Lemas Saat Puasa? Simak 5 Tips Ini Agar Tetap Produktif Selama Ramadhan!

Rendahnya kadar gula darah adalah salah satu alasan utama tubuh menjadi lemas saat puasa. Namun, apa kamu mau terus-terusan lemas dan membuang waktu selama satu bulan? Apalagi di bulan penuh berkah ini, kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tidak makan dan minum lebih dari setengah hari memang berat, ditambah tuntutan pekerjaan yang mau nggak mau harus diselesaikan.  Simak 5 tips berikut ini agar tetap produktif selama bulan Ramadhan.

  1. Istirahat yang Cukup

Saat berpuasa, stamina kita tentu akan berkurang. Di lain sisi, kesibukan kita justru cenderung bertambah dengan adanya agenda-agenda khas Ramadhan seperti shalat tarawih, buka bersama keluarga, teman SD, teman SMP, hingga sahur on the road. Untuk menyeimbangkan antara stamina dan kesibukan, istirahat yang cukup sangat diperlukan.

Tidur lebih awal, hindari begadang, dan sempatkan tidur siang meski hanya sebentar. Karena ternyata menurut para ahli, tidur siang sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Seperti mencegah sakit jantung dan stroke serta meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki mood.

2. Menu Bergizi Saat Sahur dan Buka

Jangan asal-asalan makan pada saat sahur maupun buka puasa ya! Gizi yang seimbang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Yaitu proses pembakaran kalori yang nantinya akan menjadi sumber tenagamu dalam beraktivitas. Kekurangan atau kelebihan gizi tertentu akan mengganggu sistem metabolisme tubuh yang kemudian menghambat pembentukan sumber tenaga. Jadi, pastikan menu sahur dan buka puasamu mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin yang seimbang!

3. Buat target dan rencana harian

Dengan membuat target, kamu bisa mengukur sejauh mana tingkat produktivitasmu. Perlu diperhatikan, jangan membuat target yang terlalu utopis atau muluk-muluk. Buatlah target yang realistis, agar kamu masih bisa mencapainya. Selain itu, buatlah target berdasarkan evaluasi Ramadhanmu tahun lalu. Sehingga kamu akan mengetahui penyebab target tahun lalu belum tercapai dan belajar dari kesalahan tersebut.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukan cara untuk mencapai target Ramadhan tahun ini. Agar lebih mempermudah tercapainya target, susunlah rencana harian atau to do list tiap harinya. Jangan lupa coret yang sudah kamu kerjakan!

4. Minum Air Putih yang Cukup

Selama puasa tentu kita akan banyak kekurangan cairan karena tidak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh selama kurang lebih 12 jam. Sehingga tubuh akan lebih mudah lelah, konsentrasi menurun, hingga dehidrasi. Cara mengatasinya yaitu dengan minum air putih yang cukup saat buka puasa, menjelang tidur, dan ketika sahur. Usahakan satu hari kamu minum sebanyak 8-10 gelas.

5. Mempersiapkan Ramadhan dari Jauh-Jauh Hari

Awal-awal puasa pasti banyak di antara kamu yang merasa sangat lemas, haus, lapar, atau bahkan lupa kalau lagi puasa. Ini terjadi karena tubuhmu belum terbiasa dengan rutinitas puasa. Solusinya, persiapkan dirimu dari jauh-jauh hari! Beberapa minggu sebelum puasa, mulail kurangi porsi makanmu, perbaiki jam istirahat, jaga kesehatan dan tingkatkan keimanan agar siap menyambut bulan suci penuh berkah.

Itulah tips-tips agar tetap produktif selama Ramadhan. Semoga kita semua masih bisa bertemu dengan Ramadhan yang akan datang!

Oleh : Shofiya Yusri Salma | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.