Kartu Prakerja Itu Apa, Sih? Kok Booming Banget?

Halo Sobat Trenkota! Semoga masih semangat di awal Ramadhan ini ya. Hari ini kita akan membahas Kartu Prakerja yang beberapa waktu lalu baru saja diluncurkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan menggaet beberapa startup edtech besutan anak bangsa. Seperti apa sih Kartu Prakerja itu? Yuk simak berikut ini!

Mengenal Kartu Prakerja

Dilansir dari situs resminya, prakerja.go.id, yang disebut dengan Kartu Prakerja ini pada dasarnya adalah suatu bantuan dana yang dapat digunakan oleh penerima untuk meningkatkan keterampilan (baik soft-skill maupun hard-skill) demi menunjang kapabilitas mereka sebelum memasuki dunia kerja.

Eits, meski begitu, ternyata Kartu Prakerja ini juga bisa digunakan oleh siapa saja lho! Baik fresh graduate, karyawan, hingga buruh. Pokoknya siapa saja yang sudah berusia minimal 18 tahun dan memilki semangat belajar yang tinggi!

Nah, Kartu Prakerja ini juga memiliki Komite atau suatu badan yang mengendalikan dan mengawasi operasional pengelolaan Kartu Prakerja. Anggota dari Komite Cipta Kerja termasuk juga (badan yang menaungi Kartu Prakerja) termasuk Menteri Keuangan, Kepala BAPPENAS, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Mendikbud, serta Menteri Dalam Negeri.

Partner Kartu Prakerja

Selain bervisi-misi meningkatkan kapabilitas dan keterampilan masyarakat Indonesia, Kartu Prakerja ini juga ingin menghidupkan sektor swasta. Maka dari itu, dalam merancang program pembelajarannya, Kartu Prakerja didukung penuh oleh beberapa startup penyedia online learning.

Beberapa mitra Kartu Prakerja antara lain: Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, G2 Academy, Bukalapak, Hacktiv8, MauBelajarApa, LinkAja, serta OVO.

Kenapa Pelatihannya Online?

Nah, mungkin banyak yang bertanya-tanya nih, kenapa sih sistem pembelajaran Kartu Prakerja ini bersifat online? Padahal, kalau offline kan bisa langsung praktek sekalian jadi lebih sempurna output belajarnya!

Yup, benar! Pada dasarnya, Kartu Prakerja ini didesain untuk memberi pelatihan masyarakat secara langsung. Namun, akibat adanya wabah Covid-19 ini, pemerintah kemudian membelokkan metode pembelajaran Kartu Prakerja menjadi daring dengan harapan masyarakat tetap tidak kehilangan kesempatan untuk belajar meski dalam kondisi seperti ini.

Insentif Kartu Prakerja

Selain mendapat kesempatan untuk dibiayai dalam mengikuti online course, para peserta Kartu Prakerja juga diberi bantuan insentif yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari lho! Wah, asyik banget tuh! Apa aja sih insentif yang didapat?

Dilansir finance.detik.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, para peserta Kartu Prakerja ini akan mendapatkan total insentif sebesar Rp3.550.000 dengan rincian sebagai berikut:

Rp1.000.000 untuk biaya pelatihan

Rp600.000 sebagai insentif selama 4 bulan (total Rp2.400.000)

Rp150.000 sebagai insentif pengisian survey setelah menyelesaikan pelatihan

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Jika kamu tertarik mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, kamu bisa lho mengikuti gelombang selanjutnya. Cek jadwal ter-update nya di situs resmi Kartu Prakerja ya! Nah, simak dulu yuk langkah-langkah mendaftar Kartu Prakerja berikut agar kamu bisa persiapan:

  1. Penuhi terlebih dahulu persyaratan administratifnya (usia, status pekerjaan, dan jenjang pendidikan)
  2. Klik situs resminya, www.prakerja.go.id, dan pilih ‘Daftar Sekarang’
  3. Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar
  4. Tunggu hingga lamaran pendaftaran kamu diverifikasi dan evaluasi
  5. Cek secara berkala profilmu untuk mengetahui progress dan hasil akhirnya. Jangan lupa selalu cek email terdaftar ya!

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.