Hindari 5 Jenis Makanan/Minuman Ini Jika Tidak Ingin Terkena Kanker

Semakin berkembangnya zaman, bukan cuma teknologi saja yang semakin maju, tapi juga bahan pangan. Kalau kamu bandingkan makanan sekarang dengan yang dimakan orang beberapa dekade lalu, kamu pasti bisa temukan bahwa orang-orang zaman dulu hidup lebih sehat ketimbang kita yang hidup di zaman sekarang. Mengapa? Karena meski sederhana, makanan mereka jarang ada yang pakai bahan-bahan artifisial, pengawet, penguat rasa, dan hal-hal lainnya yang lazim ditemukan di olahan pangan sekarang.

Tak heran, orang-orang zaman sekarang lebih banyak yang terkena penyakit-penyakit degeneratif, seperti kanker. Memang, penyebab kanker itu bukan cuma soal makanan, tapi gaya hidup juga memiliki peran bagi kesehatan seseorang. Kalau kamu mau hidup sehat dan bebas dari kanker, lebih baik ubah gaya hidup dan pola makanmu. Hindari 5 jenis makanan berikut ini:

Junk Food

Kalau ini kamu pasti sudah tahu bahayanya kan? Bukan cuma kanker, junk food juga bisa menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya lain, seperti kolesterol dan penyakit jantung. Kentang goreng dan keripik kentang itu memiliki akrilamida yang merupakan zat karsinogenik yang terbentuk ketika makanan berada dalam suhu tinggi seperti ketika digoreng atau dipanggang. Studi menunjukkan bahwa akrilamida dapat meningkatkan resiko berbagai tipe kanker pada tubuh manusia.

Minuman Bersoda

Tahukah kamu bahwa cairan yang dijual dalam kaleng minuman bersoda sarat akan gula, pewarna dan bahkan bahan kimia makanan? Bahan-bahan tersebut bisa mengasamkan tubuh serta memicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Salmon dari Peternakan

Di Amerika, lebih dari 60% salmon yang dijual di pasaran dikembangbiakkan dalam sebuah peternakan khusus. Yang mencengangkan adalah salmon yang dikembangbiakkan di peternakan biasanya diberi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia, zat karsinogen, antibiotik dan bahkan pestisida.

Buah Kotor

Yang dimaksud buah kotor di sini adalah buah yang dimakan tanpa dicuci terlebih dahulu. Sebagian besar buah yang beredar di pasaran saat ini dikembangbiakkan dengan menggunakan pestisida untuk melindunginya dari hama. Nah, ini berarti sebagian besar buah yang bisa kamu beli di pasaran terkontaminasi oleh pestisida, yang bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, penting untuk mencuci buah terlebih dulu sebelum memakannya.

Daging Olahan

Berbagai produk daging olahan seperti sosis, ham, kalkun dan hot dog mengandung bahan kimia yang membantu membuat daging terlihat fresh. Bahan kimia ini bisa memicu munculnya kanker pada tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Zat natrium nitrit dan natrium nitrat yang terkandung dalam daging olahan bisa meningkatkan resiko kanker usus besar.

Saus Tomat Dalam Kaleng

Saus tomat yang dijual kalengan rupanya mengandung bahan kimia yang disebut BPA atau bisphenol-A. Bahan ini sangatlah beracun bagi tubuh kita dan selain beracun, bahan ini juga bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker.

Gula Diet dan Produk Diet Kemasan

Berhati-hatilah waktu membeli produk yang menyematkan kata diet pada namanya. Pasalnya, gula diet bisa menyebabkan melonjaknya kadar insulin dalam tubuh. Sementara itu, produk makanan diet kemasan memiliki sukralosa, pemanis buatan dan sakarin dalam daftar bahan pembuatannya. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kanker sehingga lebih baik dihindari.

Makanan yang Dimasak Dengan Minyak Terhidrogenasi

Margarin dan mentega adalah dua contoh produk minyak terhidrogenasi yang paling sering digunakan oleh orang. Hati-hati ketika menggunakan minyak jenis ini. Alasannya yaitu karena minyak jenis ini membran selnya sudah rusak dan yang terkandung di dalamnya adalah lemak trans yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Nah, itu tadi beberapa makanan/minuman yang bisa menyebabkan kanker dan wajib kamu hindari kalau kamu tidak ingin membahayakan tubuh kamu. Pastikan kamu sangat berhati-hati waktu membeli produk makanan dan minuman karena tubuh kamu layak dirawat dengan sebaik-baiknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.