10 Cara Cerdas Untuk Bisa Pensiun di Bawah Usia 40 dan Hidup Sejahtera

Siapa sih yang tidak mau hidup enak dengan penghasilan yang stabil, semuanya terjamin, dan tidak perlu memikirkan soal kebutuhan hidup? Semua itu baru bisa diraih saat kita sudah pensiun, dengan catatan kita pensiun dari pekerjaan yang menjanjikan pesangon besar, berikut jumlah tabungan tak terbatas yang sudah kita kumpulkan dari sejak masih muda. 

Namun, bagaimana kalau masa pensiun itu dipercepat? Soalnya, rata-rata kaum milenial sudah berhasil mendapatkan pundi-pundi uang di usia yang masih terbilang muda, beda dengan generasi Z yang rata-rata baru bisa menghasilkan uang di usia kerja. Di zaman canggih dan era teknologi sekarang ini, cari uang bisa dengan gampang dilakukan, bahkan oleh yang masih sekolah sekalipun. 

Kalau kamu sebagai kaum milenial terigur untuk pensiun muda, ini 10 hal yang harus kamu persiapkan. 

Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Tidak perlu menunggu sampai lulus kuliah kalau kamu ingin mendapatkan uang. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan uang bagi anak kuliahan, seperti misalnya jualan online, jadi dropshipper, atau bahkan menulis. Disiplinlah pada diri sendiri sehingga kuliah dan cari uang bisa berjalan bersisian tanpa saling mengganggu. 

Buat Anggaran Keuangan

Kalau kamu sudah punya uang sendiri, pasti rasanya sayang untuk membelanjakannya begitu saja. Maka itu, catat semua prioritasmu, apa-apa saja yang memang kamu butuhkan. Lalu, beli satu per satu kalau uangmu sudah lebih, bukan sudah cukup. Jangan lupa untuk catat semua pengeluaranmu tiap harinya. 

Jadikan Menabung Sebagai Prioritas

Berapapun penghasilanmu, masukkan setengahnya ke dalam tabungan. Selalu prioritaskan menabung ketimbang nongkrong-nongkron sambil jajan di mall. 

Investasi

Ada banyak jenis investasi sekarang ini. Kamu bisa pilih mana yang sekiranya sesuai dengan keadaan keuanganmu. Pahami dulu seluk beluk soal investasi. Ikuti berbagai pelatihan dan seminar soal ini. Kalau masih pemula, kamu bisa coba investasi yang tergolong “aman”, seperti misalnya investasi emas. 

Hindari Hutang

Hutang itu bukan cuma meminjam uang pada teman dan kerabat, tapi juga kredit dan cicilan. Sebisa mungkin, hindari gaya hidup berhutang. Jangan pernah tergoda untuk melakukan pinjama online. Tidak perlu menggunakan kartu kredit kalau tidak mendesak. 

Cari Penghasilan Tambahan

Mungkin penghasilanmu yang sekarang kamu rasa sudah cukup. Namun, penghasilan tambahan kan berarti tabungan juga cepat bertambah. Maka itu, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan. 

Hemat

Ingat, kalau sudah punya penghasilan tambahan, jangan menggunakan kelebihan uang yang kamu punya itu untuk sekadar membiayai gaya hidup. Terapkan gaya hidup minimalis kalau ingin tabungan cepat terkumpul. Selalu masukkan uang lebih ke tabungan dan investasi. 

Jangan Ragu Kerja Keras

Tidak apa-apa kalau kamu sekarang harus bekerja sementara teman-temanmu menikmati masa mudanya dengan jalan-jalan dan hangout. Tanamkan di dalam pikiranmu bahwa semua kerja kerasmu akan menuai hasil pada saatnya nanti. Kamu ingin hidup enak di usia yang belum terlalu tua, maka inilah harga yang harus kamu bayar. 

Pasang Target

Targetkan mau di usia berapa kamu pensiun. Setiap tahunnya, usahakan agar jumlah uang yang kamu anggarkan untuk menabung dan investasi semakin banyak. Semakin mendekati usia target pensiun, kamu harus semakin giat cari uang. Bukan cuma uang tunai, deposito, tabungan, dan investasi saja yang harus kamu persiapkan, tapi juga rumah beserta isinya, tanah, dan kendaraan. 

Siapkan Uang Untuk Keperluan Anak

Kalau kamu sudah menikah dan punya anak, disarankan untukmu untuk memiliki tabungan berjangka. Tabungan berjangka ini bisa sangat berguna untuk membayar biaya masuk sekolah anakmu kelak. Siapkan tabungan berjangka sedini mungkin, bahkan kalau bisa saat anakmu masih bayi. Dengan begitu, kamu tidak perlu pusing soal biaya pendidikannya lagi kelak. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.