Cek Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Keteteran di Tengah Covid-19!

Penyebaran covid-19 di berbagai daerah kini membuat pemerintah semakin ketat dalam membuat peraturan terkait pembatasan sosial dengan meminta masyarakat untuk tetap #dirumahaja. Hal ini tidak hanya berdampak pada terhambatnya aktivitas-aktivitas diluar rumah tetapi juga berdampak pada penigkatan jumlah kebutuhan untuk tetap berada #dirumahaja.

Masyarakat menjadi bingung dalam mengatur pengeluaran karena munculnya rasa cemas dan panik akan penularan virus corona. Adanya kebutuhan – kebutuhan tidak terduga menyebabkan beberapa orang menjadi keteteran dalam mengatur keuangannya lho. Tetap tenang dan jangan panik karena dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu selama pandemi covid-19 ini!!

Hemat Lebih Baik, Lho!

Adanya keadaan darurat seperti ini, akan memberikan dampak pada berbagai aspek khususnya aspek keuangan. Kurangilah untuk melakukan pembelian jika itu bukan kebutuhan yang penting atau pokok. Jika biasanya kamu harus membeli produk tertentu secara berkala, maka mulai sekarang kamu harus menahan untuk tidak membelinya dulu. Selain untuk mengurangi pengeluaran, hal ini juga dapat membantu kamu untuk mengontrol diri agar lebih bijak dalam menggunakan uang.

Tulis List Keperluan “Urgent” Dan “Important”

Menghadapi pandemi covid-19 memang butuh banyak persiapan, terutama yang terkait dengan kebutuhan pokok untuk tetap #dirumahaja. Peningkatan tingkat kebutuhan mengharuskan kita untuk bisa memilah dan memilih kebutuhan mana yang bersifat “urgent” dan “important”.

Kebutuhan yang bersifat urgent saat ini adalah masker, handsainitizer, sabun cuci tangan, dan lain-lain, sedangkan kebutuhan yang bersifat important yaitu kebutuhan-kebutuhan pokok seperti bahan makanan, listrik, dan lain-lain. Pastikan kamu sudah bisa memilah dan memilih ya!

Setelah itu, buatlah list dengan menggunakan skala prioritasmu. Usahakan kamu mengurutkannya dengan benar. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir pengeluaran yang akan kamu keluarkan dibanding jika kamu tidak membuat list lho!

Masak aja deh!

Selain karena kita harus tetap #dirumahaja, membuat makanan sendiri juga dapat mengurangi jumlah pengeluaranmu alias lebih “hemat”. Tidak hanya itu, hal ini juga menjamin bahwa kamu memang mengkonsumsi makanan yang bergizi dan lebih higienis serta dapat sekaligus mengasah kemampuan memasakmu!

Nah, sangat membantu bukan? Mengurangi membeli makanan diluar juga bisa memberimu tambahan dana, karena biaya yang seharusnya untuk membeli makanan diluar bisa dialihkan untuk memenuhi kebutuhan yang lain!

Meningkatkan Jumlah Dana Darurat

Setiap orang pasti memiliki dana darurat, bahkan mungkin sebagian orang saat ini sudah menggunakannya. Dana darurat memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan tak terduka yang bersifat darurat, salah satunya adalah saat terjadi pandemi covid-19 ini.

Pastikan bahwa kamu tidak menggunakan semua dana daruratmu dan tetap menabungnya agar bisa digunakan dikemudian hari karena pandemi covid-19 ini masih tidak dapat diprediksi kapan berakhirnya. Agar dana daruratmu masih terjaga, kamu bisa menambahkan dana yang diperoleh dari keperluan – keperluan tidak mendesak, seperti dana yang harusnya dikeluarkan untuk nge-gym, nongkrong, belanja sepatu atau make up, dan lain-lain.

Oleh : Andira Falestiya | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.