra untuk bayar jasa porter. Belum lagi harus bayar biaya bagasi kalau naik pesawat. Pelajari cara packing dengan mudah agar semua baju dan aksesorismu bisa pas masuk ke dalam koper.

Cek Kondisi Fisik

Jangan cuma kendaraan yang harus dicek kondisinya, kamu juga wajib periksa kesehatan sebelum berangkat mudik. Kamu ga mau kan tiba-tiba sakit selama mudik? Nanti kalau sakit dan periksa ke dokter, akan ada biaya ekstra lagi. Maka itu, persiapkan kondisi fisikmu sebelum perjalanan panjang. Kalau perlu, konsumsi vitamin untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.