9 Jenis Penyakit Otak yang Wajib Kamu Tahu 

Kalau ada yang bertanya organ apa yang paling penting di tubuh kita, sudah pasti otak jawabannya. Alasannya tentu karena otak lah yang memberi perintah ke semua anggota tubuh agar bisa menjalankan tugasnya masing-masing. Di dalam otak terdapat pembuluh darah yang menjadi pusat pengendalian gerakan tubuh. Namun, meski menjadi bagian paling penting di tubuh manusia, bukan berarti otak kebal terhadap segala macam penyakit. Berikut penyakit yang bisa menyerang otak yang perlu kamu tahu.

Meningitis

Bila otak mengalami peradangan parah yang disebabkan oleh iritasi, kerusakan membran pelindung sistem syaraf pusat bisa terjadi. Meningitis sendiri sebenarnya merupakan selaput halus yang melapisi otak dan syaraf tulang belakang agar otak tetap dalam kondisi sehat. Nah, jika selaput ini terserang virus dan bakteri, peradangan akan terjadi dan menyebabkan penyakit meningitis. Penyakit ini adalah penyakit otak yang paling sering terjadi pada manusia.

Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak dan bisa menyerang baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Apabila stroke tidak kunjung sembuh, pembuluh darah menuju otak bisa tersumbat dan iritasi pun bisa terjadi. Selain iritasi, peradangan dan pembengkakan kronis yang menyebabkan penderita kehilangan kemampuan motorik atau bahkan mengalami penurunan kecerdasan juga bisa terjadi bila stroke tidak kunjung sembuh.

Dimensia

Penurunan fungsi otak yang ditandai dengan gejala unik yang menyebabkan penderita sering melamun, berkhayal, tersesat atau bahkan mengalami panik tiba-tiba dalam dunia medis disebut dengan istilah dimensia. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh kerusakan syaraf otak yang terjadi di beberapa bagian otak seperti otak kecil, otak tengah dan otak besar.

Kanker Otak

Kanker otak bisa terjadi ketika ada aktivitas sel otak yang mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Ini bisa terjadi karena serangan radikal bebas yang menyebabkan sel tadi berubah menjadi sel kanker dan menyebabkan kanker otak.

Parkinson

Tubuh yang mulai limbung dan ketidakmampuan untuk berdiri atau berjalan secara normal menjadi gejala awal yang menandai penyakit parkinson. Kemudian kondisi akan berlanjut ke tahap di mana tubuh akan gemetaran dan tangan bergerak terus menerus. Hal itu disebabkan karena ada penurunan dopamin sebesar lebih dari 80% di dalam otak.

Epilepsi

Epilepsi adalah penyakit otak yang berkaitan dengan ketidakseimbangan sinyal elektrik otak yang disertai dengan lambatnya respon yang mengakibatkan terjadinya kejang-kejang dan menurunnya kesadaran diri. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena syaraf-syaraf yang ada di otak mengalami gangguan.

Skizofrenia

Skizofrenia merupakan penyakit otak yang disebabkan oleh ketidakseimbangan sel-sel kimia di dalam otak. Penderita biasanya akan mengalami kesulitan dalam membedakan apa yang nyata dan apa yang tidak nyata. Selain itu, penderita juga biasanya akan berhalusinasi sepanjang waktu.

Alzheimer

Tanda awal penyakit alzheimer adalah menurunnya daya ingat penderita. Hal ini kemudian diikuti dengan hilangnya intelektualitas sang penderita secara drastis. Setelah itu, penderita akan mulai mengalami kesulitan berbicara dan ketidakmampuan dalam menganalisa peristiwa yang sedang ia alami.

Ataxia

Penyakit otak juga bisa terjadi karena benturan keras. Salah satu penyakit otak yang bisa terjadi akibat terjadinya benturan keras adalah ataxia. Penyakit ini terjadi ketika benturan yang terjadi membuat otak kecil mengalami kerusakan. Efeknya adalah sang penderita tidak akan mampu mengenali orang lain bahkan dirinya sendiri. Namun kabar baiknya, dengan penanganan medis yang tepat, ketidakseimbangan yang terjadi di otak kecil sang penderita bisa dipulihkan kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.