Terlalu Banyak Cuci Tangan Bikin Kulit Kering? Yuk, Intip Cara Mengatasinya

Salah satu cara paling efektif untuk membunuh bakteri, kuman, atau virus yang menempel di badan adalah membilasnya dengan sabun. Makanya, banyak pakar dan dokter menghimbau masyarakat untuk selalu cuci tangan.

Himbauan cuci tangan ini berlaku khususnya di lima waktu, yaitu:

  1. Sebelum dan sesudah makan
  2. Sebelum dan sesudah ke toilet
  3. Setelah bepergian
  4. Sebelum dan sesudah merawat orang sakit
  5. Setelah menyentuh benda-benda kotor

Lebih baik lagi apabila cuci tangan bisa rutin dilakukan selain di lima hal di atas, misalnya setelah belajar online di rumah menggunakan laptop dan alat tulis, boleh saja kamu cuci tangan untuk menjaga kebersihan dan sebagai sikap preventif.

Cuci Tangan Bikin Kulit Kering

Di tengah pandemi Covid-19 ini, memang benar kita harus rutin mencuci tangan atau setidaknya menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Namun, ternyata terlalu banyak mencuci tangan justru bisa menipiskan dan merusak sel-sel kulit kita, lho.

Jika diperhatikan, setelah melakukan banyak cuci tangan, kulit telapak akan terasa mulai mengering. Keringnya kulit telapak tangan ini bisa memicu infeksi dan penyakit baru apabila didiamkan saja.

Lalu, bagaimana sih caranya agar kita tetap bisa cuci tangan rutin dan menjaga kulit agar tidak kering? Yuk, cek informasi berikut ini:

Gunakan Lotion/Cream Pelembab

Meski lotion dan cream pelembab identik dengan skin care wanita, namun sebenarnya zat ini bagus untuk siapa saja, lho. Mulailah rutin setiap malam mengoleskan lotion atau cream pelembab ke kedua telapak dan bahu tangan untuk menajaga dan menutrisi kulitmu.

Sebisa mungkin gunakan cream dan lotion yang rendah alkohol ya. Kamu bisa membeli merk dan varian apa saja. Biasanya lotion dan cream ini cukup mudah ditemui di mini-market terdekat.

Keringkan Tangan dengan Benar

Setelah mencuci tangan, biasakan untuk mengeringkan dengan kain atau tisu yang tidak berbahan kasar. Pilihlah lap kain yang lembut untuk menjaga kulit bagian terluar tanganmu tidak terkena banyak goresan.

Saat mengeringkan, usapkanlah kedua tangan ke kain dengan perlahan. Jangan terburu-buru. Gesekan yang terlalu cepat dan keras juga dapat menimbulkan goresan meski sudah menggunakan permukaan kain lap yang halus.

Perhatikan Suhu Air

Terakhir, saat mencuci tangan atau mandi, usahakan menggunakan air yang tidak terlalu panas. Apabila kamu tidak sedang sakit, disarankan untuk menggunakan air dengan suhu cenderung dingin.

Pasalnya, air panas ternyata dapat menghilangkan lapisan minyak alami di kulit. Apabila lapisan ini terkikis, maka dapat menyebabkan luka dan iritasi. Cuci tangan dan mandilah dengan air dengan suhu suam-suam kuku, ya!

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.