10 Hal yang Wajib Diantisipasi oleh Setiap Pebisnis Agar Tidak Rugi

Kesuksesan sebuah usaha ditentukan oleh berbagai. Setiap pebisnis wajib tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Namun trik-trik menjalankan bisnis yang sukses saja terkadang tidak cukup untuk memastikan bahwa bisnis kita akan bertahan lama. Dalam berbisnis, terkadang ada berbagai resiko yang tak bisa dihindari. Untuk itu, setiap pebisnis harus pandai mengantisipasi segala hal agar bisnisnya tetap bertahan. Berikut 10 hal yang wajib kamu antisipasi kalo kamu mau bisnismu tidak mengalami kebangkrutan dan tetap berjaya di tengah segala perubahan yang ada.

Sumber Daya Manusia yang Tidak Melek Bisnis

Ketika kamu menjalankan bisnis, kamu harus tahu bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang harus tahu bisnis saat menjalankan usaha kamu. Semua karyawan kamu, bahkan sampai level paling bawah sekalipun, wajib melek bisnis. Sumber daya manusia yang melek bisnis akan bekerja dengan lebih baik karena tidak hanya memposisikan dirinya sebagai karyawan tetapi juga pihak yang mempengaruhi kesuksesan bisnis kamu. Jangan sampai karyawanmu hanya bertindak seperti robot yang selalu menunggu perintah selanjutnya dari kamu sehingga bisnis akan tetap berjalan baik bahkan di momen-momen yang tak terduga dan membutuhkan improvisasi dari siapapun yang sedang menghadapi pelanggan pada saat itu.

Minimnya Wawasan Tentang Teknologi

Teknologi berkembang dengan sangat cepat dan siapa pun yang terlambat untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut akan tertinggal sehingga usahanya pun terancam gagal. Untuk itu, penting bagi kamu dan semua orang yang bekerja di bisnis yang kamu jalankan untuk melek teknologi dan memiliki wawasan yang menyeluruh tentang inovasi-inovasi baru yang berkaitan dengan teknologi di dunia bisnis.

Hubungan yang Kurang Mendalam Dengan Pelanggan

Banyak pebisnis melupakan pelanggan yang telah menggunakan layanan atau membeli produknya karena terlalu fokus mencari pelanggan baru. Ini merupakan langkah yang buruk bagi seorang pebisnis. Alasannya yaitu karena memahami pelanggan dengan mendalam bisa menentukan kesuksesan. Mari kita lihat dari satu sisi terlebih dahulu. Lebih baik melakukan percakapan dengan pelanggan dan mengetahui permasalahan dari awal daripada mengetahui permasalahan setelah penurunan pendapatan sudah terlanjur terjadi. Masih ada sisi-sisi lain di mana percakapan dengan pelanggan bisa berpengaruh besar dengan kesuksesan suatu usaha.

Tidak Stabilnya Kondisi Pasar

Tidak diragukan lagi, kondisi perekonomian berpengaruh besar pada kesuksesan bisnis karena naik turunnya perekonomian bisa menciptakan resiko tidak stabilnya bisnis. Naiknya harga bahan baku bisa menjadi contoh permasalahan ini. Maka dari itu, kamu harus mengantisipasi hal tersebut dengan cara, misalnya, menyimpan cadangan alternatif bahan baku produksi untuk menyelamatkan diri dari permasalahan yang muncul akibat tidak stabilnya kondisi pasar.

Munculnya Persaingan Bisnis

Di luar sana, sudah pasti ada bisnis yang serupa dengan bisnismu dan timbulnya persaingan dengan pebisnis lain adalah masalah yang harus selalu kamu antisipasi. Agar bisnismu tidak kalah bersaing, kamu harus memastikan bisnismu memiliki ciri tersendiri yang membuatnya berbeda dengan bisnis lain. Selain itu, kamu juga harus terus menciptakan inovasi-inovasi baru agar bisnismu selalu unggul dari yang lain. Salah satu contoh termudah inovasi dalam berbisnis adalah dengan memudahkan pelanggan untuk berbelanja menggunakan aplikasi.

Manajemen yang Tidak Efektif dan Efisien

Dalam setiap perusahaan, posisi manajemen tak diragukan lagi memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, manajemen haruslah efektif dan efisien dalam melakukan tugasnya. Manajemen bisa dibilang efektif jika bisa memilih tujuan dengan tepat pada saat yang tepat serta memiliki beberapa pilihan alternatif yang bisa menjadi rencana cadangan. Kemudian, manajemen baru bisa disebut efisien ketika bisa memanfaatkan sumber daya dengan jumlah minimal untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika tim manajemen di bisnismu tidak melakukan kedua hal tersebut, sudah saatnya membangun tim manajemen baru agar bisnismu selamat dari kebangkrutan.

Perubahan Pola Konsumsi Pelanggan

Pola konsumsi pelanggan bisa berubah sewaktu-waktu dan hal tersebut adalah permasalahan yang wajib kamu antisipasi saat berbisnis. Perubahan pola konsumsi pelanggan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti, misalnya, perkembangan teknologi. Untuk itu, penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki determinasi tinggi dan juga konsistensi dalam menyesuaikan diri dengan perubahan semacam ini agar bisnisnya bisa bertahan dan terus mencapai kesuksesan.

Investor yang Tidak Sejalan

Masalah lain yang perlu diantisipasi saat menjalankan bisnis adalah tidak sejalannya visi dan misi pemilik usaha dengan investor. Jika kamu ingin bisnismu sukses, sebaiknya kamu mencari investor yang sesuai dengan industri yang digeluti oleh bisnismu. Pastikan investor kamu tidak memiliki pandangan yang bertolak belakang denganmu dalam masalah ini karena hal tersebut bisa menghambat kemajuan bisnis yang kamu jalankan.

Tim yang Tidak Solid

Dalam sebuah usaha, tim kerja yang tidak solid bisa menjadi penghambat besar karena kesuksesan suatu usaha ditentukan oleh kerjasama semua anggota tim. Anggota tim yang solid akan tetap bangkit bersama-sama saat sedang terjatuh sehingga usaha tidak akan berhenti dan mengalami kebangkrutan. Tim yang solid biasanya terdiri dari anggota yang memiliki tujuan yang sama sehingga saling percaya dengan satu sama lain. Jika kamu tidak menemukan aspek-aspek tersebut dalam diri anggota-anggota timmu, sudah saatnya kamu melakukan perombakan besar-besaran.

Attitude yang Salah

Attitude sangatlah penting dalam dunia bisnis karena sikap pelaku usaha, terutama sang pendiri atau pemilik, sangat mempengaruhi kesuksesan usaha yang digelutinya. Saat berbisnis, pastikan kamu tidak memiliki sikap acuh tak acuh dengan masukan atau kritik dari pelanggan karena jika tidak, presentase kegagalan bisnismu akan menjadi sangat besar. Seorang pelaku bisnis hendaknya mau berubah demi kebaikan bisnisnya dan bisa mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan serta menghadapi masalah dan tantangan yang datang dengan pikiran terbuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.