7 Venture Capital Asing di Indonesia yang Siap Mendanai Bisnis Startup-mu

Sebagai pelaku bisnis kecil, tentu kamu sudah tak asing lagi dengan istilah venture capital. Bagaimana tidak, venture capital itu kurang lebih sama seperti angel investor perannya, bisa membantumu dalam hal pendanaan awal. 

Sebetulnya, ada banyak venture capital alias VC di Indonesia ini, baik yang lokal maupun yang asing. Semuanya memberikan nilai investasi yang fantastis, dan siap membantumu mendanai bisnis di awal, dan bahkan ada yang mau mendanai sampai tahap akhir. 

Masalahnya, banyak yang belum pernah dengar beberapa nama VC, karena memang mereka jarang dipublikasikan, atau kiprahnya terbilang masih baru di pasar modal. Padahal, kalau kamu punya usaha startup, penting untuk tahu nama-nama VC di Indonesia untuk jadi referensi nantinya kalau-kalau bisnismu terhalang masalah modal. 

Nah, berikut ini adalah 10 nama VC asing yang telah masuk Indonesia dan telah banyak membantu berbagai startup di sini. 

CyberAgent Ventures

Source: startupcity.vn

Perusahaan VC yang berasal dari Jepang ini telah berhasil membantu Tokopedia, berdua bersama perusahaan VC lokal, East Ventures. VC ini bersedia membantu di tahap seed founding sampai seri D. Jumlah total investasi yang biasanya mereka berikan berkisar antara 1,6 miliar Rupiah hingga 142 miliar Rupiah. 

500 Startup

VC ini bisa dibilang cukup terkenal di dunia, karena memang pendirinya merupakan “mantan” pemiliki startup ternama di dunia, seperti Paypal, Facebook, Google, dan lain sebagainya. Itulah mengapa mereka kemudian tergerak untuk membantu berbagai pelaku bisnis kecil, karena mereka dulunya pun adalah pelaku bisnis kecil, sebelum jadi sebesar sekarang. Perusahaan ini masuk ke Indonesia dari tahun 2013, dan salah satu startup yang mereka bantu adalah Bukalapak. Mereka mau mendanai dari tahap seed sampai seri D, dengan total investasi berkisar dari 346 juta sampai 932 miliar Rupiah. 

Rebright Partners

Source: rebrightpartners.com

Perusahaan VC yang dibentuk oleh Takeshi Ebihara ini cuma fokus di area Asia Tenggara saja. Kamu bisalihat investasinya di bisnis aturduit, indotrading, dan masih banyak lagi. VC in siap mendanai berbagai bisnis startup di tahap-tahap awal, yakni seed founding dan seri A. Total jumlah investasinya berkisar antara 13 miliar sampai 53 miliar Rupiah. 

Fenox Venture Capital

Source: prnewswire.com

VC yang berasal dari Silicon Valley ini sebetulnya namanya sudah cukup sering didengar. Yang bikin untung dari VC ini adalah, kalau startup-mu berhasil didanai, kamu bukan cuma dapat modal, tapi bisnismu akan masuk ke dalam portofolio mereka, dan secara otomatis akan terhubung dengan berbagai perusahaan dan bisnis di Silicon Valley dan Jepang. Nantinya bisnismu jadi akan tumbuh dengan cepat. Total investasi yang diberikan mereka pada tiap startup berkisar antara 6,6 miliar sampai 133 miliar Rupiah. 

Gree Ventures

Source: glints.com

VC ini menjadi perusahaan yang paling aktif berinvestasi di Indonesia, dengan total dana segar yang cukup besar. Beberapa startup yang berhasil mereka danai adalah Berrybenka, Pricearea, Urbanindo, dan Bukalapak. VC ini mampu mendanai berbagai tahapan startup, dari mulai Seed sampai Seri D. Jumlah investasi yang diberikan berkisar antara 106 miliar sampai 667 miliar Rupiah. Angka yang fantastis, bukan? 

Monk’s Hill Ventures

Source: monkshill.com

VC yang satu ini hanya khusus untuk startup yang butuh didanai di tahap seri A. Meski baru saja masuk ke Indonesia, Monk’s Hill Ventures merupakan salah satu VC asing yang sangat aktif dalam investasi ke startup. Belum jelas startup apa saja yang telah berhasil mereka danai dan berapa jumlah total investasi yang mereka berikan. Namun menurut beberapa sumber, mereka bisa menyediakan dana sampai 33 miliar Rupiah untuk startup-mu. 

Mountain SEA Ventures

Source: mountainpartners.asia

Venture Capital yang berasal dari Swiss ini siap mendanai berbagai startup di Indonesia di tahap-tahap awal, dari mulai Seed sampai Seri A. VC asing yang bekerja sama dengan kejora ini mampu berinvestasi dengan total angka sebesar 200 juta Rupiah. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.