Cek Yuk 5 Tradisi Unik Saat Ramadhan di Indonesia yang Jarang Orang Tahu!

Bulan suci Ramadhan adalah salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia yang mayoritasnya adalah umat muslim. Bulan yang penuh rahmat ini biasanya diisi dengan banyak tradisi unik dan momen hangat keluarga. Selain itu, banyak juga lho yang menunggu datangnya waktu libur untuk mudik! Hehehe..

Nah, Sobat Trenkota sudah tahu belum kalau ternyata Indonesia memiliki berbagai macam tradisi unik yang khusus dijalankan di bulan Ramadhan, lho! Kegiatan kebudayaan ini ternyata juga tidak sebatas berada di Pulau Jawa, namun tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Apa aja sih kegiatan kebudayaan tradisional masyarakat Indonesia yang terbilang cukup unik selama Ramadhan? Yuk, kita cek berikut Ini:

Tradisi Meugang di Aceh

Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, ada nih yang disebut dengan tradisi Meugang. Apa itu tradisi Meugang? Tradisi ini adalah kegiatan memasak dan menyantap olahan daging sapi bersama-sama. Baik tua, muda, kaya, miskin, semua berkumpul untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT selama 11 bulan yang lalu.

Uniknya, tradisi ini ternyata sudah berumur kurang lebih 400 tahun, lho! Mulanya, kegiatan Meugang ini diadakan ketika Aceh dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda. Biasanya sih Meugang akan digelar dua hari sebelum tanggal 1 Ramadhan.

Wah, seru banget ya pasti. Tercipta begitu banyak keharmonisan dan rasa kekeluargaan di tradisi Meugang ini. Hihi..

Tradisi Bola Api di Cileunyi

Source: beritabaik.id

Di Cileunyi, terdapat suatu permainan unik dan asyik dalam rangka menyambut bulan puasa lho, yaitu bola api! Sebenarnya, permainan ini sama seperti permainan sepak bola biasa, hanya saja menggunakan batok kelapa yang dibakar sebagai bolanya.

Untuk memainkan permainan bola api ini, dibutuhkan 10 anak-anak dan satu orang Ustad sebagai pembimbing. Nantinya, Ustad tersebut akan memulai permainan dengan membacakan doa. Sepanjang berlangsungnya permainan, musik rebana akan mengiring, lho!

Wah, asyik banget nih. Menyambut bulan Ramadhan dengan penuh semangat dan vibes positif!

Tradisi Dhandangan di Kudus

Beralih ke Jawa Tengah, di Kudus ternyata ada suatu tradisi unik yang sudah digelar sejak zaman Sunan Kalijaga, nih! Namanya Dhandangan. Umur kegiatan kebudayaan ini ternyata sudah mencapai 450 tahun. Wah, sudah lama banget, ya!

Tradisi Dhandangan ini diisi oleh acara pasar rakyat. Seluruh masyarakat Kudus, terlepas dari latar belakang mereka, akan berkumpul, berinteraksi, hingga mencari rezeki.

Nama Dhandangan ini berasal dari suara bedug yang ditabuh dan menghasilkan suara “dhang, dhang, dhang” tanda semaraknya penyambutan bulan Ramadhan.

Tradisi Malamang di Sumatera Barat

Source : Kinciakincia.com

Setelah dari Jawa, kita terbang ke Sumatera yuk! Nah, di Sumatera Barat ada suatu tradisi membuat makanan bernama “Lamang”. Makanan ini bersala dari beras ketan yang dibungkus daun pisang dan dibakar di dalam buluh bambu.

Konon, berdasarkan asal-usulnya, makanan tradisional Lamang ini ditemukan sesaat sebelum bulan puasa datang. Makanya, saat ini dilestarikan lah tradisi Malamang ini oleh masyarakat Sumatera Berat. Hmmm.. pasti lezat nih rasanya!

Tradisi Ziarah Kubro di Palembang

Source : travel.detik.com

Dari Sumatera Barat, kita pindah ke Sumatera Selatan nih! Palembang juga ternyata tak mau kalah lho! Ada tradisi Ziarah Kubro yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh warga di sana.

Kegiatan kebudayaan ini berbentuk pawai dan mengujungi (berziarah) ke makam-makam para ulama. Biasanya, kegiatan pawai akan diakhiri di area Pemakaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Asyik, sekarang kita sudah lebih kenal dengan berbagai macam tradisi unik selama bulan Ramadhan yang ada di Indonesia. Kalau di tempat kamu ada tradisi apa aja nih, sobat milenial?

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.