5 Tips Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Alternatif Untuk Menu Idul Fitri

Banyak orang yang kalap ketika lebaran tiba dan menyantap semua makanan yang ada sebagai bentuk ‘balas dendam’ setelah selama sebulan tidak diperbolehkan makan di siang hari. Tentu hal ini bukan hal paling bijak untuk dilakukan lantaran tidak sehat. Penting bagi kamu untuk tetap menjaga pola makan sehat di momen Idul Fitri. Nah, inilah menu-menu sehat yang bisa kamu coba kalau kamu mau lebaran kamu tetap sehat.

Sajikan Buah dan Sayur-sayuran

Yang biasa terjadi ketika lebaran adalah disajikannya makanan yang berlemak dan bersantan, yang tentu saja merupakan makanan yang masuk kategori tidak sehat ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Nah, untuk mengimbangi makanan jenis ini, penting untuk menyajikan buah dan sayur mayur dalam menu lebaran. Keduanya kaya serat sehingga mampu melancarkan pencernaan dan mengimbangi kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan keduanya ada di menu lebaranmu sebagai penetralisir lemak yang kamu konsumsi selama lebaran.

Sediakan Kopi Hitam atau Jus Jeruk

Selain buah dan sayur-sayuran, ada lagi menu lain yang bisa menjadi penawar lemak yaitu kopi hitam dan jus jeruk. Meminum kopi hitam atau jus jeruk setelah melahap berbagai makanan kaya lemak yang tersaji selama lebaran bisa membantu menetralisir lemak yang masuk ke dalam tubuh. Selain kopi hitam dan jus jeruk, jus buah dan minuman herbal juga memiliki fungsi yang sama jadi cobalah masukkan minuman-minuman tersebut ke dalam daftar menu lebaranmu.

Hindari Terlalu Banyak Kue Lebaran

Kamu tentu tahu kalau kebanyakan kue dan snack lebaran kaya akan gula, karbohidrat dan lemak. Selain itu, kue dan snack lebaran juga biasanya berkalori tinggi. Karena itu, kamu harus membatasi diri dalam menyajikan kue dan snack lebaran sehingga kadar gula dan lemak serta kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa dikontrol. Sajikan sesedikit mungkin kue dan gantilah porsi kue yang kamu hilangkan dari daftar dengan menu yang lebih sehat seperti, misalnya, buah-buahan.

Buang Minuman Manis

Jangan masukkan soft drink, sirup atau minuman manis lain ke dalam menu lebaranmu. Soft drink, sirup dan minuman sejenis memiliki kadar gula yang luar biasa tinggi sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan resiko diabetes. Terlebih lagi, kebanyakan dari produk tersebut mengandung gula sintetis yang tentu tidak sehat bagi tubuh kita. Sajikan jus buah, kalau bisa tanpa gula, sebagai pengganti minuman-minuman tersebut. Jangan lupa juga untuk minum banyak air putih untuk menetralisir lemak dan santan yang masuk ke dalam tubuh.

Sajikan Makanan yang Dimasak Dengan Minyak Zaitun

Agar tetap sehat, pastikan mentega atau minyak biasa keluar dari daftar bahan masakanmu. Minyak bukan bahan yang paling sehat yang bisa kita biarkan masuk ke dalam tubuh terlebih lagi minyak terhidrogenasi seperti mentega. Minyak terhidrogenasi mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Ganti minyak kamu dengan minyak zaitun atau olive oil yang sudah terbukti lebih sehat.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba biar menu lebaran kamu lebih sehat sehingga tubuh kamu tidak terpapar resiko penyakit setelah lebaran. Tentu saja, selain menyajikan menu-menu sehat tadi, kamu juga harus membatasi porsi makanmu karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Usahakan juga untuk tidak terlalu sering memanaskan makanan seperti ketupat dan lauk pauk karena makanan-makanan tersebut akan menjadi semakin berbahaya untuk dikonsumsi setiap kali dipanaskan. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.