Ingin Investasi Emas Online? Perhatikan 8 Hal Ini Dulu Yuk!

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang banyak digemari oleh investor, pasalnya produk ini mudah diperjual-belikan dan memiliki harga yang cenderung profitable.

Selain emas dalam bentuk asli, baik itu batangan, koin, atau perhiasan, kini emas dapat diinvestasikan secara online lho! Wah, pastinya menarik banget nih buat para investor muda. Tidak ribet dan cukup mudah diakses melalui smartphone. Kamu tertarik juga gak nih untuk investasi emas online?

Nah, jika kamu tertarik, yuk coba cek dulu beberapa informasi berikut ini agar tetap aman saat melakukan investasi online.

1. Nomor HP Harus Selalu ON

Di dunia online, khususnya aplikasi yang berada di smatphone, nomor handphone menjadi salah satu jalan masuk proses otentifikasi keamanan dengan OTP. Nah, dalam investasi emas online ini juga begitu. Nomor HP merupakan sesuatu yang sangat penting, jadi pastikan nomor kamu jangan sampai hangus atau bahkan dicuri orang ya!

2. Pilih Platform yang Terpercaya

Internet yang semakin borderless ini memudahkan siapa saja untuk bisa membangun sebuah platform berupa website maupun aplikasi dan berjualan apa saja, termasuk menawarkan jasa investasi emas online.

Eits, tapi jangan buru-buru tergiur dulu lho dengan harga rendah dan berbagai keuntungan yang ditawarkan sebuah platform, kamu harus benar-benar yakin bahwa platform itu terpercaya. Ada baiknya, kamu memilih aplikasi online yang memang sudah terverifikasi dan direkomendasikan pakar.

3. Perhatikan Pergerakan Harganya

Nah, ini nih yang paling penting! Ketika kamu sudah benar-benar yakin akan berinvestasi emas online, kamu perlu banget nih memperhatikan pergerakan harganya sebelum membeli.

Jangan sampai, kamu membeli emas online ketika harga sedang melonjak tinggi. Tunggulah sebentar hingga harga beli emas ini turun agar nantinya bisa berprofit ketika dijual kembali.

4. Cek Kemurnian Emas

Dilansir finance.detik.com, Direktur ORORI Group, Triono J Darwis, mengingatkan siapa saja yang hendak melakukan investasi emas online untuk senantiasa melakukan checking kemurnian emas yang akan dibeli.

Pasalnya, menurut analisa Pak Triono, banyak masyarakat yang ceroboh dan asal memilih emas dengan tingkat kemurnian 90% untuk investasi. Padahal, sebaiknya emas tersebut mencapai tingkat kemurnian 99% agar ketika dijual lagi tidak sulit. Nah, perhatikan ya, teman-teman!

5. Kalkulasi Dana Investasi

Selanjutnya, salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika mau melakukan investasi emas adalah mengkalkulasi dana yang dimiliki. Jangan sampai ketika kamu berhasil investasi emas, ternyata justru malah membuatmu kesulitan mendapatkan dana kesehatan ya.

Semua perlu seimbang. Selalu siapkan juga dana darurat agar tidak kewalahan apabila terjadi hal-hal di luar ekspektasi kita.

6. Tingkatkan Keamanan Smartphone

Berhubung aplikasi yang kita gunakan untuk investasi emas online ini berada di dalam smatphone, penting banget nih buat meningkatkan keamanan gadget kita. Salah satunya, kamu bisa memasang password dengan angka, pola, sidik jari, bahkan face recognition di home screen handphone kamu.

7. Bisa Menabung dan Mencicil Lho!

Jangan khawatir jika dana yang kamu miliki untuk investasi emas belum cukup untuk membeli emas seberat 1 gram ya. Sekarang ini, banyak kok e-commerce yang menyediakan skema cicilan dan tabungan. Bahkan, dengan Rp100 saja kamu sudah bisa mencicil dan menabung investasi emas online. Wah, asyik banget kan!

8. Tanyakan pada Ahlinya

Nah, terakhir, jika kamu masih kebingungan atau ragu dalam melakukan investasi emas online, jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi dengan orang yang ahli ya! Bisa saja dengan teman, dosen, atau kamu juga boleh membaca FAQ di platform penyedia investasi emas online dan menghubungi customer support mereka untuk belajar lebih lanjut.

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.