GERD Ternyata Berhubungan dengan Kecemasan: Begini 10 Cara Mengatasinya

Tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah cemas, bahkan orang yang terlihat paling santai pun pasti pernah cemas. Cemas sebetulnya adalah hal yang wajar. Perasaan tersebut merupakan mekanisme pertahanan diri untuk menghindar dari bahaya yang mungkin terjadi. Namun, rasa cemas menjadi tidak wajar jika munculnya berlebihan, dan bahkan bisa mengganggu aktivitas harian. 

Keadaan itulah yang disebut dengan gangguan kecemasan. Penderitanya merasa selalu terancam oleh sesuatu yang sebetulnya irasional dan selalu dalam mode “fight or flight”. Selain mengganggu ketenangan pikiran, kondisi ini ternyata juga bisa memicu GERD. 

Pernah dengar soal GERD? GERD adalah penyakit asam lambung kronis di mana penderitanya asam lambungnya selalu naik dan merasakan efeknya yang tidak nyaman, seperti perut kembung, dada sesak dan nyeri, tenggorokan terasa terbakar, rasa sulit menelan, dan bahkan bisa memicu diare dan muntah. Semua itu disebabkan oleh otot cincin di ujung kerongkongan yang tidak berfungsi dengan benar, sehingga tidak terbuka otomatis. 

Sebetulnya asam lambung naik itu tidak berbahaya. Namun, jika terjadi 2-3 kali dalam seminggu, itu sudah masuk kategori kronis dan disebut dengan GERD. 

Menurut studi yang diterbitkan di Alimentary Pharmacology and Therapeutics di tahun 2007, mereka yang mengalami gangguan kecemasan berisiko dua sampai empat kali terkena GERD ketimbang mereka yang tidak. 

Mengapa? Karena saat cemas, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak dari kondisi normal. Ditambah lagi, kecemasan juga bisa menurunkan produksi hormon prostaglandin, yang adalah hormon untuk melindungi lambung dari cairan asam. 

Gejala-gejala GERD yang disebabkan oleh kecemasan biasanya meliputi: 

  • sulit menelan
  • nyeri dan sesak di bagian dada
  • batuk kering
  • nyeri dan terasa panas di tenggorokan
  • suara serak, terutama setelah bangun tidur
  • mual dan muntah
  • diare
  • bau mulut

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Tentunya kamu harus mengelola kecemasanmu. Berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah GERD:

Sering-sering Tertawa

Tawa adalah obat stress terbaik. Sering-sering bercanda dan menonton acara-acara lucu untuk memancing tawamu. 

Olahraga Teratur

Rasa cemas bisa dialihkan dengan olahraga. Selain itu, olahraga juga bisa membuat rileks otot-otot yang kencang dan memproduksi hormon alami pereda stress. 

Tidur Cukup

Jangan sampai kurang tidur. Usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam per hari. Kalau kamu sulit tidur, lakukan cara-cara untuk memancing kantuk. 

Hindari Makanan Pemicu

Makanan pemicu GERD di sini adalah yang pedas, berlemak, dan yang asam. Cokelat dan kafein juga bisa memicu naiknya asam lambung lho. 

Yoga

Yoga sudah terbukti mampu menekan kecemasan dan stress. Karena itu, kamu bisa daftarkan diri ke kelas yoga sekarang, atau latihan sendiri di rumah. 

Kurangi Media Sosial

Salah satu penyebab utama kecemasan ternyata adalah media sosial. Jadi, coba kamu detoks sejenak dari berbagai medsos dan habiskan waktu lebih banyak di dunia nyata. 

Menerima Kecemasan

Rata-rata orang yang dilanda serangan cemas selalu berusaha menolak atau melarikan diri darinya. Padahal, kecemasan justru akan lebih mudah dikontrol kalau kita menerimanya sebagai bagian dari hidup. Rasakan, setelah itu lepaskan. 

Kenali Gejala Kecemasan

Setiap orang memiliki gejala serangan cemas yang berbeda-beda. Namun umumnya berupa tangan dan kaki yang dingin, napas berat, sakit perut, perasaan tegang, dan jantung berdebar. Kalau kamu sudah mulai merasa cemas, segera kontrol napasmu. Ambil napas, tahan, dan buang, lakukan semuanya dalam masing-masing 7 hitungan. 

Meditasi

Luangkan waktu sejenak setiap harinya selama setidanya 10-15 menit untuk duduk tenang dan berdiam diri. Fokus pada napas dan biarkan tubuhmu dalam keadaan rileks tapi tetap terjaga. 

Minum Air Hangat Campur Perasan Lemon

Setiap pagi, setelah sarapan, biasakan diri untuk minum segelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon. Cara ini terbukti ampuh untuk meredakan gejala asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.