6 Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Pilih Kalau Ingin Lanjut S2 ke Luar Negeri

Siapa sih yang tidak mau lanjut sekolah, apalagi ke luar negeri? Tidak seperti dulu, sekarang ini sekolah tinggi, sampai ke luar negeri sekalipun, dan dibiayai penuh, bukan hal yang sulit dijangkau lagi.  

Kalau kamu hobi berburu beasiswa, tidak ada salahnya cek 8 dari beasiswa bergengsi ini.

LPDP

Siapa sih yang tidak tahu LPDP? Beasiswa yang dibawahi oleh kementrian keuangan ini dananya selalu bertambah tiap tahunnya. Kenapa LPDP dinilai sebagai beasiswa bergengsi? Soalnya untuk bisa lolos benar-benar butuh perjuangan. Bukannya susah ditembus, tapi memang benar adanya bahwa LPDP hanya memilih mereka yang tangguh dan tahan banting. Ada tiga tahapan yang harus kamu lalui di LPDP: pengumpulan berkas-berkas administrasi, tes TPA berbasis komputer serta penulisan esai on the spot, dan wawancara plus LGD (Leaderless Group Discussion). Kalau sudah lolos, kamu akan mendapatkan pembiayaan kuliah penuh sekaligus living allowance selama kuliah.

Beasiswa Dikti

Untuk kamu yang tertarik dalam bidang edukasi dan sudah jadi dosen, ini beasiswa yang tepat untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Dikti ini salah satu beasiswa yang paling populer di kalangan kampus. Kamu bisa pilih program BPP-DN (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri) atau BPP-LN (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri). Kalau sudah lulus S2 dan mau lanjut S3 pun, kamu bisa ikuti program PKPI (Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional) yang khusus untuk mahasiswa S3 yang ingin menambah pengalaman dan wawasan internasional.

Beasiswa Unggulan

Sama seperti dua beasiswa sebelumya, beasiswa unggulan juga menawarkan dua pilihan, kuliah di dalam atau luar negeri. Beasiswa ini ditawarkan oleh kementrian pendidikan. Maka itu, tak heran jika prioritasnya adalah jurusan pendidikan dan kebudayaan. Tahun ini, 5 jurusan prioritasnya adalah Pendidikan (PAUD dan PGSD), Kurikulum dan Pedagogi, Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, Perfilman, dan Seni Pertunjukan. Beasiswa ini terbuka untuk (calon) mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikan S1, S2, dan S3. Selain biaya pendidikan penuh, kamu juga akan dapat biaya buku, biaya hidup sehari-hari, biaya pendaftaran, biaya penelitian, dll.

Fulbright

Beasiswa yang satu ini memang setiap tahunnya selalu menyedot banyak peminat yang ingin lanjut kuliah di Amerika Serikat. Bukan cuma di Indonesia, beasiswa ini juga ditawarkan di banyak

negara. Makanya, nantinya kamu akan punya pengalaman dan wawasan internasional yang mumpuni jika sudah lulus. Karena memang dari AS, beasiswa ini hanya mengkhususkan lanjut kuliah di kampus-kampus Amerika Serikat. Ada beberapa jenis program dengan sasaran yang berbeda, seperti Fulbright Master of Science and Technology Initiative Degree Program, Fulbright Freeport Master Degree Program, dan masih banyak lagi. Beasiswa yang ditawarkan pun beasiswa penuh dari awal sampai akhir kuliah.

Chevening

Kalau kamu tertarik kuliah di Inggris, beasiswa ini bisa jadi pilihan. Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Inggris ini memang ditujukan untuk mahasiswa asing dari berbagai negara. Sama seperti Fulbright, beasiswa Chevening selalu jadi incaran banyak calon mahasiswa tiap tahunnya. Kamu bisa kuliah di kampus-kampus ternama di Inggris. Dan bukan cuma biaya kuliah penuh yang ditanggung, biaya perjalanan ke Inggris, biaya penulisan tesis, tunjangan hidup, sampai uang saku bulanan pun ditanggung. Menggiurkan, bukan?

Monbukagakusho

Beasiswa ini ditawarkan pemerintah Jepang kepada mahasiwa Indonesia untuk lanjut S2 di Jepang. Kamu bisa pilih berbagai kampus ternama di Jepang sebagai almamater. Asyiknya, beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas. Kamu akan mendapatkan biaya kuliah penuh sekaligus tunjangan hidup sampai lulus. Ada beberapa jenis program yang bisa kamu pilih, biasanya yang utama diumumkan tiap awal April.

Advertisements

One thought on “6 Jenis Beasiswa yang Bisa Kamu Pilih Kalau Ingin Lanjut S2 ke Luar Negeri”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.