5 Jenis Kanker yang Wajib Diwaspadai Oleh Wanita

Salah satu penyakit yang memberikan terror paling besar bagi banyak orang adalah kanker karena penyakit yang satu ini bisa menyerang siapapun tanpa peduli usia dan gender. Tahukah kamu bahwa lebih dari 30% kematian yang disebabkan oleh kanker merupakan akibat dari lima faktor? Kelima faktor tersebut adalah indeks masa tubuh yang berlebihan, aktivitas fisik yang kurang, merokok, pola makan yang buruk, minum minuman beralkohol dan konsumsi buah dan sayur yang kurang.  Ada banyak sekali jenis kanker dan berikut ini adalah beberapa yang wajib kamu waspadai kalau kamu wanita. Lima jenis kanker ini adalah yang paling sering terjadi pada wanita menurut data yang dirilis GLOBOCAN (IARC) pada tahun 2014.

Kanker Usus Besar

Jenis kanker pertama yang wajib kamu waspadai yaitu kanker usus besar. Kalau dalam keluargamu ada yang memiliki riwayat kanker usus besar, kamu harus waspada karena kalau satu anggota keluarga ada yang terkena kanker jenis ini, ada kemungkinan anggota keluarga yang lain yang memiliki hubungan darah terserang juga.

Penyebab lainnya meliputi polip di usus besar, riwayat penyakit radang usus, kelebihan berat badan dan konsumsi makanan tinggi lemak terlebih lagi yang berasal dari sumber hewani. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2014 saja, terdapat 11,7% kasus baru jenis ini pada wanita di Indonesia.

Kanker Payudara

Source: medicalnewstoday.com

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Data yang dirilis IARC menunjukkan bahwa di Indonesia, 49,9% kasus baru kanker payudara terjadi pada 2014. Tingkat kematian yang diakibatkan oleh kanker ini sendiri adalah sebanyak 21,4%. Kanker jenis ini bisa terjadi ketika sel kanker tumbuh dari jaringan payudara. Jaringan payudara yang dimaksud termasuk kelenjar susu dan saluran payudara, lemak serta jaringan ikat. Saat ini telah ditemukan teknik melakukan deteksi dini kanker jenis ini yang disebut SADARI yang merupakan singkatan dari perikSA payuDAra sendiRI dan SADANIS atau perikSA payuDAra kliNIS.

Kanker Paru

Source: webmd.com

Kanker paru-paru juga termasuk salah satu jenis kanker yang sering menyerang wanita. Kanker jenis ini terjadi ketika sel-sel jaringan pada paru-paru tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa sehingga menyebabkan terbentuknya tumor. Kanker jenis ini bisa menyebabkan tubuh tidak mampu berfungsi sehingga mengakitabkan kualitas hidup yang buruk. Jenis kanker pada wanita terakhir yang paling sering terjadi selanjutnya adalah kanker paru.

Kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk. Kanker paru menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam berfungsi dan menyebabkan kualitas hidup yang buruk. Profil Indonesia di IARC pada tahun 2014 menunjukkan bahwa 9,3% kasus baru kanker paru-paru terjadi pada tahun tersebut. Pada tahun itu juga diketahui 9,1% kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh kanker jenis ini.

Kanker Serviks

Source: bet.com

Jenis kanker yang satu ini tak hanya menyerang wanita di Indonesia tapi juga wanita di seantero dunia. Data dari WHO menunjukkan bahwa kanker serviks adalah jenis kanker yang menempati peringkat empat kanker yang paling sering menyerang wanita. Tapi di Indonesia, jenis kanker yang satu ini ada di peringkat dua jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Data IARC menunjukkan bahwa pada tahun 2014, 20,9% kasus kanker serviks baru muncul di Indonesia. Sumber yang sama menunjukkan bahwa 10,3% kematian pada wanita di Indonesia pada tahun 2014 disebabkan oleh kanker jenis ini.

Kanker Ovarium

Source: everydayhealth.com

Terdapat beberapa gejala yang menandai kanker jenis ini yaitu perut kembung, hilangnya nafsu makan, perubahan siklus haid, rasa tak nyaman di area panggul dan penurunan berat badan secara drastis. Kanker ovarium sendiri umumnya terjadi pada wanita yang berusia di atas 55 tahun. Tapi bukan tidak mungkin anak-anak atau remaja mengalami kanker jenis ini. Kanker ovarium sendiri sebenarnya bisa disembuhkan sampai ke akar-akarnya kalau bisa ditemukan dengan cepat serta diobati secara tepat. Menurut data IARC, kanker ini ada di peringkat empat kanker yang paling sering menyerang wanita Indonesia. Berdasarkan data yang sama, pada tahun 2014 saja terdapat 10,23% kasus kanker ovarium baru di Indonesia.

Nah, itu tadi 5 jenis kanker yang wajib kamu waspadai kalau kamu seorang wanita dan kamu peduli dengan kesehatan tubuhmu. Pastikan kamu tau gejala-gejalanya sehingga kamu bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan kalau kamu merasa ada gejala yang membuat kamu khawatir dan mirip dengan deskripsi di atas sehingga kamu bisa mencegah resiko yang datang bersama dengan gejala tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.