Mobil Tesla 3: Apa Sih Keunggulannya Dibanding Mobil Listrik Lainnya?

Sekitar bulan Agustus lalu, salah satu mobil listrik super canggih, Tesla 3, akhirnya berhasil mendarat di Indonesia. Mobil listrik yang ramah lingkungan ini berhasil diboyong dari Amerika Serikat oleh importir tanah air, Prestige Motorcars. 

Seperti yang biasa terjadi, tentu mobil-mobil canggih seperti ini selalu menarik minat artis dan mereka yang berduit, khususnya yang memang minat dengan otomotif. Salah satunya adalah Deddy Corbuzier. Mantan mentalis ini rupanya jadi pembeli pertama dari Tesla 3. Ia memamerkan mobil canggih dengan varian warna Midnight Silver Metallic itu di akun YouTube-nya. Menurut Deddy, menyetir Tesla 3 sama seperti pakai smartphone. 

Kok bisa begitu? 

Spesifikasi Tesla 3

Source: tesla.com

Sebagai mobil canggih, user interface di dalam mobil ini bisa mengatur berbagai hal penting seputar kendali setir. Bukan cuma itu, kamera mundur yang terpasang di sini juga diklaim sangat detail. Bayangkan, bukan cuma meter lagi satuan jaraknya, tapi sentimeter!

Dalam urusan pacu, Tesla 3 mampu melaju dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik! Bayangkan secepat apa mobil ini kalau dipakai ngebut. Kecepatan maksimumnya mencapai 225 km/jam. Untuk ukuran sebuah mobil listrik yang terbilang masih baru di dunia otomatif, ini bisa dibilang sudah oke banget. Itu berlaku untuk varian standard range plus, yang juga menggunakan penggerak roda belakang saat bergerak. 

Ada lagi varian long range. Yang ini bisa dibilang sebagai “kakak”nya versi standard tadi. Kecepatannya bisa mencapai 100 km/jm hanya dalam waktu 4,4 detik, dengan kecepatan maksimum 233 km/jam. Sedangkan sistem penggeraknya menggunakan semua roda. 

Terakhir, ada varian Tesla Model 3 Performance. Yang ini lebih keren lagi. Kecepatan 100 km/jam bisa ditempuh dari dalam keadaan diam hanya dalam waktu 3,2 detik! Kecepatan maksimumnya mencapai 261 km/jam. 

Masing-masing jarak tempuhnya berbeda-beda, tergantung varian kendaraan. Untuk sekali pengisian daya, jarak tempuhnya bisa mencapai mulai dari 386 km sampai 499 km. 

2020 Porsche Taycan

Source: motor1.com

Coba kita bandingkan dengan mobil listrik pertama keluaran Porsche ini. Dengan embel-embel merk Porsche yang memang mewah, banyak yang penasaran seperti apa mobil listrik besutannya. 

September lalu, Porsche akhirnya mengeluarkan mobil listrik andalannya, Porsche Taycan. Mobil sport empat pintu ini memiliki beberapa varian. 

Yang pertama adalah versi Turbo S. Kendaraan ini dalam melaju dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,6 detik! Dibandingkan dengan Tesla 3, jelas ini lebih unggul. Namun tak usah heran, kan pada dasarnya Porsche itu memang produsen mobil sport. Meskipun begitu, dibandingkan dengan mobil Tesla model yang lain, yakni model S, Porsche Taycan kalah 0,2 detik, karena Tesla S mampu meraih kecepatan yang sama hanya dalam waktu 2,4 detik saja. 

Kalau soal pengisian daya, tampaknya Taycan benar-benar bisa merebut hati konsumen. Sistemnya menggunakan pengisian daya 800 volt (rata-rata mobil listrik cuma menggunakan pengisian daya 400 volt), yang memungkinkan kendaraan diisi daya hanya dalam tempo waktu singkat. Hanya dengan proses pengisian daya kurang dari 10 menit saja, mobil ini bisa menempuh jarak sampai 193 km. 

Kalau soal inovasi alat dan desain, Taycan ini menggunakan logo Porsche efek kaca yang kemudian disambungkan dengan cahaya LED di bagian belakangnya. Jadinya keren banget! Bagian dalamnya pun bagian panel kontrolnya menggunakan sentuhan jari atau perintah suara. Kamu cuma tinggal bilang, “Hey Porsche”. Mobilnya akan dengan patuh mengikuti perintahmu. 

Jadi, mobil listrik mana nih kira-kira yang mau kamu beli tahun ini? 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.