Gaji UMR Bisa Cicil Rumah? Ini Dia Tipsnya!

Sandang, pangan, papan adalah tiga kebutuhan primer. Maka ga heran sih kalau milenial sekarang sudah mulai memikirkan beli rumah. Soalnya itu memang salah satu dari tiga kebutuhan primer. Bukan cuma yang sudah menikah saja, milenial yang masih lajang pun sekarang ini banyak yang sudah tertarik beli rumah untuk investasi.

Masalahnya, kalau gaji pas UMR, banyak yang tidak berani cicil rumah. Padahal sebetulnya gaji pas UMR saja masih bisa kok untuk cicil rumah. Begini tips untuk menyiasatinya.

Persiapkan Uang Mukanya

Biasanya, uang muka atau DP sebesar 20% dari total harga rumah. Cari tahu dulu berapa persisnya jumlah DP yang harus kamu bayarkan. Jangan lupa untuk persiapkan beberapa dana ekstra. Jangan cuma siapkan dana pas-pasan, karena pastinya akan ada banyak biaya tambahan.

Setelah itu, tentukan berapa lama kamu ingin uang untuk DP itu terkumpul, apakah enam bulan, satu tahun, satu setengah tahun, dan seterusnya. Mulai sisihkan gajimu setiap bulannya untuk DP rumah, sesuai dengan tenor yang kamu tentukan sendiri. Ingat, kamu harus disiplin untuk menyisihkan jumlah uang yang sama setiap bulannya sampai waktu yang ditentukan.

Kalau merasa kesulitan, kamu bisa gunakan aplikasi perencanaan keuangan untuk membantu mengontrol pengeluaran.

Lunasi Utang Terlebih Dahulu dan Disiplin

Sebelum mulai mencicil rumah, lunasi dulu cicilan, tunggakan, atau hutang yang kamu punya. Dengan begitu, fokus angsuranmu tiap bulannya hanya KPR rumah. Beban finansialmu jadi tidak begitu berat.

Peribahasa Hemat Pangkal Kaya memang benar adanya. Jadikan membeli rumah sebagai prioritasmu. Jangan terlalu mementingkan gaya dan gengsi. Mulai sekarang, ubah mindset-mu. Nongkrong bareng teman, makan di resto mewah demi feed IG, atau beli makanan/minuman kekinian cuma demi tren itu BUKAN prioritas. Jangan sampai kamu sampai harus menggunakan kartu kredit cuma demi gengsi.

Jangan Ngontrak

Kalau kamu memang ingin mandiri, jangan mengontrak. Kontrak rumah justru bisa membuat pengeluaran membengkak. Coba pikir, jika kamu kontrak atau kos rumah satu juta per bulan, artinya selama setahun kamu harus merogoh kocek sebesar dua belas juta. Padahal, uang segitu bisa kamu gunakan untuk menambah uang muka pembelian rumah.

Kalau pun kamu terpaksa harus mengontrak, setidaknya ajak beberapa orang teman, sehingga beban bayar kontrakan tidak jatuh sendirian ke pundakmu.

Pilih KPR

Kalau uang untuk DP sudah terkumpul, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengajukan KPR. Kamu harus riset dulu, mana bank yang menawarkan suku bunga KPR terendah. Saat mengajukan KPR, tentu kamu harus menyertakan slip gaji. Jika ternyata gajimu dininilai tidak cukup untuk mengajukan KPR, kamu bisa pilih KPR subsidi yang memang ditujukan untuk masyarakat yang penghasilannya rendah.

Kalau kamu pilih KPR subsidi, kamu punya banyak keuntungan, seperti harga rumah yang lebih murah, bunga flat 5 persen, dan jangka peminjaman bisa sampai 20 tahun. Syarat mengajukan KPR subsidi adalah gaji maksimal 4 juta rupiah dan belum pernah memiliki rumah sebelumnya.

Jangan Tunda-tunda

Seperti yang kamu tahu, harga rumah itu selalu naik tiap tahunnya. Makanya, kalau kamu memang niat punya rumah sendiri, segera mulai sekarang juga. Mulai rencanakan tabungan berjangka saat ini juga untuk DP rumah. Selama menunggu tabungan terkumpul, amati terus pergerakan harga rumah. Dengan begitu, kamu bisa antisipasi. Kalau ternyata pergerakannya cepat, kamu juga bisa mulai cari-cari penghasilan tambahan agar uang DP rumah cepat terkumpul.

Dan kalau tabungannya sudah terkumpul, jangan ditunda-tunda untuk mulai cari-cari rumah dan mengajukan KPR.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.