Kenali 6 Venture Capital Indonesia Berikut Untuk Pendanaan Bisnis Startup-mu

Mengingat kini milenial sudah semakin paham akan pentingnya berinvestasi dari sejak dini, banyak cara yang mereka lakukan untuk memutar uang. Salah satunya adalah dengan membuka usaha bisnis. Pelaku bisnis kecil sekarang ini memang tengah menjamur di Indonesia. Ada banyak startup dalam berbagai bidang yang bisa kamu temukan. 

Sebetulnya, kaum milenial itu kreatif ketika mencari ide dan peluang bisnis. Mereka bahkan bisa membangun sebuah tim yang solid untuk membangun sebuah bisnis. Masalahnya, banyak yang tidak paham soal pendanaan awal. Banyak yang bisnisnya lalu jadi setengah matang hanya karena kurang modal. 

Padahal, di luar sana ada banyak angel investor maupun perusahaan venture capital yang mau mengucurkan dananya bagi pelaku bisnis kecil yang baru merintis. Itu bisa jadi peluang emas yang bisa kamu manfaatkan. Sayangnya, banyak pelaku bisnis kecil yang tidak mampu memanfaatkan peluang tersebut. Mereka tidak siap untuk meraih kesempatan yang ada. Akhirnya ya bisnis jadi tidak berkembang. 

Nah, kalau kamu merasa dirimu milienial kreatif yang sedang mengembangkan startup tapi masih terhalang masalah modal, kamu harus kenali dulu perusahaan venture capital Indonesia agar bisa memanfaatkan kesempatan yang mereka berikan dalam bidang finansial.

East Ventures

Source: id.techinasia.com

VC (Venture Capital) yang satu ini sih sudah tidak asing lagi di telinga pelaku bisnis kecil. Bisa dibilang ini adalah VC pertama di Indonesia sejak tahun 2010, ketika startup masih diragukan banyak orang. East Ventures berinvestasi dalam berbagai tahap di startup, dari mulai tahap awal, seed, seri A, B, C, bahkan sampai seri D, dengan jumlah investasi kisaran 1,5 miliar Rupiah sampai 280 miliar Rupiah. Salah satu startup yang berhasil dibantu oleh mereka adalah Tokopedia.

Emtek Group

Source: dailysocial.id

Namanya mungkin memang tidak seterkenal East Ventures, tapi Emtek Group ini masuk ke dalam kategori VC Indonesia yang aktif mendanai banyak startup lokal. Salah satu startup yang berhasil didanai Emtek Group adalah Bukalapak. Jumlah besarannya pendanaannya sendiri tidak diketahui berapa, tapi kamu bisa coba kunjungi situs resmi mereka untuk informasi lebih lengkap. 

Convergence

Source: convergencevc.com

Banyak yang belum pernah dengar soal Convergence. Ini adalah VC yang merupakan bagian dari Bakrie Group. Perusahaan ini memiliki dana mencapai 333 miliar Rupiah yang siap dikucurkan pada berbagai startup di Indonesia. Tiap investasi yang diberikan kisarannya 13 sampai 20 miliar Rupiah. Sangat lumayan kan? 

Skystar Capital

Source: skystarcapital.com

VC ini terbilang masih baru, baru 2 tahun berdiri di Indonesia. Namun, usia muda bukan berarti VC ini tidak bisa dipertimbangkan. Soalnya Skystar Capital sampai saat ini merupakan satu-satunya VC yang resmi terdaftar jadi anggota di GAN (Global Accelerator Network), yang adalah asosiasi akselerator terbesar di dunia, Perusahaan ini membantu startup di tahap seed founding dan serI A, alias tahap awal dan pengembangan. Bukan cuma dana yang diberikan Skystar Capital, tapi juga network, karena perusahana ini juga membantu startup terhubung dengan berbagai relasi bisnis yang sekiranya sesuai dengan mereka. 

SB + ISAT

Source: techinasia.com

Perusahaan venture capital yang ini merupakan kerja sama antara Soft Bank dan Indossat, yang merupakan perusahaan telekomunikasi besar. VC ini memiliki dana sekitar 50 juta dolar yang siap dikucurkan ke startup-startup di Indonesia pada tahap awal. Untuk besaran nominalnya dalam tiap investasi memang tidak diketahui karena memang dirahasiakan. 

Ideosource

Source: techinasia.com

Sebagai VC lokal, Idesource memang jarang didengar namanya. Namun, VC ini memang bekerja tanpa banyak publikasi. Buktinya, ada banyak startup lokal yang telah berhasil mereka danai. Coba saja cek portofolionya. Dalam setiap investasi, tak tanggung-tanggung, mereka sanggup mendanai sampai 1 juta dolar. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.