Cek Cara Mudah Meningkatkan Followers Organik Instagram Berikut Ini !

Bagi generasi milenial, menjadi enterpreneur dan menjalankan bisnis sendiri merupakan salah satu cita-cita besar yang saat ini sedang naik daun. Digitalisasi dan kemudahan teknologi memungkinkan sebuah usaha lebih mudah masuk dan diterima oleh konsumen. Inilah yang kemudian menjadi semangat para generasi muda untuk terus berkarya.

Salah satu cara efektif dalam melakukan promosi usaha baru adalah melalui media sosial. Instagram adalah contoh media sosial yang saat ini banyak digunakan sehari-hari dan digemari anak muda. Di sana terdapat banyak calon pembeli yang bisa ditarget.

Lalu, bagaimana, sih, cara meningkatkan followers secara alami agar bisnis kamu lebih dikenal banyak orang? Cek caranya berikut ini:

1. Konsep Post yang Menarik

Hal paling dasar yang perlu kamu perhatikan adalah konsep. Pikirkan apa saja konten yang ingin ditampilkan di sana. Apakah sekedar produk saja? Atau ada konten informatif dan edukatif sebagai umpan pelanggan?

Setelah menentukan konsepnya, tentukan juga media apa yang ingin kamu gunakan dalam menyampaikan konten. Misalnya, apakah kamu membutuhkan bantuan seorang desainer grafis untuk membuat konten informatif atau cukup seorang fotografer saja untuk melakukan foto produk?

Seluruh konsep dan media tentunya harus sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Jika barang atau jasamu biasanya digunakan sehari-hari dan dekat dengan masyarakat, tonjolkan keunggulan dan value produk dibanding pesaing.

Namun, jika produk atau jasamu cenderung bukan kebutuhan primer, tentunya kamu perlu membuat konten edukasi yang informatif kepada calon konsumen dan menciptakan “Aha moment” di benar mereka.

2. Konsistensi Posting

Setelah konsep matang, kini saatnya eksekusi. Di tahap ini, kamu akan bermain dengan algoritma Instagram. Aturannya simpel saja, semakin kamu konsisten, maka nilai algoritma akunmu akan semakin baik.

Jika, nilai algoritma baik, maka kemungkinan besar konten-kontenmu dianggap relevan dan akan terus ditampilkan ke followers hingga ke segmen “explore”. Lalu, bagaimana caranya agar algoritma akun menjadi baik?

Konsistensi posting adalah kuncinya. Niatkan terlebih dahulu di awal kapan kamu akan posting. Satu kali setiap hari? Seminggu sekali? Tiga hari sekali? Tentukan dan tepati konsistensi itu! Instagram akan terbiasa dengan kebiasaan postingmu dan mulai memperhitungkan nilai algoritma yang baik untuk akunmu.

3. Gunakan Hashtag yang Tepat

Cara ketiga untuk menjangkau calon konsumen yang belum menjadi followers kamu adalah dengan menggunakan hashtag. Saat ini, pengguna Instagram diperbolehkan untuk mengikuti hashtag tertentu, sehingga suatu postingan yang membubuhkan hashtag yang mereka ikuti akan muncul di halaman feed.

Inilah peluangmu! Pastikan kamu menggunakan hashtag di seluruh konten yang kamu post. Beri 6-10 hashtag berbeda untuk menjangkau lebih banyak audiens. Boleh letakkan hashtag tersebut di kolom caption maupun komentar.

Selain itu, pilihlah hashtag yang sudah pernah digunakan paling tidak 1000 kali. Ini penting agar postingan kamu tidak nyasar atau bahkan tidak dimunculkan ke audiens akibat hashtag yang terlalu spesifik dan tidak diikuti pengguna lain.

4. Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Keempat, bangunlah hubungan yang baik dengan calon konsumen atau followers kamu. Bagaimana caranya? Usahakan untuk mengaktifkan seluruh notifikasi pesan dan komentar. Penting untuk selalu membalas komentar dan pesan dari mereka dengan cepat. Biasakan tidak lebih dari satu jam!

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan interaksi dengan pengguna dan followers melalui Instagram story. Berbagai macam fitur saat ini bisa diterapkan untuk menarik audiens, seperti face filter, fitur pertanyaan, polling, IG Live, dan animasi bergerak (GIF)

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.