10 Tanda Kanker Glioblastoma yang Wajib Kamu Perhatikan 

Sekarang ini, ada banyak sekali jenis kanker dan salah satunya adalah kanker otak. Kanker otak sendiri meliputi berbagai jenis kanker dan salah satu jenis kanker otak yang paling berbahaya yaitu kanker glioblastoma, jenis kanker yang diderita oleh mendiang Agung Hercules. Kanker Glioblastoma adalah salah satu jenis kanker paling agresif yang menyerang otak. Kanker ini terbentuk dari sel yang bernama astrosit.

Kanker ini bisa menyerang siapa saja di semua level usia. Namun begitu, kanker jenis ini lebih sering menyerang mereka yang sudah dewasa. Lantas apakah ada tanda-tanda yang mengindikasikan bahwa seseorang terserang kanker jenis ini? Jawabannya adalah iya dan kalau kamu mau tahu, berikut 10 tanda kanker gliobastoma yang wajib kamu catat.

Sakit Kepala

Salah satu gejala awal kanker glioblastoma yaitu sakit kepala. Biasanya gejala juga meliputi perubahan pola sakit kepala. Sakit kepala bisa juga berlangsung secara bertahap dan seiring berjalannya waktu, menjadi semakin sering dan semakin parah.

Mual atau Muntah Tanpa Sebab

Selain sakit kepala, mual atau muntah yang tak bisa dijelaskan juga menjadi salah satu tanda kanker glioblastoma. 

Masalah Penglihatan

Munculnya masalah penglihatan juga menjadi salah satu tanda kanker glioblastoma. Masalah penglihatan bisa saja datang dalam berbagai bentuk seperti hilangnya penglihatan tepi, penglihatan ganda, atau penglihatan kabur.

Hilangnya Sensasi

Tanda selanjutnya yaitu hilangnya sensasi di lengan atau kaki secara bertahap. Hal ini menyebabkan lengan dan kaki menjadi sulit digerakkan karena sensasi di bagian-bagian tubuh tersebut hilang.

Kesulitan Bicara

Tak hanya hilangnya keseimbangan tubuh, kesulitan bicara juga merupakan salah satu tanda kanker glioblastoma. Jika penderita merupakan orang yang suka berbicara ketika masih sehat, biasanya intensitas berbicaranya akan berkurang dengan sangat drastis.

Masalah Pendengaran

Di samping mengalami kesulitan berbicara, penderita juga akan mengalami masalah pendengaran yang membuat komunikasi menjadi lebih sulit.

Kebingungan

Penderita juga biasanya akan mengalami kebingungan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Gejala ini bisa terlihat dengan sangat mudah. Pasalnya, kebingungan yang dialami penderita saat melakukan aktivitas sehari-hari akan terlihat sangat mencolok bagi mereka yang jeli.

Kepribadian Berubah

Kanker jenis ini bahkan bisa menyebabkan berubahnya diri sang penderita. Biasanya, penderita akan menunjukkan perubahan perilaku. Apabila sudah semakin memarah, perubahan perilaku bisa berlanjut ke berubahnya kepribadian. Hal ini tentu sangat menyakitkan bagi orang sekitar karena dengan berubahnya kepribadian sang penderita, sang penderita akan terasa seperti pribadi yang lain.

Kejang

Biasanya kejang juga menjadi tanda kanker glioblastoma. Tanda ini bisa menjadi indikasi yang sangat jelas terutama ketika penderita tidak memiliki riwayat kejang sebelumnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika gejala-gejala tersebut muncul? Kalau salah satu atau lebih dari satu gejala di atas muncul, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter agar perawatan yang tepat bisa segera diberikan.

Tentu saja, tidak ada salahnya mengambil langkah-langkah preventif untuk menurunkan risiko terserang kanker glioblastoma. Salah satu langkah preventif yang bisa diambil yaitu dengan cara hidup sehat. Mulailah mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung karsinogen seperti gula, daging merah dan makanan yang mengandung zat pewarna dan pengawet.

Selain menghindari makanan yang mengandung karsinogen, imbangi juga dengan makan makanan yang masuk dalam kategori super food. Makanan-makanan yang masuk dalam kategori ini yaitu brokoli dan jahe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.