7 Kiat Jitu Untuk Jadi Milenial yang Sukses dan Mandiri di Usia Muda

Kaum milenial sekarang ini bisa dibilang lebih sukses ketimbang generasi sebelumnya di usia yang sama. Coba bayangkan, milenilal sekarang lebih kreatif. Bagi mereka, cari uang bukan melulu dari kantor. Jadi YouTuber, jadi selebgram, jualan online, adalah segelintir cara yang mereka lakukan untuk mendulang uang. Dan bukan cuma itu, masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan kaum milenial untuk meraih untung lewat internet, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh generasi sebelumnya di usia muda.

Makanya, bisa dibilang kita ini generasi yang beruntung. Jangan sia-siakan keberuntungan itu, jangan cuma jadi penikmat. Kamu juga harus mulai mengambil langkah menuju sukses seperti milenial yang terkenal lainnya. Siapa bilang kita tidak bisa jadi jutawan, bahkan milyuner, di usia muda? Ini yang harus kamu miliki untuk bisa sukses.

Melek Teknologi

Tentu saja, soalnya milenial justru mendulang uang dari internet. Setidaknya, kamu harus aktif dalam media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan LinkedIn. Mengoperasikan ponsel pintar dan tahu cara mengoptimalkan fitur-fiturnya bisa membantumu menciptakan konten yang kreatif, dan itu adalah salah satu cara untuk mendulang uang.

Kreatif

Berpikir out-of-the-box juga harus ada di daftar kemampuanmu kalau ingin bersaing di dunia konten kreatif. Pengen jadi selebgram, kamu harus buat feed semenarik dan seunik mungkin. Mau jadi YouTuber, kamu harus membangun channel dengan video yang beda dari yang lain. Intinya, kamu harus bisa menciptakan sesuatu yang beda kalau ingin viral dan terkenal.

Buat Bisnis

Bisnis di sini bisa online atau offline. Temukan passion-mu, lalu kembangkan bisnis di bidang itu. Dengan begitu, kamu jadi tidak cepat bosan dan tidak cepat menyerah jika dalam tahun pertama belum mendulang sukses. Ingat ya, bisnis itu sesuatu yang tidak pasti dan tidak bisa berhasil secara instan. Butuh kesabaran kalau ingin mengembangkan bisnis yang sukses.

Temukan Mentor

Kalau kamu tertarik buka bisnis, kamu harus belajar dari orang yang sudah sukses. Bisnis itu soalnya butuh uang yang tidak sedikit. Jangan sampai kamu rugi hanya karena salah langkah. Setidaknya, pelajari aturan-aturan dasar bisnis, seperti trik marketing, pelayanan konsumen, dan penyediaan barang.

Investasi

Ini dia yang lagi tren. Kaum milenial sekarang banyak yang sudah melek soal finansial. Mereka banyak mulai berinvestasi. Kamu juga bisa coba. Pilihannya beragam, dari mulai saham, reksa dana, investasi emas, sampai properti. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelajari dulu investasi yang ingin kamu pilih.

Kurangi Gaya Hidup yang Hedon

Bagi sebagian milenial, nongkrong di kedai kopi ternama, makan di resto mahal, shopping di mal-mal besar, beli fashion items dari brand ternama, sudah jadi bagian dari gaya hidup. Masalahnya, tidak semua orang benar-benar mampu secara finansial untuk melakukan itu semua. Banyak yang sampai memaksakan diri, gaji sebulan habis hanya untuk gaya tanpa bisa menabung, bahkan ada yang sampai hutang kartu kredit. Ini yang harus dihindari. Jangan cuma demi gengsi kamu jadi habis-habisan tiap bulan.

Hindari Hutang

Jangan karena kamu punya kartu kredit lalu kamu merasa bebas beli ini itu sesukamu. Ingat, kartu kredit hanya boleh digunakan di saat-saat darurat, bukan buat belanja. “Hutang” yang boleh kamu ambil cuma kredit rumah untuk investasi, sekiranya kamu tertarik untuk beli rumah, yang memang termasuk dalam kebutuhan primer. Selebihnya, biasakan untuk membeli  apapun semampumu. Jangan punya kartu kredit lebih dari satu, agar tidak tergoda berhutang ke depannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.