Para Cewek, Yuk Pilih Pakaian yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuhmu

Kamu mungkin sudah tahu bahwa bentuk tubuh cewek terbagi menjadi 5 kategori: apel, pir, segitiga terbalik, jam pasir, dan persegi. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana cara memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. Padahal, kalau kita pilih baju yang sesuai, segala kekurangan dari bentuk tubuh kita bisa tertutupi, dan kelebihannya bisa semakin ditonjolkan. Dan itu artinya, kita bisa jadi lebih percaya diri. Iya kan?

Nih, kalau kamu masih belum begitu paham bagaimana cara memadukan pakaian dengan bentuk tubuh, berikut panduan yang bisa kamu ikuti. 

Bentuk Tubuh Jam Pasir

Source: stylesweekly.com

Beruntung kamu yang bentuk tubuhnya seperti jam pasir, karena bentuk tubuh ini bisa dibilang bentuk idaman para wanita, di mana bagian bahu dan dada proporsinya sama dengan pinggul, dengan area pinggang yang kecil. Untuk bentuk tubuh jam pasir ini, kamu bisa pakai celana atau rok pensil. Sedangkan untuk atasan, pilih yang lehernya model V. Akesorisnya bisa gunakan ikat pinggang besar untuk menonjolkan pinggangmu yang ramping. Hindari pilih baju yang longgar dan kebesaran karena akan membuatmu terlihat gendut. Kalau area dadamu cukup besar, hindari pakai atasan yang dadanya ketat ya. 

Bentuk Tubuh Pir

Source: Pinterest

Bentuk tubuh ini sering disebut juga dengan sebutan segitiga, karena orang yang tubuhnya seperti ini memiliki dada yang kecil, tapi pinggul, bokong, dan pahanya besar. Kamu yang merasa tubuhmu kurus tapi bagian bawah tubuh terbilang berisi bisa gunakan celana yang modelnya melebar di bawah untuk menyamarkan bokong yang besar. Pilih juga celana yang warnanya gelap untuk memberi kesan langsing pada kaki. Untuk atasan, pilih blus atau kemeja yang detailnya rumit dan banyak, seperti renda, kerah besar, lengan lebar, agar bentuk tubuh atas bisa terlihat lebih proporsional dengan bentuk tubuh bawah. Hindari bawahan yang ketat agar tidak membuat bagian kaki jadi terlihat lebih besar. 

Bentuk Tubuh Apel

Source: helenleeloves.com

Bentuk apel adalah tubuh yang cenderung besar di area atas, tapi tidak memiliki lekuk di bagian pinggang. Umumnya, cewek bertubuh apel dada dan perutnya cenderung besar dan lebar, tapi pinggul, kaki, dan pahanya kecil. Untuk yang bentuk tubuhnya seperti ini, coba deh kenakan dress model A-line untuk memberi ilusi lekuk pada pinggang. Dan karena kelebihanmu terletak di kaki, jangan ragu untuk memamerkan bentuk kakimu yang ramping dengan pakai skinny jeans. Hindari menggunakan atasan ketat, terutama di area dada. Jangan pilih motif atasan yang ramai dan berlebihan. Hindari juga ikat pinggang karena area perut nanti jadi terlihat semakin “penuh”. 

Bentuk Tubuh Segitiga Terbalik

Source: nickyinsideout.com

Kamu yang dadanya besar, berbahu bidang, tapi pinggulnya sempit berarti memiliki tubuh segitiga terbalik. Umumnya, bentuk tubuh ini dimilliki oleh mereka yang hobi berenang. Untuk yang tubuhnya segitiga terbalik, pilih atasan atau dress yang bahannya lemas dan tidak kaku, karena itu bisa menyamarkan area bahu yang bidang. Kalau bawahan, kamu bisa pakai yang potongannya lebar, seperti semi boot cut. Dress model A-line cocok juga dikenakan agar tubuh bagian bawah terlihat lebih berisi. Namun, hindari pakai tanktop atau atasan tanpa lengan, karena area bahumu jadi semakin terkespos. Jangan juga gunakan shoulder pad kalau pakai blazer. Untuk bawahan, hindari celana bermodel ketat seperti legging, skinny jeans, atau celana pensil ya. 

Bentuk Tubuh Persegi

Source: dailydoseofcharm.com

Bentuk tubuh persegi ditandai dengan pinggul dan bahu yang lebarnya sama, sehingga sekilas badan terlihat berbentuk seperti kotak. Cewek dengan tubuh persegi umumnya tidak mempunyai lekukan tubuh dan potongannya luru saja ke bawah dari bahu sampai pinggul. Biasanya dada dan bokongnya juga rata. Untuk pakaian, disarankan untuk menggunakan two-piece untuk menyamarkan bentuk tubuh yang rata. Bisa juga pakai dress model A-line. Kalau ingin pakai dress, bisa gunakan ikat pinggang besar seperti obi untuk memberi aksen pada pinggang. Agar pinggul terlihat lebih berisi, kamu juga bisa menggunakan rok model lipit. Hindari memilih pakaian yang terlalu pas badan, karena itu akan semakin menonjolkan bentuk tubuhmu yang lurus. Sebaliknya, hindari juga baju yang terlalu longgar atau kebesaran karena akan membuatmu “tenggelam”. Gunakan atasan berkerah tinggi untuk menyembunyikan area dada yang kecil. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.