Pilih Mac atau Windows? Berikut 5 Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing

Dilema yang paling sering dialami orang yang mau beli laptop atau PC baru biasanya adalah; MAC atau Windows? Semua memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum beli, ada baiknya kamu baca dulu berbagai pertimbangannya berikut ini.

Mengapa Pilih Mac:

  1. Eksklusif

Kalau kamu pakai gadget dari Apple, seperti iPhone atau iPad, memang lebih baik untuk pakai Mac karena gadget sesama Apple akan lebih mudah untuk dikoneksikan. Kalau kamu pakai Windows sementara ponselmu iPhone, justru akan lebih sulit untuk disinkronisasikan.

2. Selamat Tinggal Bloatware

Apa sih bloatware? Itu adalah istilah untuk membersihkan berbagai software yang tidak digunakan agar kapasitas harddisk tidak kepenuhan. Kalau pakai Mac, tidak ada macam-macam software gratis yang sebenarnya tidak perlu-perlu amat, seperti game-game bawaan yang sering kamu temukan di WIndows. Jadi ga perlu repot bersih-bersih.

3. Software Bawaannya Lebih Berguna

Bukannya game-game gratisan yang sebenarnya tidak kamu perlukan, Mac membekali penggunanya dengan berbagai software yang cukup berguna, seperti Image Capture, Garage Band, dan iMovie. Semua itu sangat membantu kalau kamu suka transfer foto dari ponsel, membuat musik, dan edit foto.

4, Kalau Beli Mac, Kita Tahu Apa yang Kita Dapatkan

Maksudnya di sini adalah, kita tahu bahwa Mac itu dari Apple, dan memang cuma ada di toko resmi Apple. Kita juga tahu spesifikasinya dari tiap model yang dikeluarkan. Beda dengan WIndows. PC atau laptop Windows bisa dibuat oleh siapa saja, merk apa saja. Boleh saja tampilan luarnya sama, tapi bisa jadi dalamnya berbeda. Ini bisa jadi pertimbangan kalau kamu ga mau repot.

5. Trackpad

Sejauh ini sih, laptop Windows belum bisa menyaingin trackpad-nya Apple. Coba deh kamu pakai Macbook punya temanmu, kamu pasti merasakan betapa nyaman dan mudahnya pakai trackpad. Kontrolnya juga lebih enak ketimbang laptop WIndows.

Mengapa Pilih Windows:

  1. Banyak Pilihannya

Seperti yang tadi disebutkan, Mac itu cuma terbatas dari Apple, menjadikannya eksklusif buat kamu yang ga mau repot. Tapi, sebetulnya buat beberapa orang itu membuat pilihannya jadi terbatas. Semua fitur dan spesifikasi tergantung dari rilisan terbaru Apple. Seperti di Macbook 2017, port-nya diganti dengan USB tipe C, padahal kamu masih pakai card reader. Nah, kalau pakai Windows, kamu bisa pilih laptop dari dengan spesifikasi yang kamu suka, sesuai dengan budget yang kamu punya. Bisa pilih laptop low-end buat yang budgetnya terbatas, atau yang high-end kalau pengen performa bagus.

2. Gampang Unduh Aplikasi dan Software

Aplikasi dan software untuk Mac cuma bisa diunduh dari App Store, sedangkan untuk Windows, kamu bisa unduh dari mana saja. Terlebih lagi, WIndows punya banyak koleksi software yang bisa disesuikan dengan keinginanmu. Aplikasi gratis yang tersedia untuk Windows belum tentu bisa di-install di Mac.

3. Mudah Transfer Data

Kalau kamu pakai Mac dan android, kamu pasti merasakan betapa ribetnya transfer data. Itu karena gadget Apple memang cuma gampang dikoneksikan dengan sesama Apple. Beda dengan WIndows yang lebih fleksibel. Kalau laptop-mu WIndows dan kamu pakai iPhone, transfer data tidak begitu ribet seperti kalau pakai platform sebaliknya.

4. Cocok Buat Gaming

Kalau kamu hobi nge-game, lebih baik pilih Windows ketimbang mAC. Soalnya, pilihan laptop dan PC Windows itu banyak, kamu bisa pilih laptop yang hardware-nya canggih dan punya fitur-fitur gaming yang mendukung. Plus, kamu bisa merakit sendiri PC dan laptop-mu biar enak dipakai nge-game. Ingat, berbagai penyedia game selalu menggunakan Windows sebagai patokan jika mereka mengembangkan sebuah game, bukan Mac.

5. Gampang Dipersonalisasi

Kalau kamu pengen gonta-ganti tampilan, pakai tema yang lucu-lucu, atau skin pack yang keren dan siap pakai, kamu harus pilih Windows. Windows memungkinanmu untuk mengubah-ubah  tampilan desktop pakai berbagai aplikasi custom. Mac, sebaliknya, tidak bisa pakai teman dan skin pack lucu-lucu. Sulit untuk personalisasi Mac karena memang pilihan aplikasinya terbatas pada apa yang ada di App Store saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.