Mudik ke Kampung Halaman? Lakukan 5 Hal Ini Selama Self-Quarantine !

Sejak awal 2020 lalu, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Berawal dari China, kini hampir seluruh negara secara global, termasuk Indonesia, harus merasakan pahitnya wabah yang disebabkan oleh virus Corona tersebut.

Salah satu akibat dari pandemi Covid-19 ini adalah penutupan berbagai fasilitas publik seperti kantor dan tempat belajar (kampus dan sekolah). Pada akhirnya, banyak masyarakat Indonesia yang memilih pulang ke kampung halamannya untuk menghabiskan waktu #dirumahaja atau #workfromhome.

Eits, tapi tunggu dulu! Saat kamu pulang ke kampung halaman, kamu harus melakukan apa yang disebut dengan self-quarantine selama 14 hari. Apalagi jika kamu datang dari kota-kota zona merah (wilayah transmisi lokal Covid-19).

Selama 2 minggu, kamu harus melakukan observasi mandiri dan merasakan apakah ada gejala Covid-19 tertentu. Jika ada, harus segera merujuk ke dokter.

Lalu, selama self-quarantine ini, apa saja, sih, yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh?

Sering Cuci Tangan dan Jaga Kebersihan

Hal pertama dan paling dasar yang harus rutin dilakukan adalah cuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan. Sesaat setelah kamu bepergian menggunakan transportasi umum, pastikan cuci tangan dan mandi menggunakan sabun dan air bersih.

Jangan lupa untuk menjemur barang bawaanmu di bawah sinar matahari, menyemprotkan cairan desinfektan, serta mencuci seluruh pakaian yang digunakan dengan bersih.

Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Kamu tahu kan kalau virus Corona ini bisa saja tidak bereaksi atau menimbulkan gejala apabila imun tubuh bagus. Nah, kini saatnya untuk memperbanyak makan makanan bervitamin tinggi.

Paling tidak, konsumsi minimal 3 porsi buah dan sayur setiap hari. Selain itu, penuhi juga kebutuhan energi dan nutrisimu dengan berbagai makanan pelengkap, seperti daging-dagingan, susu, nasi, atau pun yoghurt.

Di saat seperti ini, hindari makanan tinggi gula dan lemak yang bisa mengurangi imunitas tubuh. Oh iya, usahakan selalu minum 8 gelas air mineral setiap hari ya!

Aktivitas Fisik 30 Menit

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan aktivitas fisik. Dianjurkan melakukan kegiatan fisik ringan minimal 30 menit sehari. Tapi, aktivitas fisik apa, ya, yang bisa dilakukan selama di rumah?

Aktivitas fisik yang dimaksud di sini, tidak harus olahraga berat. Bisa kegiatan apapun yang menggerakkan mayoritas otot tubuhmu dan membakar kalori. Contoh mudahnya, membereskan barang bawaanmu saat pulang kampung. Kamu bisa melakukan unpacking baju lalu merapikannya ke lemari ditambah membersihkan tas dan kopernya, lho!

Jika dirasa masih kurang menggerakkan tubuhmu, cobalah untuk olahraga kecil di area rumah. Misalnya, lari di tempat, naik-turun tangga, atau melakukan workout ringan bersama tutorial YouTube! Seru, kan?

Jaga Jarak dengan Orang Rumah

Meskipun terkesan menyedihkan, namun ini penting untuk kebaikanmu dan keluarga. Ada baiknya selama 14 hari melakukan self-quarantine dan observasi mandiri, kamu tetap menjaga jarak dengan orang tua atau saudara.

Jika tidak begitu mendesak, lakukan aktivitas sehari-hari di dalam kamar. Apabila perlu berbicara dengan anggota keluarga, pastikan kalian mengenakan masker dan duduk dengan jarak setidaknya 1-2 meter dari satu sama lain.

Memperhatikan Kesehatan Mental

Melakukan isolasi dan observasi mandiri di rumah selama 14 hari bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Apalagi jika sudah lama tidak bertemu anggota keluarga. Pasti rasanya kangen banget, kan?

Jika kamu sedang menjalani masa tersebut, pastikan kesehatan mentalmu tetap terjaga. Bagaimana caranya? Jika merasa bosan atau mulai stress, cobalah isi kegiatan dengan hal-hal yang kamu suka. Keluar kamar sebentar untuk menyapa orangtua (jangan lupa jaga jarak dan pakai masker, ya!), menelepon nenek atau sahabat, menonton film, atau mungkin pesan makanan kesukaanmu melalui ojek online?

Jika dalam 14 hari kamu merasa sehat-sehat saja, maka kamu bisa beraktivitas normal di dalam rumah. Namun, apabila ada gejala yang condong menunjukkan adanya kemungkinan Covid-19, segera datang ke fasilitas layanan kesehatan terdekat, ya!

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.