Ayo Cegah Virus Corona dengan Cuci Tangan di 5 Waktu Ini !

Salah satu cara yang terbukti ampuh untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air bersih yang mengalir. Ternyata, ada waktu-waktu tertentu lho di mana kamu harus segera mencuci tangan.

Yuk, perhatikan lima waktu cuci tangan ini agar kamu sehat dan terhindar dari serangan Covid-19:

Sebelum dan Sesudah Makan

Makanan adalah sumber nutrisi dan vitamin yang penting bagi kesehatan dan bagus sebagai peningkat imunitas tubuh. Cuci tangan sebelum makan menjadi penting untuk menjaga kesterilan dan menjauhkan potensi adanya infeksi dari kuman maupun bakter yang menempel di tanganmu.

Eits, tapi tidak hanya cuci tangan saja yang penting. Mencuci alat makan seperti piring, sendok, dan garpu juga penting. Terlebih lagi apabila alat-alat tersebut sudah lama disimpan di udara terbuka sebelum digunakan.

Nah, setelah selesai makan, jangan lupa untuk cuci tangan juga ya. Agar tidak ada sisa makanan yang membusuk dan menjadi sumber penyakit baru yang menempel di tubuhmu.

Sebelum dan Sesudah ke Toilet

Tak dapat dipungkiri bahwa toilet bisa saja menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam kuman dan bakteri. Biasanya, setelah beraktivitas seharian, berkeringat, dan berkontak dengan dunia luar, kita akan segera membersihkan diri di kamar mandi atau toilet. Begitu pula dengan buang air.

Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan tangan, terkhusus lagi setelah buang air. Jangan pernah lupa untuk membilas kedua telapak dan punggung tangan dengan sabun.

Setelah Bepergian

Apabila kamu terpaksa beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi Covid-19 ini, selalu cuci tangan setelah bepergian. Pasalnya, saat kamu mengendarai mobil, motor, atau transportasi umum, tanganmu pasti menyentuh banyak hal yang berpotensi menularkan kuman.

Lebih baik lagi jika kamu bisa membawa sabun cair ukuran kecil ke mana saja kamu pergi, sehingga tidak perlu menunggu sampai di rumah dulu untuk bisa membersihkan tangan.

Sebelum dan Setelah Merawat Orang Sakit

Apabila ada anggota keluargamu yang sakit, berhati-hati dan tetap waspada saat merawat mereka. Pasalnya, mereka berpotensi besar untuk menularkan virus kepadamu. Nah, lalu kenapa kita harus cuci tangan sebelum merawat orang sakit?

Cuci tangan sebelum merawat orang sakit menjadi penting untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh pasien. Pada dasarnya, meskipun sudah menjaga kebersihan semaksimal mungkin, kita tetap tidak tahu ada kuman kecil atau virus apa yang menempel di tangan. Meskipun sedikit, kuman dan virus yang kita bawa ini tentu bisa memperburuk keadaan pasien karena imun tubuh mereka sedang lemah, sehingga cuci tangan sebelum merawat mereka menjadi hal penting.

Jangan lupa untuk cuci tangan lagi apabila kamu sudah selesai merawat dan berkontak fisik dengan pasien ya. Besar kemungkinan masih terdapat partikel-partikel kuman yang menempel di tubuhmu. Akan lebih baik lagi jika kamu mandi terlebih dulu sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

Setelah Menyentuh Benda Kotor

Saat kamu memasak atau merawat tanaman, pasti tanganmu akan terlihat kotor. Terlebih lagi ketika membuang sampah! Jelas sesaat seluruh kegiatan tersebut dilakukan, kamu harus segera mencuci tangan dengan sempurna dengan sabun dan air bersih mengalir. Pastikan tidak ada sedikit pun zat kotor yang tertinggal ya.

Nah, itulah lima waktu yang dianjurkan untuk kita membilas tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Meski begitu, ada baiknya setiap kamu merasa tanganmu sudah bersentuhan dengan banyak benda, segeralah cuci tangan.

Eits, tapi jangan lupa untuk tetap pakai lotion atau cream pelembab ya agar tanganmu tidak kering dan luka.

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.