Pelajari 5 Skill Dasar Ini Biar Kamu Bisa Jadi Top Digital Marketer!

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarng ini hampir semua hal bisa dilakukan secara digital. Salah satunya adalah bisnis. Berbagai macam usaha dan bisnis sudah pindah ke platform online demi mendekatkan diri kepada konsumen.

Saat ini, seorang digital marketer banyak dicari. Pasalnya, memperkenalkan, menawarkan, dan menjual suatu produk secara online itu tidak sama dengan cara biasanya (offline), lho! Tingginya permintaan akan seorang digital marketer yang tinggi juga membuat gaji yang ditawarkan perusahaan sangat kompetitif, nih! Wah, keren banget ya?

Nah, jika kamu bercita-cita ingin menjadi seorang digital marketer handal dan dicari-cari oleh berbagai perusahaan maupun agensi, saatnya mengasah dan mengembangkan skillmu! Lalu, apa aja sih, kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang top digital marketer?

  1. Kemampuan Analisa

Seorang digital marketer nantinya akan banyak bergulat dan bergelut dengan data kuantitatif, lho! Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri membaca dan menginterpretasikan berbagai macam bentuk penyajian data ya.

Salah satu cara belajarnya adalah dengan membaca artikel berita yang menyajikan grafik tertentu. Cobalah perhatikan dan cocokkan apa yang tersaji di dalam grafik dengan pembahasan tertulis. Apakah sudah sesuai? Jika belum, bagian mana yang bisa diperbaiki?

2. Will-Do Attitude

Bermain dengan kesukaan, perilaku, dan selera konsumen akan sangat dinamis. Pastikan kamu punya “will-do attitude” yaitu dorongan dari diri sendiri yang kuat untuk selalu belajar.

Seorang digital marketer yang baik harus bisa membedakan strategi yang akan digunakan untuk menyasar dua target berbeda. Contohnya, jika kamu ingin menawarkan suatu produk alat masak, maka gunakanlah Facebook dan tawarkan ke para ibu rumah tangga. Apabila kamu ingin menawarkan produk kuliner, cobalah gunakan Instagram dengan menyodorkan visualisasi yang menggugah selera.

3. Bahasa Inggris

Meskipun terdengar mainstream atau klise, tapi bahasa Inggris memang sangat penting bagi seorang digital marketer. Hal ini karena ilmu digital marketing sendiri termasuk baru secara global, terlebih di Indonesia, sehingga untuk bisa mengikuti perkembangannya, kamu harus sering-sering membaca referensi dari luar, lho!

Paling tidak, kamu harus menguasai skill reading dan listening untuk bisa memahami berbagai macam materi digital marketing. Baik dalam bentuk buku, artikel, maupun video.

4. Komunikasi Tertulis

Nah, salah satu skill terpenting dalam dunia digital marketing adalah komunikasi tertulis. Kamu harus mencari strategi dan taktik jitu untuk merayu calon pelanggan dan meyakinkan mereka atas produkmu hanya lewat tulisan, lho! Apalagi, tidak platform online menyediakan fasilitas video maupun audio.

Bahkan, kamu harus melatih skill komunikasi tertulismu dengan berbagai macam gaya bahasa. Ingat, kalau kamu punya beberapa target pasar, pastikan untuk memberi perlakuan yang lebih personal dan berbeda kepada masing-masing segmen.

5. Desain Grafis

Terakhir, desain grafis. Kenapa sih seorang digital marketer harus banget bisa mengoperasikan software desain? Di dunia online, visualisasi menjadi hal yang sangat krusial. Kalau kamu tidak bisa menonjolkan informasi yang mau kamu sampaikan melalui gambar, kecil kemungkinan kamu akan berhasil.

Setidaknya, belajarlah menggunakan software desain grafis yang gratis dan mudah dipelajari seperti Canva.com dan beberapa aplikasi lainnya.

Nah, kalau kamu sudah mengusai lima skill di atas, jangan lupa membuat portofolio ya. Portofolio ini sangat bagus untuk menjadi bukti bahwa kamu benar-benar siap untuk bekerja dan bergabung menjadi seorang digital marketer handal di sebuah perusahaan, lho!

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.