Mengenal Personal Branding dan Tips Membangun Personal Branding Bagi Kaum Milenial

Generasi milenial saat ini pasti sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini, karena saat ini hampir semua dari kita berlomba-lomba untuk menciptakan personal branding masing-masing. Sebenarnya, personal branding itu apasih? Jadi, kalau bahasa “famous”nya, personal branding ini adalah pencitraan. Waaah!! Pencitraan yang dimaksud adalah pencitraan yang ditunjukkan dalam bentuk keunikan, kelebihan, atau karakteristik tertentu yang kamu miliki dan bisa menjadi brandmu didepan orang lain dimana mereka dapat menilai seperti apa kepribadian kamu walaupun kalian belum saling mengenal satu sama lain.

Personal branding ini juga menjadi sangat penting saat ini, karena banyak orang akan mengenalimu melalui first impression atau kesan saat bertemu pertama kali, sehingga, personal branding ini menjadi penting karena dapat memudahkan kita dalam berbagai hal seperti memperluas relasi, menemukan rekan bisnis, mencari pekerjaan, dan diterima dilingkungan baru.

Nah, karena personal branding menjadi penting, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal brandingmu. Simak baik-baik ya!!

Kenalan Sama Diri Sendiri Yuk!

Hal berikut ini sering dianggap remeh. Padahal, untuk menjadi sukses kita perlu mengenal dahulu siapa diri kita sendiri. Kalian bisa melakukannya dengan bertanya pada diri tentang siapa kamu, apa yang menjadi kelebihanmu, hal apa yang menjadi kelemahanmu, dan apa yang perlu kamu pelajari untuk membangun personal brandingmu. Setelah kamu menemukannya, maka kemas hal-hal baik yang ada dalam dirimu untuk ditunjukkan pada orang lain.

Tunjukan apa yang menjadi hal unik atau ciri khas dari dirimu, jangan terlalu sering membicarakan dan menunjukan kelemahanmu didepan orang lain karena hal ini dapat membuatmu menjadi tidak percaya diri dan orang lain juga tidak akan mempercayaimu. Menciptakan cover yang baik dapat membuat orang akan senang menerimamu dan mau memiliki hubungan yang baik denganmu.

Menjadi Pribadi Yang Terus Belajar

Setelah kamu mengetahui dengan baik siapa dirimu, dari sanalah kamu harus memutuskan untuk terus belajar. Tentunya belajar yang dimaksud adalah belajar untuk terus menjadi lebih baik. Hal ini bisa meningkatkan kemampuanmu dan menambah kemampuan baru dimana saat ini semua orang memiliki kesempatan untuk terus belajar, pastikan bahwa kamu memiliki keunggulan bersaing dengan terus mempelajari hal – hal baik yang bersifat general maupun spesifik sehingga kamu bisa saja berada satu langkah didepan para pesaingmu.

Memiliki Good Attitude Dan Beranikan Diri Untuk Speak Up.

Bangunlah personal brandingmu dengan bersikap profesional dan berani untuk speak up didepan orang banyak. Tunjukkan pada publik bahwa kamu memang pantas untuk dipercaya. Pastikan bahwa kamu memiliki tidak menunjukkan tingkah laku yang tidak baik seperti sombong, cepat merasa puas, pemalu, dan sulit bergaul. Hal ini dapat membuat orang memiliki kesan yang baik dan mau menerimamu karena keberanian dan sikap profesional yang kamu tunjukan kepada mereka.

Aktif di Sosial Media Yuk!

Hal terakhir yang tidak kalah penting bagi kaum milenial adalah aktif di media sosial. Selain karena hidup di era globalisasi, aktif di media sosial juga dalam membuatmu menjadi selalu update terutama dengan kondisi – kondisi dilingkunganmu saat ini.

Media sosial dapat memberikanmu informasi yang up to date, pastikan bahwa kamu mengikuti orang-orang yang informatif dan menginspirasi. Kamu bisa menggunakan twitter, facebook, dan bahkan instagram untuk memperluas jangkauanmu baik dalam hal relasi maupun pengetahuan.

Oleh : Andira Falestiya | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.