Ini Dia 10 Cara Agar Kamu Terhindar Dari Penyakit yang Menyerang Otak!

Kanker otak dan penyakit lain yang menyerang otak tak salah lagi merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Bagaimana tidak? Otak merupakan bagian terpenting di tubuh manusia. Nah, kalau kamu mau terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang otak, berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan.

Lakukan Pemeriksaan MRI

Ada beberapa situasi yang bisa menjadi indikasi bahwa kamu harus mempertimbangkan melakukan pemeriksaan MRI. Situasi-situasi tersebut meliputi saat-saat di mana kamu sering merasakan sakit kepala yang hilang timbul atau bahkan tidak pernah sembuh, saat kamu berjalan limbung, saat kamu muntah-muntah tanpa sebab, saat anggota badan yang menopang gerakan mengalami kelemahan secara bertahap, saat kamu merasa sempoyongan atau merasakan gejala seperti vertigo dan saat penglihatanmu mengalami penurunan dan tidak bisa diatasi dengan kacamata.

Pastikan Pola Makanmu Sehat

Agar kamu terhindar dari penyakit yang menyerang otak, pastikan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan makanan yang kamu konsumsi mengandung gizi yang seimbang. Perbanyak manakn buah, sayur dan biji-bijian. 

Batasi Asupan Lemak

Selain mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, jangan lupa juga untuk membatasi asupan lemak. Kenapa? Karena lemak adalah akar dari berbagai penyakit apalagi jika sudah ada begitu banyak lemak yang tertimbun dalam tubuh.

Hindari Mengonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter

Pastikan kamu tidak mengkonsumsi obat tanpa mendapat resep dari dokter. Alasannya adalah karena kesalahan dalam penggunaan obat bisa merangsang pertumbuhan sel kanker.

Berhenti Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Untuk memastikan kamu tidak terserang penyakit otak, pastikan kamu tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan menjauhkan diri dari asap rokok.

Olahraga Secara Teratur

Olahragalah secara teratur untuk memastikan tubuhmu dalam keadaan sehat dan bugar. Namun ingat, olahraga juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pastikan aktivitas olahraga yang kamu lakukan berada pada porsi yang cukup, tidak terlalu sedikit sehingga tidak ada efeknya tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga menyiksa tubuh.

Hindari Makanan-makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan lebih baik kamu hindari kalau kamu tidak mau berada dalam risiko terkena penyakit otak. Jenis-jenis makanan tersebut meliputi makanan yang dibakar, yang diasap, yang diawetkan dengan nitrit dan yang mengandung zat-zat kimiawi buatan.

Periksa Ke Dokter Secara Teratur

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur sangatlah penting agar langkah pencegahan bisa diambil ketika ditemukan hal-hal yang bisa membuatmu berada dalam risiko terserang penyakit otak.

Jangan Stress Berat

Salah satu kunci hidup sehat adalah dengan menghindari stress. Hal ini menjadi lebih penting ketika penyakit yang ingin kamu hindari adalah penyakit yang menyerang otak. Maka dari itu, agar kamu terhindar dari penyakit otak, pastikan kamu tidak stress berat, sempatkanlah waktu untuk beristirahat dan jangan lupa untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang sifatnya refreshing. Alasannya adalah karena aktivitas refreshing bisa membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan stress yang dirasakan oleh otak dan tubuh.

Batasi Radiasi

Satu lagi cara yang bisa kamu lakukan yaitu membatasi dirimu dari radiasi gadget. Seperti yang telah kita ketahui, gadget seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya memiliki radiasi yang bisa membahayakan otak. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak terlalu sering mendekatkan gadget ke arah kepala, tidak membiarkan smartphone dan laptop dalam keadaan menyala saat tidur, membatasi penggunaan gadget dan menggunakan handsfree saat melakukan panggilan dengan smartphone dalam waktu yang lama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.