Ingin Bisnis saat Ramadhan? Cek 6 Ide Bisnis Ini yang Dijamin Menguntungkan!

Karena hanya terjadi setahun sekali, Ramadhan menjadi sangat spesial. Di bulan ini, banyak ibadah-ibadah khusus yang seorang muslim nggak lakukan di bulan lainnya, seperti sholat tarawih. Pasti kamu juga punya dong kegiatan spesial yang dilakukan cuma di bulan Ramadhan. Bukber bareng teman, reuni, kumpul dengan keluarga jauh, atau ngabuburit misalnya.

Selain kumpul-kumpul seru dan memperbanyak ibadah, momen Ramadhan juga bisa kamu manfaatin untuk memulai bisnis, lho! Simak 6 ide bisnis ini, djamin menguntungkan!

Jualan Takjil

Adzan Maghrib adalah waktu yang paling dinanti setelah menahan lapar dan dahaga seharian. Hal ini bikin mereka, termasuk kamu bersemangat untuk menyambutnya. Yaitu dengan ngabuburit dan berburu takjil. Nah bisa banget nih, momen ini kamu manfaatkan untuk jualan aneka macam takjil. Nggak perlu takut kalah saing dengan jumlah penjual takjil yang membludak, karena jumlah konsumsi pelangganmu juga akan membludak!

Jasa Catering Sahur dan Buka

Sebagian orang masih bekerja seperti biasa meski Ramadhan. Yang mengakibatkan mereka nggak punya cukup waktu untuk menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Pas banget nih, kamu bisa tawarin ke mereka jasa catering sahur dan buka.

 Akan lebih menguntungkan kalau kamu membuka jasa di area padat penduduk yang kebanyakan warganya pekerja kantoran. Tapi ingat, pastikan makananmu lezat dan nggak membosankan ya, agar mereka betah langganan catering di kamu selama satu bulan full.

Penyedia Jasa ART

Siapa sih yang nggak pulang kampung ketika Ramadhan tiba. Pasti semua nggak mau menyia-nyiakan momen ini untuk berkumpul bersama keluarga, termasuk para asisten rumah tangga. Akibatnya, banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai. Kamu bisa manfaatin kondisi ini, untuk menyediakan jasa ART sementara. Bisa harian, mingguan, atau langsung satu bulan. Pasti untung!

Jualan Parcel dan Kue Kering

Selama ramadhan, orang-orang tidak hanya sibuk menyiapkan menu sahur dan buka, namun juga sibuk melakukan persiapan lebaran. Budaya masyarkat Indonesia saling tukar parcel dan menghidangkan kue kering untuk para tamu dalam rangka menyambut lebaran, bisa jadi peluang buat kamu untuk memulai bisnis. Karena demand yang tinggi, bisnis ini inshaAllah profitable!

Cuci, Service, Rental Hingga Penitipan Mobil atau Motor

Menjelang ramadhan, tingkat mobilitas masyarakat akan bertambah drastis. Buktinya, kemacetan dimana-mana. Penyebabnya karena budaya mudik yang melekat di citizens Indonesia. Sebagian mereka pasti ada yang nggak  nyaman atau terbiasa berpergian dengan kendaraan umum, bahkan kehabisan tiket kendaraan umum.

Akibatnya, mereka beralih pada rental mobil atau motor. Dengan menggabungkan jasa cuci, service, rental, dan penitipan, bisnis ini akan lebih menjanjikan untuk kamu coba!

Menjual Busana dan Accessoris Muslim

Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya. Pasti kamu nggak asing lagi dengan lirik tersebut. Dan yap memang benar, membeli baju baru dan accessoris udah jadi kebiasaan masyarakat kita. Rasanya lebaran kurang lengkap kalau belum beli baju baru. Meski, tak punya pun tak apa-apa masih ada baju yang lama.

Adanya THR saat lebaran, bikin ibu-ibu pencari diskon hari raya menyerbu berbagai toko muslim untuk membelanjakan uangnya. Apa kamu mau menyia-nyiakan peluang ini?

Itulah 6 ide bisnis menguntungkan yang cocok kamu coba saat Ramdhan. Karena situasi pandemi seperti sekarang, beberapa ide bisnis di atas mungkin kurang pas untuk Ramadhan tahun ini. Jangan patah semangat, semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadhan yang akan datang!

Oleh : Shofiya Yusri | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.