Lifestyle Tips

10 Tips Mudah Untuk Mengatasi Insomnia Sendiri di Rumah

Kamu sering merasa tidak bisa tidur di malam hari dan baru bisa istirahat menjelang pagi? Kamu kesulitan untuk rileks ketika sudah berbaring di tempat tidur? Kamu merasa energimu masih penuh untuk bisa tidur di malam hari? Kalau ya, kemungkinan kamu mengidap insomnia. Kondisi ini sebetulnya berupa penyakit, dan tidak bisa didiamkan begitu saja. 

Mengapa? Karena kalau dibiarkan, tubuhmu jadi tidak mendapat istirahat yang cukup. Akibatnya, esok harinya kamu jadi susah fokus, letih, pusing, dan tidak semangat. Dalam jangka panjang, tentu ini bisa berbahaya karena bisa merusak fungsi organ tubuh, karena organ-organ tersebut kurang mendapat waktu istirahat. Ngeri kan?

Maka itu, sebelum terlambat, segera atasi insomniamu. Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara tapi belum berhasil juga, mungkin kamu harus coba 10 trik berikut ini. 

Jangan Main Ponsel

Setidaknya, beri waktu tubuhmu untuk istirahat dari gawai selama kurang lebih satu jam sebelum tidur. Jangan main ponsel sebelum tidur, karena sinar yang keluar dari ponsel itu bisa mengelabui otak dan membuatmu berpikir bahwa hari masih siang. 

Jauhkan Gawai dari Kamar

Usahakan juga agar tidak ada barang elektronik di kamarmu. Menurut feng shui, seharusnya kamar hanya berisi tempat tidur, sesuai fungsinya sebagai tempat untuk tidur. Jangan pernah meletakkan barang-barang yang bisa mengganggu niatmu untuk tidur, seperti laptop, televisi, PC, dan ponsel. Dan itu memang terbukti benar kalau kamu ingin istirahat dengan benar. 

Minum Teh Herbal

Minum secangkir teh hangat sebelum tidur terbukti bisa menimbulkan rasa kantuk. Salah satu teh yang bisa kamu coba adalah chamomile, yang terbukti bisa membuat tubuh rileks. 

Gunakan Essential Oil

Kalau kamu belum pernah dengar tentang khasiat EO (Essential Oil), kamu harus coba sekarang. Ada banyak jenis EO dengan masing-masing fungsinya bagi kesehatan tubuh. Namun yang paling sering digunakan untuk memancing kantuk adalah lavender. Diffuse EO lavender di kamar saat waktu tidur tiba. 

Disiplinkan Tubuhmu

Tubuh harus tahu kapan saja waktu untuk makan, beraktivitas, dan tidur. Maka itu, atur rutinitasmu setiap hari. Tentukan kapan waktu untuk tidur. Kalau kamu membiasakan diri untuk “memaksa” tubuh tidur tiap jam 10 malam, lama-lama tubuhmu akan terbiasa dan otomatis akan mengantuk tiap menjelang pukul 10 malam. 

Olahraga Malam

Siapa bilang olahraga cuma bisa dilakukan di pagi hari? Kamu bisa ke gym sepulang kantor, atau lari keliling kompleks ketika matahari sudah terbenam. Manfaatnya, tubuh akan kehabisan energi dan otomatis akan mengantuk. 

Meditasi

Sudah pernah coba meditasi? Banyak orang yang merasa kesulitan untuk duduk tenang dan mengendalikan pikiran. Padahal, meditasi itu tidak sesulit itu kok. Jangan coba mengendalikan pikiran, kamu justru harus duduk diam dan fokus pada keluar masuknya napas. Kalau ada pikiran mengganggu, ingatkan dirimu untuk kembali fokus ke napas. Kalau dilakukan dengan benar, dalam hitungan menit kamu sudah akan rileks dan bisa dengan mudah tidur. 

Redupkan Lampu

Setiap sudah memasuki jam tidur, redupkan atau matikan lampu, sehingga tubuhmu otomatis akan tahu bahwa ini saatnya untuk tidur. Kalau setelah lampu redup atau padam kamu masih kesulitan untuk tidur, kamu bisa tetap pejamkan mata dan meditasi sambil berbaring. 

Pasang Instrumen Musik yang Menenangkan

Pernah dengar soal instrumen musik yang berisi kalimat-kalimat hipnosis untuk menenangkan diri? Kalau belum, kamu bisa cari di YouTube “Music Guide to Relaxation and Deep Sleep”. Kamu bisa dengarkan pakai headset, dan ikuti instruksi yang diberikan. Musik itu berisi kalimat-kalimat hipnosis samar yang tidak terdengar tapi bisa masuk langsung ke alam bawah sadar. Efeknya, kamu akan rileks dan bisa tidur nyenyak. 

Baca Buku

Kalau kamu termasuk orang yang kurang suka baca buku, coba paksakan diri untuk membaca sebelum tidur. Dijamin, tak lama kemudian kamu pasti mengantuk dan ketiduran. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: