Biar Nggak Bosan, Ikuti Kelas Online Berikut Buat Tambah Skill Selama #dirumahaja

Punya segudang keahlian dan keterampilan adalah impian para milenial. Bagaimana tidak, perusahaan besar maupun startup yang sedang gencar berkembang cenderung akan merekrut mereka yang sudah mumpuni dan bisa segala macam hal. Akibatnya, kini para milenial perlu terus bersaing untuk mengembangkan skill mereka.

Di situasi karantina atau isolasi mandiri akibat pandemi covid-19 ini, sebenarnya bisa menjadi timing yang tepat untuk menambah dan meningkatkan skill. Tapi kan tidak bisa pergi? Tenang, di zaman serba digital ini, belajar pun bisa melalui laptop atau smartphone.

Berikut empat rekomendasi platform penyedia kelas online yang bisa kamu akses selama mengikuti anjuran #dirumahaja, ada yang gratis dan berbayar. Pilih sesuai kebutuhan kamu, ya!

1. SkillAcademy

Ternyata, dalam perkembangannya, Ruangguru menyadari bahwa tidak hanya anak sekolah yang membutuhkan pendampingan belajar, namun juga generasi milenial yang semangat mengembangkan diri.

Platform belajar online karya anak bangsa yang pertama adalah SkillAcademy by Ruangguru. Ya, benar, platform ini merupakan anak perusahaan dari Ruangguru yang terkenal sebagai sarana belajar mengajar bagi guru dan siswa sekolah.

Alhasil, Ruangguru meluncurkan SkillAcademy dengan berbagai macam pilihan kelas. Beberapa kelas yang paling diminati antara lain adalah tips jitu membuat CV yang menggetarkan jiwa, kelas pemahaman design thinking, serta kelas manajemen konflik.

Tak hanya itu, pilihan kelas dari SkillAcademy ini sangat beragam. Tersedia juga kelas online belajar mengaji hingga teknik fotografi.

2. Udemy

Source: udemy.com

Mirip dengan SkillAcademy by Ruangguru, Udemy memberikan lebih banyak macam kelas online yang bisa diakses melalui laptop maupun smartphone. Harga yang ditawarkan di platform ini pun terbilang cukup murah, mulai dari Rp170ribu saja, kamu sudah bisa belajar banyak hal.

Di Udemy, setiap topik pembahasan terdiri dari berbagai macam pilihan kelas. Mulai dari yang dasar hingga level advance. Kamu bisa cek rating dan testimoni murid lain yang sudah lulus kelas tersebut untuk meyakinkan materinya cocok dengan kebutuhanmu.

Selain itu, di Udemy, kamu bisa cek terlebih dahulu introduction video kelas serta kurikulumnya.

3. Google Digital Garage

Platform gratis yang ketiga ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bergelut di bidang digital marketing dan baru saja memulai perjalanan. Pasalnya, Google Digital Garage menjelaskan dengan lengkap dan detail seluk beluk digital marketing.

Di platform ini kamu akan belajar banyak hal. Mulai dari SEM, SEO, PPC, iklan organik, dan lain-lain. Serunya, di setiap akhir materi, akan ada kuis yang bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman kamu terhadap materi yang sudah dipelajari.

Oh iya, kamu juga bisa mendapat sertifikat resmi dari Google Digital Garage setelah menyelesaikan keseluruhan materi kursus online yang tersedia. Seluruh video pembelajaran dan kuis dalam bahasa Inggris, ya!

4. Kelas Online dari StartUp Indonesia

Source : glints.com

Kelas online terakhir yang bisa kamu coba adalah program yang ditawarkan oleh berbagai macam startup di Indonesia. Biasanya, startup memberikan program kelas singkat melalui WhatsApp Group atau teleconference yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Contohnya saja, startup Glints Indonesia yang mengadakan seminar online bertemakan paid marketing. Soal biaya jangan khawatir, banyak sekali program tak berbayar yang bisa kamu akses selama berkegiatan di rumah saja.

Kamu harus rajin-rajin cek media sosial startup Indonesia agar tidak ketinggalan info menarik seputar kelas dan diskusi online yang mereka tawarkan.

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.