10 Cara Ampuh Untuk Melawan Stress dari Rutinitas Sehari-hari

Lahir dan besar di kota besar, menimba ilmu, apalagi kemudian mencari nafkah di sana, memang rentan terkena stress. Bagaimana tidak, setiap hari kamu “dipaksa” untuk mengikuti ritme hidup yang cepat dan cenderung terburu-buru. Belum lagi padatnya penduduk, banyaknya volume kendaraan, bising, dan polusi juga menjadi penyebab tambahan mengapa kita sulit untuk bisa rileks. 

Padahal, kita tahu bahwa stress itu bisa menyebabkan penyakit fisik. Jika dibiarkan, tubuhmu akan jadi sakit. Maka dari itu, kita disarankan untuk bisa mengelola stress dengan baik. Masalahnya, bagaimana kita bertahan untuk tetap “waras” di tengah hiruk-pikuknya kota besar? 

Kalau kamu merasa rutinitasmu sudah terlalu mencekik dan kamu butuh sesuatu untuk menyegarkan pikiran, mungkin kamu bisa coba 10 cara berikut untuk mengatasi stress di kota besar. 

Liburan!

Ini adalah cara penghilang stress yang paling asyik. Siapa sih yang tidak suka lepas sejenak dari rutinitas dan pergi ke tempat yang jauh lebih asri dan tenang? Gunung dan pantai adalah dua tempat pelarian favorit para penduduk kota besar yang ingin melepas penat. Dan liburan akan terasa dua kali lebih asyik kalau tidak direncanakan alias dadakan. 

Yoga

Sudah pernah coba yoga? Kalau belum, kamu wajib banget coba olahraga yang satu ini. Yoga bisa membantumu  merilekskan pikiran setelah seharian penat di tempat kerja. Coba untuk daftar kelas yoga di malam hari setelah pulang kantor. 

Rehat Sejenak

Disarankan untuk ambil libur atau cuti secara rutin. Buat wanita, kamu berhak lho dapat cuti di hari pertama dan kedua menstruasi. Kamu bisa gunakan jatah cuti tersebut untuk benar-benar menenangkan diri di rumah. 

Me-Time

Sesibuk-sibuknya dirimu, jangan lupa untuk me-time. Menghabiskan waktu dengan dirimu sendiri itu terbukti baik bagi kesehatan mental lho. Coba sesekali makan sendiri di restoran, nonton film yang ingin kamu tonton sendiri di bioskop, atau rancang spa pribadi di rumah. Intinya, manjakan dirimu. 

Sering-sering Buat Janji Temu dengan Sahabat

Meski mungkin sekarang kalian sama-sama sibuk untuk bisa terus bersama-sama seperti dulu, bukan berarti kamu tidak bisa secara rutin hang out dengan sahabat-sahabatmu. Sering-sering buat janji temu dengan mereka, apalagi di akhir pekan. Berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayang itu terbukti bisa menurunkan kadar stress lho. 

Memelihara Binatang

Kalau kamu tidak ada masalah dengan bulu atau kotoran binatang, boleh coba rawat hewan peliharaan. Berinteraksi dengan hewan bukan cuma bisa menurunkan kadar stress, tapi bisa juga menurunkan tekanan darah. Coba bayangkan, setelah kamu lelah seharian di tempat kerja, pulang ke rumah ada kucing lucu yang menunggumu untuk diajak bermain dan dimanjakan. 

Menulis Jurnal

Rajin menulis jurnal setiap hari bisa membantu mengeluarkan berbagai perasaan yang kamu pendam. Memendam perasaan itu bisa berujung stress dan depresi lho. Makanya tidak boleh diremehkan. Usahakan untuk bisa menemukan cara agar apa-apa yang kamu pendam bisa keluar. 

Luangkan Waktu untuk Menekuni Hobi


Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk menekuni hobimu. Sesibuk apapun kamu, ingat bahwa tidak ada yang lebih penting selain melakukan sesuatu yang bisa membuatmu senang. Melakukan sesuatu yang kamu sukai, apalagi jika berhubungan dengan proses kreatif, bisa sangat membantu untuk meredakan stress. 

Merawat Diri

Percaya tidak, kalau kamu merasa puas dengan dirimu sendiri, kamu akan bisa menjalani hari dengan santai. Itulah mengapa merawat diri itu penting banget. Kamu harus merasa puas dan bangga dengan dirimu sendiri, di mana kamu bisa tersenyum senang saat bercermin, bukannya malah mengkritik diri. Saat itulah kamu akan bisa menghadapi apapun yang terjadi sepanjang hari. 

Pijat

Coba buat janji dengan terapis pijat di dekat rumah. Pijat bisa membantu merilekskan tubuh yang kaku akibat lelah beraktivitas. Apalagi kalau pijatnya menggunakan minyak aromaterapi. Dijamin, bukan cuma tubuhmu saja yang segar setelahnya, pikiranmu juga. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.