Pelajari 5 Hard Skill Ini Agar Tetap Produktif Selama Karantina!

Siapa bilang karantina bikin kamu jadi nggak produktif? Justru dengan work from home, kamu bebas memilih aktivitas produktif apa saja yang akan kamu lakukan. Salah satunya dengan mempelajari skill baru atau mengasah skill lamamu yang sudah nggak sehebat dulu. Namun sebelumnya, kamu perlu tau nih definisi dari hard skill.

Hard skill adalah keterampilan spesifik yang bisa diukur atau measurable. Kebanyakan hard skill dipelajari dalam pendidikan formal, seperti kemampuan mengoperasikan suatu mesin, berhitung, dll. Biasanya hard skill akan tercantum secara eksplisit pada lowongan pekerjaan. Inilah hard skill yang bisa kamu pelajari selama karantina agar tetap produktif:

1. Coding

Coding merupakan aktivitas menerjemahkan bahasa logika menjadi bahasa pemrogaman sesuai syntax. Aplikasi yang ada di smartphone mu, atau website yang biasa kamu kunjungi adalah hasil dari coding. Sudah banyak website belajar coding yang bisa kamu akses dari rumah seperti CodeAcademy dan CodeWars.

2. Desain Grafis

Desain grafis adalah komunikasi visual dengan menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi. Skill ini erat kaitannya dengan aplikasi desain seperti CorelDraw dan Adobe. Desain grafis juga termasuk yang paling dibutuhkan di zaman serba digital ini.

3. Editing Foto dan Video

Dua hal in sudah menjadi trend hobi sejak beberapa tahun belakangan ini. Demand yang tinggi membuat skill ini dicari banyak perusahaan. Alhasil, dunia editing foto dan video menjadi sangat kompetitif and worth to study!

4. Bahasa Asing

Bisa bahasa inggris rasanya sudah sangat biasa sekarang. Challenge dirimu untuk belajar bahasa asing lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih unggul. Duolingo dan Busuu adalah contoh aplikasi belajar asing gratis yang wajib kamu coba!

5. Menulis atau Blogging

Dengan menulis atau blogging, kamu akan mendapat banyak banget manfaat. Seperti melepas stress, melatih nalar, hingga meningkatkan kreativitas. Bahkan jika kamu tekuni, skill ini bisa menghasilkan rupiah!

Nah itu dia hard skill yang bisa dipelajari selama karantina agar tetap produktif. Buat kamu yang akan terjun ke dunia kerja, menguasai banyak skill akan menjadi nilai plus lho. Sedangkan bagi kamu yang sedang meniti karir, belajar skill baru bisa menambah kualifikasi untuk posisi yang lebih tinggi, atau sekedar meningkatkan kualitas diri. Ingat, jika kamu keras pada dirimu maka dunia akan terasa lunak, begitupun sebaliknya.

Oleh : Shofiya Yusri Salma | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.